ASUS ROG Zephyrus G14: Laptop Gaming 14 inci Paling Powerful

#kamisukareview – Harga ASUS ROG Zephyrus G14 memang belum diumumkan. Namun, spesifikasi laptop gaming 14 inci terbaru ini sangat ganas. Perangkat ini dibekali performa paling powerful dan dibalut oleh bodi super ringkas.

Di ajang CES 2020, ASUS kembali menghadirkan inovasi terkini dan membawa teknologi laptop gaming ultraslim ke tingkat selanjutnya. Melalui ROG Zephyrus G14, ASUS menegaskan bahwa sebuah laptop gaming ultraslim 14 inci bisa tampil powerful.

Laptop gaming ASUS ini mampu hadir dengan prosesor super kencang, memiliki bodi yang sangat ringkas dan mudah dibawa bepergian, serta tampil dengan harga yang lebih terjangkau.

Spesifikasi ROG Zephyrus G14

Salah satu tantangan terberat ASUS dalam mengembangkan ROG Zephyrus G14 adalah menghadirkan komponen premium ke dalam bodi yang ketebalannya tidak lebih dari 20mm.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Zephyrus G14 dibekali dengan sistem pendingin khusus sehingga AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang tertanam di dalamnya dapat selalu bekerja secara optimal.

AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors merupakan prosesor generasi terbaru yang dibuat menggunakan metode fabrikasi 7nm, terdepan di industri prosesor laptop saat ini.

Prosesor yang tampil dengan arsitektur Zen 2 tersebut juga ditemani oleh chip grafis (GPU) powerful NVIDIA GeForce RTX 2060. Laptop ASUS ini tidak hanya untuk bermain game.

Selain dilengkapi dengan refresh rate tinggi dan dukungan teknologi AMD FreeSync, layar laptop gaming ROG ini juga mampu mereproduksi warna secara akurat dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated sehingga sangat cocok untuk para profesional kreatif dan content creator.

Portablilitas merupakan salah satu keunggulan utama dari lapop ROG ini. Laptop gaming ultraslim tersebut hadir dengan daya tahan baterai hingga 10 jam penggunaan yang dapat diisi ulang melalui charger USB Type-C.

Hadir dalam dua varian yaitu Moonlight White dan Eclipse Gray, laptop gaming Zephyrus G14 memiliki tampilan yang elegan untuk para profesional. Sementara fitur AniMe Matrix yang mampu menampilkan grafis, animasi, dan efek tampilan lainnya di bagian belakang layar mempertegasnya sebagai laptop gaming yang dekat dengan para gamer.

Laptop gaming ROG ini hadir dengan ukuran bodi yang lebih ringkas dari laptop gaming sekelasnya dan lebih mudah dibawa bepergian bahkan menggunakan tas laptop standar.

Memiliki ketebalan hanya 17,9mm dan bobot 1,6kg tanpa custom LED matrix, gadget ini merupakan laptop gaming 14 inci paling ringkas dan powerful saat ini.

Laptop ASUS ini mengadopsi struktur bodi honeycomb yang tidak hanya membuat bodi laptop gaming ultraslim ini lebih kokoh, tetapi juga lebih ringan dibandingkan laptop sekelasnya.

Bodi ROG Zephyrus G14 juga menggunakan bahan magnesium alloy yang diproses secara khusus sehingga tidak akan meninggalkan bekas sidik jari ketika digunakan.

Berbeda dengan pendahulunya, ini merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mengadopsi fitur AniMe Matrix. Fitur tersebut memungkinkan gamer untuk menampilkan grafis, animasi, dan berbagai efek tampilan di belakang layar. Fitur unik ini memungkinkan gamer membuat laptop miliknya menjadi sangat unik.

AniMe Matrix menggunakan 1.215 mini LED yang memiliki 256 tingkatan pencahayaan. Dengan kemampuan tersebut, berbagai animasi dan gambar dapat ditampilkan dengan baik.

Selain gambar dan animasi, AniMe Matrix juga dapat menghadirkan berbagai efek tampilan seperti music equalizer yang tersingkronisasi dengan sistem audio di laptop gaming ini.

Fitur AniMe Matrix merupakan salah satu pencapaian yang signifikan. Selain harus mengembangkan lapisan khusus agar cahaya LED yang dipancarkan tidak terlalu terang atau redup.

Tim pengembangan ASUS ROG juga harus menakar penggunaan daya, meminimalisir panas yang ditimbulkan, hingga memastikan setiap LED tersusun di posisi yang tepat. Semua itu membutuhkan proses riset dan pengembangan yang panjang.

Laptop ROG ini menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 yang berjalan di 65W dengan kecepatan 1298MHz. Discrete GPU yang menggunakan arsitektur Turing terbaru tersebut, telah hadir dengan Tensor Core yang memungkinkan pemrosesan grafis modern seperti real-time ray tracing.

Kehadiran GPU ini membuat ROG Zephyrus G14 dipastikan mampu menjalankan semua game AAA modern dengan tampilan grafis terbaik.

NVIDIA GeForce RTX 2060 berbasis arsitektur Turing juga tidak hanya sekadar untuk bermain game. GPU tersebut juga telah mendukung berbagai fitur grafis dan teknologi terkini untuk para profesional, serta dapat digunakan untuk 3D modelling dan deep learning.

Laptop ROG ini hadir dengan dua pilihan jenis layar. Gamer yang mementingkan refresh rate dapat memilih layar beresolusi Full HD dengan refresh rate hingga 120Hz. Sementara layar beresolusi WQHD hadir untuk pengguna yang lebih mementingkan resolusi.

ASUS juga bekerjasama dengan produsen layar untuk menghadirkan layar 14 inci dengan refresh rate tinggi. Teknologi AMD FreeSync akan hadir di laptop ini. Teknologi tersebut memungkinkan refresh rate dan frame rate dapat disinkronisasikan sehingga tidak ada lagi tearing dan stuttering saat bermain game.

Teknologi AMD FreeSync kali ini juga tampil semakin baik berkat dukungan fitur variable refresh rate pada GPU Radeon yang telah terintegrasi dengan AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors.

Fitur variable refresh rate memungkinkan seri ASUS ROG ini dapat dihubungkan dengan monitor yang juga mendukung teknologi AMD FreeSync.

Laptop gaming ini juga dapat digunakan oleh para profesional kreatif karena layarnya mampu mereproduksi warna secara akurat.

Tidak hanya itu, layar Zephyrus G14 telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated dan telah dikalibrasi saat proses produksi sehingga siap mendukung kebutuhan profesional bahkan sejak pertama kali digunakan.

Layar G14 mampu menampilkan warna pada color space sRGB dengan tingkat reproduksi hingga 100%. Layar tersebut juga hadir dengan bezel yang sangat tipis dan memiliki screen-to-body ratio hingga 85%.

G14 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang didesain khusus agar tidak menghasilkan panas berlebih. ASUS juga bekerjasama dengan AMD untuk menghadirkan prosesor powerful yang dapat bekerjas secara optimal di bodi laptop ultraslim 14 inci yang tidak memiliki banyak ruang untuk pendinginan.

AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang digunakan di ROG Zephyrus G14 memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread yang dipastikan mampu memenuhi kebutuhan gamer serta para profesional kreatif.

Selain telah dirancang agar tidak menghasilkan panas berlebih, AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors ini ditemani memori DDR4-3200 dengan kapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan, laptop gaming ini menggunakan NVMe SSD berkapasitas hingga 1TB untuk akses data yang kencang.

Laptop gaming ultraslim memiliki ruang pendinginan yang sangat terbatas sehingga sangat sulit untuk menjaga komponen di dalamnya pada suhu optimal.

Menjawab tantangan tersebut, ASUS menghadirkan sistem khusus yang memungkinkan G14 untuk mengatur penggunaan daya secara otomatis sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan daya pada CPU dan GPU dipantau setiap detik dan sistem akan melakukan penyesuaian secara otomatis sehingga dapat menghadirkan performa optimal.

G14 juga merupakan laptop ROG pertama yang mengadopsi fitur ErgoLift Design. Fitur tersebut memungkinkan bagian belakang laptop ini terangkat sehingga menghasilkan rongga udara ekstra agar aliran udara lebih lancar.

Selain itu, ErgoLift Design dapat menghadirkan pengalaman mengetik yang lebih baik di G14. Ketika digunakan bagian keyboard-nya terangkat dan membentuk sudut tertentu yang membuat laptop ini lebih ergonomis dan nyaman untuk digunakan.

ROG ini menggunakan sistem pendingin dengan desain terbaru dimana bagian exhaust-nya terbagi menjadi dua bagian, satu membuang udara ke sudut yang lebih tinggi dan satu lagi ke sudut yang lebih rendah.

Pembagian aliran udara ini membuat panas tidak terfokus pada satu titik saja sehingga pendinginan akan berjalan lebih optimal.

Sistem pendingin di G14 menggunakan heatsink ultra-thin copper fin dengan ketebalan hanya 0,15mm. Penggunaan heatsink fin yang lebih tipis membuat udara dapat mengalir lebih lancar serta panas dapat disebar secara lebih optimal berkat permukaan heatsink yang lebih besar.

Secara keseluruhan, laptop ini memiliki 209 heatsink fin dengan luar permukaan hingga 68.868mm2. Setiap heatsink terhubung dengan jaringan yang terdiri dari lima heatpipe khusus yang menghubungkan CPU, GPU, serta VRM yang merupakan komponen penghasil panas utama.

Menemani heatsink dan heatpipe terdapat kipas n-Blade yang telah dirancang khusus untuk laptop ultraslim. Kipas berbahan liquid crystal polymer tersebut dirancang agar tidak berubah bentuk ketika diputar dengan RPM yang tinggi.

Kipas khusus ini juga menggunakan desain unik dimana bilah kipasnya hadir dengan panjang yang berbeda, yaitu antara 50mm dan 51,2mm.

Penggunaan bilah kipas dengan panjang yang berbeda dapat menurunkan tingkat turbulensi sehingga ia tetap dapat beroperasi secara senyap bahkan pada saat Turbo Mode.

Selain memiliki bodi yang sangat ringkas, G14 juga tampil dengan segudang fitur penunjang portabilitas. Melalui fitur power delivery, pengguna laptop ini dapat mengisi baterai menggunakan charger USB Type-C 65W yang jauh lebih ringkas dari charger 180W.

Saat baterainya terisi, laptop ini dapat berfungsi sebagai powerbank yang mampu menyuplai daya hingga 3A melalui port USB Type-C untuk smartphone dan gadget.

Selain mendukung power delivery, port USB Type-C di ROG Zephyrus G14 juga mendukung display output dengan dukungan protokol DisplayPort 1.4.

Sementara port HDMI 2.0b memungkinkan laptop gaming ultraslim ini untuk dapat dihubungkan ke monitor dan TV 4K. Pengguna tidak perlu menggunakan dongle karena laptop gaming ultraslim ini telah dilengkapi dengan port USB Type-A, sehingga berbagai perangkat gaming dapat langsung dihubungkan.

Untuk konektivitas nirkabel, G14 hadir dengan Intel WiFi 6 (Gig+) atau WiFi 802.11ax. WiFi generasi terbaru ini dapat mengahdirkan kecepatan transfer data hingga 2,4Gbps jika terhubung dengan router yang kompatibel.

WiFi 6 juga memiliki latensi yang lebih rendah sehingga kualitas koneksi dapat tampil lebih baik dibandingkan WiFi generasi sebelumnya.

Laptop gaming ini juga dilengkapi dengan fitur pembaca sidik jari atau fingerprint yang terletak di tombol power. Sistem fingerprint yang dihadirkan di laptop gaming ultraslim ini pun berbeda, dimana data sidik jari akan disimpan di memori khusus saat pengguna menekan tombol power.

Data tersebut kemudian akan dikirimkan ke sistem Windows Hello saat login, sehingga pengguna tidak perlu memindai jarinya kembali.

ASUS ROG Zephyrus G14 kembali mengadopsi keyboard gaming terbaik yang telah dimiliki oleh jajaran laptop gaming ROG. Fitur N-key rollover yang memastikan input akurat dan responsif, serta Overstroke Technology.

Keyboard laptop gaming ultraslim ini bahkan dapat bertahan hingga lebih dari 20 juta kali tekan.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.