Instagram Siapkan Fitur Pengaturan Khusus

#kamisukareview – Buat kamu yang kerap merasa kecanduan media sosial, semisal Instagram, mulai dari terlalu sulit mengontrol diri dan kerap menghabiskan waktu untuk beraktivitas dengan ponsel, maka sebentar lagi kamu akan mendapatkan kontrol dengan fitur aplikasi terbaru dari Instagram.

Facebook, induk perusahaan Instagram mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan fitur baru yang dapat melacak aktivitas waktu penggunaan aplikasi. Fitur ini kabarnya akan segera dirilis.

Fitur yang dinamakan “Your Activity” itu akan dilengkapi dengan pengaturan pembatasan (limit) waktu penggunaan harian serta opsi pembisuan (mute) untuk sementara.

Your Activity memiliki kemampuan untuk melakukan laporan waktu penggunaan dalam kurun satu minggu.

Fitur ini dianggap cukup penting untuk membatasi interaksi sosial media Instagram yang diklaim dapat membuat orang lupa akan interaksi dunia nyata yang sebenarnya.

Para psikolog bahkan mengatakan menghabiskan waktu dengan berinteraksidi dunia maya dapat merusak kesehatan mental.

Jika sudah tersedia, fitur ini bisa diakses dengan cukup mengklik tombol pada bagian pojok kanan atas di profil Instagram kamu.

Saat ini, fitur khusus ini telah hadir untuk pengguna Instagram di kawasan Amerika Serikat (AS). Jadi, tinggal tunggu waktu kapan fitur ini hadir bagi pengguna Instagram di wilayah Asia, khususnya di Indonesia.

Sebelumnya, perusahaan teknologi lain, semisal Google dan Apple juga telah meluncurkan fitur serupa yang berguna untuk pengguna mengatur pemakaian perangkat.

Google memberi nama fitur tersebut dengan Digital Wellness. Fitur canggih yang bakal terdapat pada terapan sistem Android Pie (v9.0).

Sementara Apple telah membenamkan fitur ini di iOS 12 di ponsel iPhone sebagai pengingat pengguna untuk bisa menggunakan perangkat dan mengelola waktu pemakaian ponsel dengan baik.

Gimana? Keren kan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.