Yamaha R25 Masih Beringas

#kamisukareview – Peluncuran motorsport anyar Yamaha, R25, pertengahan Oktober 2018 lalu masih menyisakan perbincangan dikalangan para pengamat otomotif, khususnya yang menggilai motor jenis sport.

Beragam opini pun meluncur usai peluncuran, baik yang bernada positif maupun negatif. Semuanya berdasar pada desain New R25 yang dinilai kurang garang ketimbang kompetitornya, semisal Kawasaki New Ninja 25oR atau All New Honda CBR250RR.

Yamaha Indonesia pun merespons opini-opini yang mengalir tersebut dengan menantang para jurnalis otomotif untuk menjajal langsung New R25 di sirkuit internasional, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/11/2018).

Selain media, kalangan influencer (blogger dan vlogger) otomotif pun diajak untuk menjajal motorsport yang dirakit Yamaha Indonesia untuk pasar global itu.

Lalu, apa kata mereka usai menjajal motor berbanderol Rp58,6 juta tersebut?

Wartawan GridOto.com menulis, jika motor tersebut memiliki cita rasa pengendalian baru. Dengan fokus membangun ulang desain bodi, ia menilai jika Yamaha mampu menambah kecepatan puncak motor ini hingga 8 km/jam (181 km/jam) dari versi sebelumnya yang mencapai 173 km/jam.

Sementara wartawan Suara.com mengatakan jika motor ini jauh lebih ringan dari versi sebelumnya, dan memiliki tenaga lebih buas. Ia menulis, saat menunggangi motor tersebut langsung merasakan sensasi sebuah motor bertenaga besar.

Angga Marsanto, jurnalis Otorider.com menilai banyaknya gubahan pada motor ini terkait aerodinamika dan ergonomi, akan cukup menggoda pencinta kecepatan.

Ia merasakan gubahan pada suspensi (sockbreaker) depan yang menganut sistem up-side down (USD) membuat ergonomi motor menjadi lebih racy, dengan posisi riding yang lebih membungkuk saat membesut gas.

Kemudian pada bagian pijakan kaki (footstep) yang lebih tinggi membuat kaki lebih mudah ditekuk ketika berkendara. Secara umum ia menilai New R25 lebih ringan dikendarai, salah satunya karena faktor aerodinamika.

Sementara Otomotifnet.com lebih detail merincikan performa New R25 dalam sebuah data tes. Berikut rinciannya:

  • 0-60 km/jam: 3,1 detik
  • 0-80 km/jam: 4,7 detik
  • 0-100 km/jam: 7 detik
  • 0-100 m: 6,3 detik
  • 0-201 m: 9,7 detik
  • 0-402 m: 15,5 detik
  • Top speed spidometer: 170 km/jam
  • Top speed Racelogic: 158,4 km/jam
  • Konsumsi bensin: 22,7 km/liter

Mereka pun mengambil kesimpulan bahwa New R25 memiliki tenaga besar dengan pengendalian yang cukup mantab. Sementara bebebrapa kekurangan yang dijabarkan adalah menyoal suspensi belakang yang terlalu empuk, panas mesin yang cukup terasa, hingga bentuk tangki bensin yang dinilai kurang sporty.

Tuh kan, ternyata New R25 memang masih beringas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.