Duo HP Jagoan Baru OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro Resmi Dirilis

#kamisukareview – Setelah muncul dalam sejumlah rumor, akhirnya duo HP jagoan baru besutan OnePlus yakni OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro resmi dirilis untuk publik.

Seperti yang tersiar melalui rumor sebelumnya, kedua HP besutan OnePlus itu akan menjadi pesaing berat bagi sejumlah HP flagship yang ada di pasaran saat ini lantaran memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni dan bisa bersaing di kelasnya.

Lini HP OnePlus 7 sendiri sejatinya merupakan HP penerus dari OnePlus 6T yang pernah diluncurkan OnePlus tahun lalu, namun demikian duo HP teranyar ini memiliki desain yang benar-benar baru dari semua jajaran produk OnePlus sebelumnya.

Dengan desain layar model baru ini, OnePluls 7 terlihat benar-benar elegan, bezel-nya sangat tipis sehingga bagian depan dari HP ini menjadi terkesan lebih full-screen. Selain memiliki bezel yang sangat tipis, varian ini juga tidak memiliki poni alias notch pada layar lantaran kamera selfienya telah disembunyikan dalam desain kamera model pop-up yang bisa nongol ketika diperlukan saja.

Spesifikasi OnePlus 7 Pro

Duo HP Jagoan Baru OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro Resmi Dirilis
OnePlus 7 Pro

Sebagai HP dengan varian tertinggi, OnePlus 7 Pro digadang-gadang akan menjadi pesaing berat untuk sejumlah HP flagship saat ini. Memiliki layar AMOLED berukuran 6,67 inci yang mampu menampilkan layar berkualitas QHD+, displaynya mampu menampilkan refresh rate 90Hz, dimana dengan kemampuan layar seperti itu, HP ini bakal mampu menampilkan resolusi tinggi dan lebih smooth baik saat menonton maupun bermain game.

HP ini telah diotaki dengan chipset SoC teranyar besutan Qualcomm yakni Snapdragon 855 yang bisa digeber hingga menyentuh clock-speed 2,84 GHz serta dukungan modul grafis Adreno 640, ditambah dukungan RAM dengan opsi mulai dari 6GB, 8GB hingga 12GB dan dua opsi penyimpanan internal sebesar 128GB atau 256GB.

Untuk sektor kamera, OnePlus 7 Pro telah dijejali dengan tiga buah kamera dibagian belakang serta satu kamera selfie model pop-up, salah satu dari tiga kamera dibagian belakang itu telah disokong dengan sensor Sony IMX 586 dengan kemampuan 48 megapiksel, sedangkan untuk dua kamera lainnya memiliki kemampuan 16 megapiksel untuk ultra-wide angle dengan bukaan f/2.2 dan 8 megapiksel untuk telefoto dengan kemampuan zoom optik hingga 3x dengan bukaan f/2.2.

Tak lupa, fitur OIS dan EIS juga telah hadir untuk membuat hasil gambar yang lebih jelas untuk mereduksi efek shaking atau goyangan saat HP ini digunakan untuk mengambil foto.

Duo HP Jagoan Baru OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro Resmi Dirilis
Pop-up Selfie Camera pada OnePlus 7 Pro

HP ini juga menjadi HP pertama dari OnePlus yang mengusung kamera selfie berdesain pop-up, dimana kamera depan dari HP ini akan nongol secara otomatis ketika digunakan, kabarnya pihak OnePlus telah menguji mekanisme dari kamera pop-up ini hingga 300.000 kali dan memastikan fitur robotronic selfie dari kamera tersebut tidak rusak, ini artinya bahwa kamu bisa menggunakan kamera selfie tersebut sebanyak 150 kali dalam sehari selama lima tahun.

Untuk bagian modul dari kamera selfie ini, pihak OnePus telah menjejalkan sensor Sony IMX471 berkemampuan 16 megapiksel di dalamnya.

Tak lupa, fitur pengisi daya cepat 30W juga telah hadir pada HP ini, ditambah dengan fitur pendukunglainnya seperti Bluetooth 5.0, sensor pembaca sidik jari di dalam layar, dukungan baterai berkapasitas 4.000 mAh dan antarmuka Oxygen OS diatas sistem operasi Android 9.0 Pie.

Spesifikasi OnePlus 7

Duo HP Jagoan Baru OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro Resmi Dirilis
OnePlus 7 | foto GSMArena.com

Kendati memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dibanding varian Pro, HP OnePlus 7 tetap menjadi HP yang menarik lantaran hadir dengan sejumlah spesifikasi kekinian, seperti dukungan chipset Snapdragon 855 serta koneksi 5G ditambah dengan sokongan kombinasi RAM 6GB dan penyimpanan 128 GB, atau kombinasi RAM 8 GB dengan penyimpanan 256 GB.

Perbedaan mendasar dari HP ini ialah ukuran layarnya yang hanya berukuran 6,4 inci dan model ini menggunakan kamera depan berkemampuan 16 megapiksel dengan desain model poni dibagian depan layarnya. Ia juga masing menggunakan kamera ganda dibagian belakang yang masing-masing dihuni oleh lensa berkemampuan 48 megapiksel dan 5 megapiksel.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari KompasTekno melalui TechRadar disebutkan bahwa harga OnePlus 7 Pro dengan RAM 6 GB/128 GB telah dibanderol dengan harga 48.999 Rupee (atau setara dengan Rp 10 juta).

Sementara OnePlus 7 Pro dengan varian RAM 8 GB dan 12 GB dengan penyimpanan 256 GB, masing masing dibanderol 52.999 Rupee (atau setara dengan Rp 10,8 juta) dan 57.999 Rupee (atau seharga Rp 12 juta-an).

Sedangkan untuk HP OnePlus 7 reguler telah dibanderol dengan harga mulai dari Rp 8 juta-an untuk varian dengan opsi RAM 6 GB/128 GB dan Rp 8,8 juta-an untuk versi dengan kombinasi RAM 8 GB/256 GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.