Musim Hujan Tiba, Berikut Deretan Kamera Saku ‘Kebal Air’

#kamisukareview – Musin hujan tiba, tapi bagi kamu penggila fotografi, sepertinya tak ada kata berhenti untuk selalu mengabadikan gambar kapanpun dimanapun.

Akan tetapi, perangkat elektronik, termasuk kamera saku digital tentunya memiliki musuh utama, salah satunya air.

Nah, itu artinya kamu mesti memiliki salah satu kamera yang kebal terhadap air untuk tetap memaksimalkan hobi kamu di musin hujan ini.

Hal terpenting yang harus bisa ditawarkan oleh sebuah kamera compact adalah kemudahan penggunaan serta kualitas gambar. Dua aspek penting tersebut tersedia dalam kamera tangguh.

Berikut deretan kamera saku kebal air yang dapat kamu miliki untuk menyalurkan aktivitas fotografi kamu.

Ricoh WG-60

Beberapa waktu yang lalu, produsen kamera asal Jepang, Ricoh, memperkenalkan kamera compact nan tangguh bernama WG-60. Kamera ini bahkan mampu dioperasikan di kedalaman 14 meter selama 2 jam dan dapat tahan terhadap tekanan hingga 100 kilogram force (kgf).

Kekuatan lain dari kameran ini adalah ketangguhannya jatuh dari ketinggian sekira 2 meter, dan masih sanggup beroperasi pada cuaca ekstrem, semisal suhu dingin -10 derajat celsius.

Selain kebal air dan kuat, kamera ini juga dilengkapi dengan ragam fitur mutakhir. Sebut saja sensor BSI CMOS 16MP dengan lensa setara dengan 28-140 mm.

Belum cukup, ada fitur digital zoom yang mampu beroperasi setara panjang fokus kamera berlensa lensa 1008 mm. Selain andal untuk objek jarak jauh, kamera ini juga sanggup bekerja dengan objek mikro.

Dengan banderol sekitar Rp4,8 jutaan, kamu tak perlu pusing untuk melakukan transfer gambar ke perangkat lain, karena kamera ini telah mendukung FlashAir Wi-Fi.

Olympus Tough TG-5

Merek lain yang juga mempersenjatai kameranya dengan kemampuan tahan air adalah Olympus. Dengan menghadirkan sensor beresolusi 16MP, seri Tough TG-5 hadir untuk memuaskan kegilaan fotografi kamu.

Dengan piksel yang lebih sedikit dalam permukaan sensor yang sama luasnya, tiap piksel dalam kamera ini akan ebih besar ketimbang para kompetitornya. Hal itu akan membuat hasil foto dalam kondisi kurang pencahayaan menjadi lebih baik.

Terlebih dengan bekal lensa 25-100 mm, kamera ini memiliki bukaan diafragma maksimum f/2.0-4.9, sehingga kamu dapat mengambil foto dalam format RAW.

Tough TG-5 juga andal di sektor videografi, yakni dengan kemampuan rekam video 4K dengan kecepatan 30 frame per detik.

Seperti kamera tangguh lainnya, kamera berbanderol Rp6,5 juta ini sanggup bertahan pada kedalaman air 15 meter, dan kuat saat jatuh dari ketinggian 2 meter.

Panasonic Lumix TS7

Panasonic juga mengeluarkan jagoannya untuk produk cuaca ekstrem. Adalah seri Lumix TS7 jawabannya.

Berbanderol Rp6,4 juta, Lumix TS7 boleh dikata cukup tahan banting. Yakni mampu beroperasi pada kedalaman air 31 meter, terlepas jatuh dari ketinggian 2 meter, hingga mampu tetap aktif meski suhu ekstrem mencapai -10 derajat celsius.

Panasonic menggunakan sensor BSI CMOS dengan resolusi 20,4MP dengan lensa berkemampuan setara dengan focal 28-128mm. Bekal lainnya, ada sistem otofokus contrast-detect di 49 titik dengan kemampuan rekam video beresolusi 4K.

Nikon Coolpix W300.

Terakhir, merek kamera populer, Nikon, pun mengandalkan seri W300 untuk segmen ini. Mengandalkan sensor BSI CMOS dengan resolusi 16MP serta lensa dengan rentang focal 24-120 mm berdiafgama f/2.8-4.9. W300 pun mampu merekam video secara optimal dengan kemampuan resolusi maksimum 4K-nya.

Soal fitur, mungkin merek ini yang paling lengkap. Kamu bisa menmukan beragam sensor pada kamera ini untuk kebutuhan GPS sebagai penanda lokasi pengambilan foto, serta Wi-Fi dan Bluetooth sebagai media transfer dengan perangkat mobile lainnya.

Kamera ciamik ini pun sanggup beroperasi pada kedalaman air 30 meter, jatuh dari ketinggian 2,5 meter, dan suhu dingin -10 derajat celsius. Untuk menebusnya, siapkan saja dana sebesar Rp5,2 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.