Motor Listrik GESITS Mulai Produksi Awal Tahun Depan

#kamisukareview – Gesits (Garansindo Electric Scooter Institut Teknologi Sepuluh November) yang merupakan project motor listrik nasional siap diproduksi pada 2019.

Ini menandakan era kendaraan ramah lingkungan, khususnya sepeda motor listrik pasti bakal terwujud.

Presiden RI, Joko Widodo, memastikan dukungan pemerintah terhadap rencana produksi sepeda motor tanpa emisi itu di awal tahun depan.

“Sebentar lagi ini (skuter listrik Gesits) akan diproduksi. Pemerintah akan back-up, dalam artian (dalam hal) urusan uji-uji (pengujian) itu biar cepat, izin-izin (juga semakin) cepat,” kata presiden yang akrab disapa Jokowi itu di Istana Kepresidenan, Rabu (7/11/2018).

Pernyataan itu ditegaskan Jokowi usai jumpa dengan manajemen Gesits yang selama ini mengembangkan motor listrik tersebut di Istana Negara. bahkan sang Presiden menjajal sendiri motor listrik berwarna merah dof itu untuk berkeliling istana.

Gesits dijanjikan akan diproduksi hingga 60.000 unit dalam setahun, atau 5.000 unit saban bulannya. Bisa jadi lebih, jika permintaan masyarakat membeludak.

Meski begitu, pemerintah tidak akan memperlakukan secara khusus produksi motor tersebut. Gesits akan berjalan sesuai aturan yang berlaku yang bakal diterapkan pada semua produsen otomotif yang menjual kendaraan listriknya di Indonesia.

Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Natsir, memastikan Gesits 100% akan diproduksi di Indonesia.