Jawa, Motor India Rasa Eropa

#kamisukareview – Produsen motor di India sepertinya tak pernah sepi untuk menggelontorkan jenis dan merek sepeda motor.

Nama-nama semisal TVS, Bajaj, KTM, dan Royal Enfield, saat ini produknya memang tengah merambah tanah hindustan. Wajar saja, karena beberapa merek Eropa mulai membangun pabrik di Cenai, salah satu kawasan yang memang diperuntukkan untuk Industri.

Teranyar, pabrikan motor India meluncurkan Jawa, nama sepeda motor yang identik dengan salah satu pulau terpadat di Indonesia. Motor ini sebenarnya sudah lama hadir, namun sempat mati suri hingga akhirnya kembali pamornya diangkat.

Motor ini sebenarnya dari Cekoslovakia, kemudian dibeli oleh Mahindra untuk kemudian diproduksi kembali dan dijual massal. Namun begitu pabrikan mengklaim jika tangan-tangan mekanik Eropa masih turut terlibat dalam perakitan motor ini.

Secara umum motor Jawa didistribusikan dan manajemennya dikelola oleh Mahindra Classic Legends.

Harga jual motor dengan desain klasik ini pun tak mahal, mulai Rs1.55 lakh atau jika dirupiahkan sekitar Rp31 jutaan.

Varian yang dihadirkan pun hanya 3 model, yakni Jawa Classic, Jawa Forty Two, dan Jawa Perak. Nama terakhir disediakan dengan gaya modifikasi bobber bermesin 334 cc.

Sementara 2 model lainnya hadir dengan ukuran serupa yang mengusung mesin 293 cc yang mampu menghasilkan tenaga 27 Hp serta torsi 30 Nm.

Motor-motor ini dilengkapi dengan suspensi depan berjenis teleskopik hidrolik, serta suspensi berteknologi shockabsorber coil spring ganda di bagian belakang.

Untuk sistem pengereman, motor-motor ini mengandalkan piringan cakram ABS pada bagian depan, dan tromol di bagian belakang, dengan kapasitas tangki bahan bakar 14-liter.

Terus, kapan masuk pulau Jawa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.