NVIDIA + AMD, Paket Combo ASUS VivoBook Pro F570Z

#kamisukareview – Demi menghasilkan performa mumpuni pada ASUS VivoBook Pro F507Z, AMD dan Nvidia rela berduet. Padahal keduanya adalah produsen yang bersaing ketat di pasaran. Seperti apa jadinya?

VivoBook Pro F570Z memang hadir sebagai laptop untuk segmen mainstream, tapi performa dan kinerja tak bisa dianggap enteng. Semua berkat perpaduan antara chip CPU AMD dan chip GPU Nvidia  yang dijejalkan jadi satu di dalamnya.

Tak hanya sukses menyambungkan tali silaturahmi antara prosesor AMD Ryzen 5 atau Ryzen 7 dengan GPU Nvidia GeForce GTX 1050, ASUS juga berhasil memunculkan kombinasi CPU dan GPU terbaik dalam VivoBook Pro F570Z.

Itu saja? Tidak dong, karena selain punya performa bagus, laptop ini juga  punya desain atraktif, kualitas audio yang impresif dan juga berbagai fitur kekinian yang bisa memanjakan kita.

Yuk kita intip seperti apa sih VivoBook Pro F507Z.

Performa ASUS VivoBook Pro F570Z

Menggendong prosesor AMD Ryzen 5 atau Ryzen 7 yang dipaketkan dengan GPU  Nvidia GeForce GTX 1050, laptop ini jelas tak bisa dipandang sebelah mata. Buat yang sudah paham, kombinasi ini bisa dibilang sesuatu yang ‘amazing’.

“Ini merupakan kali pertama kami menghadirkan laptop dengan kombinasi  prosesor AMD Ryzen 5 ataupun Ryzen 7 yang ditandemkan dengan grafis Nvidia  GeForce GTX 1050,” kata Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia.

Gencatan senjata dari dua rival (AMD dan Nvidia) ini sengaja dilakukan demi membuat kinerja VivoBook Pro F507Z maksimal. Terutama untuk menyokong  produktivitas dan pekerjaan sehari-hari, multi-tasking hingga pembuatan  konten.

Notebook ini bahkan punya kemampuan sekelas desktop meskipun dibalut dalam  rancangan yang tipis dan ringan. Tengok saja, 4 core Zen AMD yang sudah memenangkan banyak penghargaan dari media dan disertai kinerja grafis dari  Radeon RX Vega Graphics untuk digunakan pada saat laptop menggunakan daya  baterai.

Ryzen Mobile mampu mendongkrak efisiensi daya dalam multi-tasking yang  memungkinkan untuk mengedit video, streaming film 4K serta melakukan beragam aktivitas kapan saja dan dimana saja.

Bakal cocok dipakai buat kamu para Youtubers atau eksekutif  muda yang butuh perangkat praktis dengan mobilitas tinggi.

Jika ditelisik lebih jauh lagi, sebenarnya VivoBook Pro F507Z bisa membidik segmen lebih luas. Bisa dipakai untuk kebutuhan casual gaming, bisnis hingga dipakai untuk para content creator.

Desain tipis, enteng, dan nyaman

ASUS VivoBook Pro F570z

Di sektor tampilan, ASUS VivoBook Pro F570 ternyata dirancang dengan tampilan yang cukup atraktif. Antara lain dengan memberikan sentuhan unik dalam sasisnya, terdapat akses Lightning Blue di tepiannya.

Warna biru mengkilat pada bagian logo dan pinggirannya dipadukan dengan brush finish Reaper Black nan menggoda menjadikannya terlihat eye catching alias sedap dipandang. Harap dimaklumi jika kami langsung jatuh cinta saat pertama kali melihatnya.

Lebih dari itu, ASUS VivoBook Pro F570 ini punya dimensi 21,9 milimeter serta total bobot 1,9 kilogram. Alhasil laptop ini bisa dinobatkan sebagai salah satu laptop mainstream performance paling ringan di kelasnya.

Dari beberapa pengguna laptop yang kami mintai pendapatnya, ukuran laptop ASUS VivoBook  Pro F570 cukup ideal, dan pas untuk dibawa kemanapun karena cukup ringkas.

“Asik nih laptop, enteng dan compact,” kata seorang mahasiswa yang kami mintai pendapatnya.

Audio fantastis untuk ragam kebutuhan

ASUS sepertinya tak rela membiarkan pengguna VivoBook Pro F507Z hanya mendapat fitur audio biasa saja. Mereka berupaya memanjakan telinga pemilik laptop ini dengan menyisipkan fitur audio  handal dari ASUS SonicMaster.

Fitur ini dikembangkan khusus oleh ASUS Golden Ear team dimana menjadikan  laptop ini mampu menghadirkan kualitas suara yang sangat baik dengan range  frekuensi yang lebih luas, suara lebih jelas, serta bass yang lebih dalam.

SonicMaster merupakan kombinasi antara hardware dan software yang superior karena didesain untuk memberikan kontrol penuh pada penggunanya, baik untuk kebutuhan multimedia seperti meonton film, musik, dan tentunya game.

Lengkap dengan sensor sidik jari (fingerprint)

Selain tangguh, laptop ini juga dibekali dengan fitur pebgaman berupa fingerprint sensor. Lazimnya laptop ASUS, sensor sidik jari itu sudah mendukung Windows Hello sehingga memudahkan untuk login hanya dengan satu sentuhan jari.

Jadi tak perlu repot-repot lagi kalau ingin membuka laptop saat dalam kondisi tergesa-gesa di era yang serba cepat ini.

Fitur mutakhir nan melimpah

ASUS VivoBook Pro F570Z punya layar berukuran 15,6 inci yang mendukung resolusi Full HD rasio 16:9, 1.920 x 1.080 piksel.

Tingkat kecerahan layar mencapai 200 nits dan menggunakan panel jenis anti-glare sehingga nyaman digunakan dalam kondisi pencahayaan apapun di sekeliling kamu.

Di dalam ruangan gelap, ASUS menyediakan fitur backlit pada keyboard berjenis chicklet full size yang digunakan.

Sementara untuk menambah kenyamanan saat bekerja maupun menikmati konten multimedia, ASUS menyematkan teknologi  ASUS Eye Care Technology yang mereduksi pancaran sinar warna biru hingga 33 persen.

Kemudian untuk melengkapi kenikmatan multimedia, ASUS VivoBook Pro F570Z juga memiliki fitur ASUS splendid software tuning untuk memastikan warna yang ditampilkan di layar lebih konsisten dan akurat.

Fitur itu memiliki 4 mode yang telah tersedia dan optimalisasi untuk jenis konten yang berbeda. Jika dirasa masih kurang pas, ada pula mode manual untuk menyesuaikan pengaturan tampilan yang dapat disetel sesuai kebutuhan.

Ada juga fitur ASUS Tru2Life Video yang mampu meningkatkan tampilan warna, dimana serupa dengan teknologi yang dimiliki oleh pesawat televisi.

ASUS juga menyediakan kapasitas penyimpanan kecepatan tinggi, yakni melalui SSD M.2 SATA3 berkapasitas 256GB pada VivoBook Pro F570, sementara untuk versi AMD Ryzen 7, juga dilengkapi oleh harddisk berkapasitas ekstra 1TB 5400rpm.

Kemudian untuk versi Rzyen 5, ASUS VivoBook Pro F570 hanya dilengkapi oleh harddisk 1TB, namun kamu dapat menambahkan SSD M2 jika dibutuhkan.

Di Indonesia, ASUS VivoBook Pro F570 sudah langsung tersedia di pasaran dengan pilihan warna hitam dan biru.

Baik versi yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 ataupun AMD Ryzen 7 yang dibanderol mulai Rp11.799.000 dengan masa garansi 2 tahun.

ASUS VivoBook Pro F570 Ryzen 7 juga dijual eksklusif di toko online JD.id atau di desktop site resminya.

Seberapa populer ASUS VivoBook Pro F570Z?

Dalam kurun sebulan terakhir (8/2 – 8/3/2019) nama ASUS VivoBook Pro F570Z sepertinya masih tersamar dan kurang populer di kanal sosial media.

Tercatat dalam periode itu hanya ada 38 mention yang menyuarakan pemberitaan laptop tersebut. Mention tertinggi terjadi pada 14 Februari 2019 dengan catatan 9 mention dan dijangkau (reach) sebanyak 208 ribu.

Secara umum dalam periode itu, ASUS VivoBook Pro F570Z memiliki jangkauan sebanyak 234,2 ribu dengan interaksi media sosial hanya sebanyak 3.066 kali.

Paling banyak yang menyuarakan adalah pemberitaan media dengan catatan 13 mention, kemudian blog dengan 9 mention, dan yang terakhir lini masa twitter dengan 4 mention.

Nampaknya ASUS mesti terus mempromosikan produk ini di ragam kanal media sosial, semisal instagram, facebook, bahkan dalam forum.

Spesifikasi ASUS VivoBook Pro F570Z

Ukuran:

- Lebar 37.4 cm,
- Panjang 25.6 cm,
- Tebal 2.19 cm.
- Berat 1.96 kg (termasuk baterai)

Display:

- 15.6” Full HD 
- 1.920 x 1.080 piksel 16:9,
- Anti-glare,
- Ultra slim 200 nits with 45% NTSC.

CPU:

- AMD Ryzen™ 5 2500U Mobile Processor (4C/8T, 6MB cache, up-to 3.6GHz) 
- AMD Ryzen™ 7 2700U Mobile Processor (4C/8T, 6MB cache, up-to 3.8GHz)

Sistem operasi:

- Windows 10 Home 64-bit

Memori:

- 8GB DDR4 2400 MHz SDRAM (onboard) with SO-DIMM socket up to 16GB

Storage:

- SATA 1TB 5400RPM 2.5' HDD  
- SATA 1TB 5400RPM 2.5' HDD + SATA3 256G M.2 SSD

Grafik:

- Integrated AMD Radeon Vega 8 / AMD Radeon RX Vega 10 Graphics
- Nvidia GeForce GTX 1050 with 4GB GDDR5 VRAM

Slot input/output:

- Type-C USB 3.1 port, 
- USB 3.1, 2x USB 2.0,
- Audio combo jack,
- HDMI,  
- MicroSD Card Reader,
- RJ-45 LAN.

Kamera:

- HD Web Camera

Koneksi:

- Dual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2

Audio:

- ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound,  
- Array microphone with Cortana voice-recognition support.

Baterai:

- 3 Cell 48 Wh Battery

Leave a Reply

Your email address will not be published.