Cara Menangkal Agar WhatsApp Tidak Disadap

#kamisukaerview – Pada tulisan sebelumnya, kami pernah mengulas tentang bagaimana cara menyadap layanan aplikasi WhatsApp, nah pada tulisan Tips Trick kali ini kami juga ingin berbagi informasi tentang cara menangkal whatsApp agar tidak bisa disadap.

Walaupun secara default, aplikasi WhatsApp telah memiliki fitur enkripsi peer-to-peer, namun ada sejumlah metode -salah satunya ialah dengan serangan MITM (Man In The Middle Attack)- sehingga kami merasa perlu untuk menginformasikan cara menangkalnya.

1. Periksa WhatsApp Web/WhatsApp Desktop

WhatsApp memiliki kemampuan untuk bisa digunakan di perangkat PC/Desktop dengan bantuan browser Internet karena itu fitur ini disebut sebagai WhatsApp Web. Namun fitur ini menjadi celah yang rentan karena bisa disalah gunakan oleh orang lain dengan hanya melakukan scanning barcode yang ada dengan aplikasi lain seperti “WhatsWeb For Whatscan”, sehingga nantinya obrolan di WhatsApp akan bisa terbaca oleh pengguna lain.

Untuk mencegah hal tersebut, sering-seringlah masuk ke fitur WhatsApp web dan pastikan tidak ada orang lain (menggunakan komputer atau aplikasi WhatsWeb for Whatscan) yang membuka akun WhatsApp kamu.

2. Kunci aplikasi WhatsApp Dengan Aplikasi App lock

Cara menangkal Agar WhatsApp Tidak Disadap
App Lock

Saat ini ada sejumlah aplikasi yang bisa mengunci aplikasi agar tidak bisa dibuka oleh orang lain, salah satunya ialah App Lock, dengan aplikasi ini nantinya kamu diharuskan untuk memasukkan password jika ingin membuka WhatsApp, dan pastikan hanya kamu yang mengetahui kata kuncinya.

Pada sejumlah perangkat HP, seperti Xiaomi MIUI misalnya, aplikasi App Lock in sudah tersedia secara default, sehingga kamu bisa langsung menggunakan tanpa harus menginstallnya.

3. Aktifkan Fitur Verifikasi Dua Langkah (Two-Step Verification)

Two-Step-Verification

WhatsApp sendiri sebenarnya telah memperbaharui aplikasinya agar bisa digunaka lebih aman, salah satunya ialah dengan menghadirkan fitur Two-Step Verification, fitur ini akan memberikan keamanan berganda dimana pengguna di haruskan memasukkan password enam digit saat aka menggunakan WhatsApp atau setelah menginstall ulang aplikasi WhatsApp. Kehadiran fitur ini dipercaya bisa menambah tingkat keamanan di sisi pengguna.

4. Memasang AntiVirus atau Anti-Spy

Ada banyak aplikasi AntiVirus yan tersedia di Google PlayStore baik versi gratisan ataupun versi berbayar, install salah satu yang menurut kamu paling baik, setelah terpasang lakukan pembersihan secara total, hal ini dilakukan untuk menghilangkan virus, spyware atau key logger yang bersemayam di HP kamu.

Selain itu kamu bisa juga meng-install aplikasi yang bernama
Anti Spy Mobile Free di Play Store. Sesuai namanya, aplikasi ini akan mendeteksi Jika pada HP kamu terpasang aplikasi penyadap, maka akan muncul peringatan dengan tampilan kurang lebih seperti di bawah ini:

Cara Menangkal Agar WhatsAp Tidak Disadap
Anti Mobile Spy Pro

5. Ketahui Tandanya Jika HP Kamu Sudah Disadap

Ada sejumlah ciri ketika HP yang kamu gunakan sudah disadap, beberapa diantaranya ialah baterai menjadi lebih boros, kuota juga menjadi cepat habis, lantaran aplikasi penyadap membutuhkan sejumlah data untuk mengirim data hasil sadapan ke server penyadap.

Seringkali HP yang kamu gunakan menjadi panas kendati tidak sedang digunakan, jika memang kamu mencurigai bahwa HP kamu sudah di sadap, backup semua data yang menurut kamu penting dan lakukan factory reset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.