Daftar 5 Operator Seluler Penyedia Internet Tercepat

#kamisukareview – Pengguna hp telah meningkat, termasuk di Indonesia. Pada tulisan kali ini kami memiliki daftar 5 operator seluler penyedia Internet tercepat di Indonesia.

Persaingan antar operator seluler penyedia Internet di Indonesia semakin sengit, mereka saling berlomba untuk memberikan penawaran terbaik untuk para penggunanya. Mana operator seluler tercepat di Indonesia?

Untuk menjawab hal tersebut, kami memiliki rujukan dari OpenSignal.com yang telah melakukan risetnya terhadap 5 operator seluler di tanah air sejak 1 Februari hinga Mei 2019 2019 lalu, berikut ialah hasil riset tersebut per Juli 2019.

Data yang diperoleh didapat dari total 3.317.536 perangkat yang telah terinstal Open Signal. Dalam laporannya itu, terdapat metrik mengenai Pengalaman Kecepatan Pengunduhan dari jaringan Internet.

Pada metrik yang ada telah dijelaskan bahwa kecepatan download (unduhan) dari 5 operator seluler yang ada di Indonesia, mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, hingga Hutchinson Tri (3).

Kecepatan Pengunduhan (Download)

Telkomsel menjadi pemenang dari ke lima operator seluler penyedia Internet yang tak terbantahkan untuk penghargaan Pengalaman Kecepatan Pengunduhan di Indonesia, meskipun OpenSignal mencatatkan perubahan yang sangat kecil dalam kecepatan pengunduhan rata-rata dibandingkan laporan sebelumnya pada bulan Desember 2018.

Sementara itu, kecepatan semua pesaingnya naik setidaknya 1 Mbps. XL berada di urutan kedua dengan kecepatan pengalaman pengguna hanya 2,4 Mbps lebih lambat dari Telkomsel, sementara skor Pengalaman Kecepatan Pengunduhan 3 yaitu 5,2 Mbps berada di belakang Telkomsel dengan selisih lebih dari 4 Mbps. Kecepatan yang dialami pengguna Smartfren dan Indosat kurang dari separuh dari Telkomsel dalam hasil yang ada.

Kecepatan Pengunggahan (Upload)

Telkomsel juga memenangkan penghargaan Pengalaman Kecepatan Pengunggahan Opensignal dengan penggunanya yang mendapatkan kecepatan unggah keseluruhan rata-rata sebesar 3,7 Mbps, meskipun operator ini bersaing ketat dengan rivalnya, XL, yang mencatatkan skor sedikit lebih rendah yaitu 3,4 Mbps, diikuti oleh 3 dengan skor 3,1 Mbps.

Menilik Kecepatan Pengunggahan 4G secara individu, skor Telkomsel sebesar 5,4 Mbps merupakan penurunan lebih dari 1 Mbps dalam enam bulan terakhir. Di sisi lain, Indosat, Smartfren, dan XL mencatatkan kenaikan dalam Kecepatan Pengunggahan 4G mereka minimal sebesar 0,5 Mbps pada periode waktu yang sama, dan sekarang kita melihat bahwa XL dan 3 semakin mengejar Telkomsel, bukan hanya dalam Kecepatan Pengunggahan 4G, namun juga dalam Pengalaman Pengunggahan Keseluruhan.

Pengalaman Latency

Penghargaan Pengalaman Latency juga diraih oleh Telkomsel. Waktu respons jaringan keseluruhannya yaitu 52,1 milidetik adalah waktu terbaik yang dialami pengguna kami di Indonesia. Kita melihat kesenjangan yang cukup jauh antara skor terbaik dengan operator lainnya. Sementara 3 berada di urutan kedua dalam kategori ini dengan skor 63,1md, pengguna mengalami latency tertinggi (81,6md) di jaringan Indosat — selisih 29,5ms dari pemenang penghargaan ini.

Latency adalah metrik yang sering kali diabaikan karena manfaat dari koneksi latency rendah tidak begitu kentara dibandingkan kecepatan atau ketersediaan yang luas. Namun latency memengaruhi pengalaman seluler pelanggan dalam banyak hal secara tidak begitu kentara. Latency lebih rendah berarti berkurangnya lag (kelambatan) dalam panggilan online atau sesi chat; oleh karena itu, Pengalaman Latency yang lebih baik akan menghasilkan pengalaman pelanggan seluler yang disempurnakan dalam berbagai layanan paling populer di hp dewasa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.