Qualcomm Rilis Chipset Snapdragon 855 Plus

#kamisukareview – Qualcomm baru saja merilis prosesor System on Chip (SoC) teranyar Snapdragon 855 Plus yang merupakan versi peningkatan dari chipset Snapdragon versi sebelumnya.

Jika tahun lalu chipset Snapdragon 845 telah menjadi primadona bagi sejumlah hp flagship, maka tahun ini para produsen telah bergeser untuk menggunakan chipset teranyar Snapdragon 855 yang dianggap lebih mumpuni.

Namun sepertinya apa yang ditawarkan SD 855 itu belumlah cukup karena Qualcomm baru saja merilis chipset teranyar SD 855 Plus. Lantas kenapa namanya bukan Snapdragon 856? lantaran peningkatan performa yang diusungnya tidaklah terlalu signifikan, namun kabarnya cukup eksponensial bagi penggunaan gaming, AR dan VR.

Perbedaan dari dua varian chipset Snapdragon seri 855 ini ialah dari clockspeed maksimal yang bisa didapatnya, SD 855 Plus dengan CPU Kyro 485 octa-core itu mampu menyentuh angka 2,96GHz, pada varian 855 sebelumnya clockspeed maksimal yang didapat hanya mentok diangka 2,84GHz saja.

Tidak hanya itu, kinerja grafis Adreno 640 pada chipset Snapdragon 855 Plus juga bisa digeber hingga mencapai 15 persen lebih tinggi dibanding pada SD 855 versi reguler. Dengan demikian, pihak Qualcomm menjanjikan bahwa dengan kemampuan ini pengguna bisa mendapatkan pengalaman gaming yang lebih baik.

Tidak hanya itu, dengan kemampuan performa seperti ini, chipset anyar ini juga sangat mendukung kemampuan fitur Augment Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang lebih smooth.

Dan untuk saat ini, berdasarkan informasi yang kami rangkum dari ASUS, perangkat ASUS ROG Phone II telah digadang-gadang untuk menjadi hp gaming pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 855 Plus teranyar ini.

Namun demikian, chipset Snapdragon 855 Plus masih menggunakan modem 4G LTE Snapdragon X24, sementara konektivitas 5G baru bisa diakomodir bila disokong dengan modem terpisah Snapdragon X50. Mungkin karena hal ini juga pihak Qualcomm belum menyematkan nama baru untuk modem ini hanya menambahkan kata ‘Plus’ yang mengindikaasikan adanya peningkatan minor pada chipset ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.