Google Umumkan Nama dan Logo Android Baru

#kamisukareview – Google baru saja memperkenalkan nama dan logo Android baru, jika sebelumnya nama versi Android selalu mengacu kepada nama-nama kue atau kudapan, namun kini penggunaan nama tersebut tidak lagi digunakan.

Seperti yang kami kutip melalui situs PhoneArena, Google kini telah mengusung strategi penamaan yang berbeda. Penamaan ini keluar dari nama yang seharusnya, seperti sebelumnya pernah dirumorkan bahwa Android Q yang sebelumnya telah diprediksi menggunakan nama kudapan seperti Quesadilla, atau Quiche.

Namun kini pihak Google telah membuat perubahan penamaan tersebut dengan nama yang lebih sederhana dan bisa diterima oleh semua orang di seluruh dunia yakni berganti menjadi Android 10. Angka 10 merujuk pada usia Android tahun ini yang menginjak satu dekade.

Dengan merubah penamaan ini pihak Google telah sepakat bahwa ini akan bisa lebih diterima oleh semua orang di seluruh dunia. Dengan menggunakan penamaan angka, maka user akan lebih mudah utuk melihat dan mengidentifikasi versi Android yang tengah mereka gunakan dibanding dengan penggunaan nama sebelumnya karena pengguna harus mengurutkan huruf terlebih dahulu.

Selain itu, penggunaan nama kue atau penganan yang berbau ke-barat-baratan telah banyak menuai kritik, selain ketersediaan kue/penganan tersebut juga tidak bisa ditemui di seluruh dunia, terkadang pengguna juga sulit untuk mengucapkanna, berbeda jika nama versi tersebut telah diganti menjadi angka.

Seperti yang dilihat pada versi Android Kit-Kat misalnya, penggunaan nama Kit-Kat ini juga menjadi sedikit rancu karena Kit-Kat adalah salah satu merk cokelat yang di produksi oleh Nestle. Sedangkan untuk penggunaan Android Pie, sejumlah negara bahkan tidak melihat Pie sebagai kue atau kudapan, namun Pie justru adalah makanan utama.

Selain mengganti nama versi Android menjadi angka, pihak Google juga baru saja mengganti bentuk logo Android dari yang selama ini kita kenal. Yang pertama, Google telah mengubah warna huruf ‘Android’ menjadi hitam. Perubahan huruf juga sedikit diaplikasikan meski tak terlalu menonjol.

Selain itu, logo robot Android lebih ditekankan ke bagian kepala saja. Warnanya pun tak lagi hijau kental namun lebih ke warna pastel seperti hijau mint.

Lantas bagaimana dengan pembaharuan sistem operasi Android itu sendiri?, padah versi Android 10 ini pihak Google telah membuat sejumlah perubahan dan perbaikan dari versi sebelumnya.

Kali ini, Android 10 akan lebih fokus ke soal privasi. Salah satu keunggulan dari privasi Android 10 ini adalah sharing lokasi yang lebih canggih.

Hal ini membuat Anda hanya bisa membagi lokasi ketika menggunakan aplikasi tertentu yang diberi izin, dan tidak akan membagi tanpa persetujuan atau tanpa adanya aplikasi terkait yang berjalan.

Semua fitur terbaru dan fitur lawas terkait keamanan siber dan privasi akan bisa teraplikasi secara langsung tanpa reboot.

Selain itu, sistem navigasi terbaru berbasis gestur juga akan lebih dibuat mulus dan menarik.

Terdapat juga Focus Mode yang membuat Anda tidak terdistraksi ketika berada dalam aplikasi tertentu dengan melakukan mute terhadap notifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.