iPhone SE 2020, Harga & Review Singkat HP Ini Menyakitkan!

#kamisukareview – Dulu iPhone SE digosipkan punya generasi penerus, tapi tak ada kabar. Lalu, banyak yang pesimis. Kini mendadak spesifikasi dan harga HP iPhone SE 2020 diumumkan sang vendor. Harganya bikin kaget, spesifikasinya bikin melongo.

Tak peduli di tengah wabah virus Corona, Apple tetap menerjang pasar dengan pengumuman iPhone SE 2020. Sudah nyaris empat tahun seri ini vakum, eh, sekonyong konyong malah nongol di tengah kondisi pasar yang sedang carut marut. Apapun itu, langkah Apple ini tetap harus diapresiasi.

Quick Review iPhone SE 2020

quick review iphone se 2020

HP kelas ringan iPhone ini dirilis secara online oleh sang vendor. Tentu saja Corona menjadi biang keladinya. Nah, penasaran kan seperti apa quick review iPhone SE 2020, yuk simak aja langsung ulasan kita.

Desain & Layar

Smartphone harga ekonomis ini ternyata memiliki rancangan desain yang agak jadul. Kalau diperhatikan ada banyak kemiripan dengan iPhone 8. Apakah ini jadi kekurangan iPhone SE 2020? Konsumen belum menjawab, tapi menurut kami ya aspek ini jadi salah satu minus kecil.

Ponsel besutan Apple ini memiliki penampang layar yang relatif kecil. Bentang layar HP iPhone terbaru ini bahkan jauh di atas rata-rata smartphone lain saat ini, hanya 4,7 inci lho. Selain itu, resolusinya hanya mengandalkan 720×1334 piksel.

Apple bahkan santai saja menanamkan panel IPS LCD, seolah tak mau peduli nyinyir yang bakal mereka terima. Seri dengan aspek rasio 16:9 ini memiliki bezel yang kelihatan tebal dan lebar. Kalau bukan Apple yang merilis, smartphone seperti ini akan dipandang sebelah mata. Dilirik pun tidak.

Cukup menjadi netizen julid karena masih ada kelebihan iPhone SE 2020 yang bisa digali. Teknologi layar HP Apple terbsaru ini mengusung Retina HD, dan diproteksi Ion-strengthened glass serta oleophobic coating. Seri ini ternyata mendukung video 4K lho. Dan dibenami TouchID.

Bodi belakangnya terdapat ciri khas logo Apple tepat di bagian tengah. Material bodinya terbuat dari panel kaca yang berkonsep glossy. Elegan. Bagian depan dibalut Gorilla Glass dan dibungkus frame aluminium.

Performa & Spek iPhone SE 2020

spesifikasi iphone se 2020

Ini kelebihan iPhone SE 2020: Dukungan chipset canggih Apple A13 Bionic. Dilengkapi prosesor hexa-core 2.65GHz, 3rd Neural Engine. Dan pengolah grafis Apple GPU (4-core). Ini termasuk chipset kelas flagship yang juga dibenamkan dalam keluarga iPhone 11 Series.

Jadi tak aneh jika performa HP berdesain ‘motor bebek’ ini punya performa ‘motor balap’. Apple menyuplai RAM dengan besaran 3GB sebagai penyempurna. Dan kemudian memori internal dengan beberapa opsi 64GB , 128GB dan 256GB.

Melengkapi spesifikasi iPhone SE 2020, Apple menambahkan sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan debu dan anti percikan air. Smartphone ini juga sudah dibenami sistem operasi iOS 13.

Konfigurasi Kamera

Kamera HP iPhone SE 2 ini ternyata biasa saja. Tak ada jajaran sensor berbaris rapi seperti vendor lain. Di bodi belakang hanya satu lensa kamera saja yang terpajang. Tapi tunggu dulu, karena Apple sesumbar jika sensor tunggal 12MP dengan aperture f/1.8 ini merupakan kamera tercanggih buatan mereka.

Kelebihan kamera iPhone SE 2020 ini bisa mencuat berkat dukungan prosesor A13 Bionic mutakhir yang disuntik Neural Engine. Lebih dari itu, Apple membekali HP ini dengan sederet fitur manis seperti Dual-LED dual-tone flash, Smart HDR, Portrait Mode, sdynamic range untuk video, dan fitur stereo recording.

Area depan bercokol kamera selfie dengan resolusi 7MP mempunyai aperture f/2.2. Fitur yang dijejalkan dalam kamera depan ini biasa saja, seperti Face detection, HDR, dan panorama.

Kapasitas Baterai

Sektor ini menjadi catatan karena Apple tak menyebutkan kapasitas baterai iPhone SE 2 ini. Hanya saja, baterai diklaim dapat bertahan hingga 8 jam video playback (streamed), daya tahannya mirip dengan iPhone 8, support fast charging 18W & wireless charging (Adaptor fast charging dijual terpisah). Didukung didukung Qi wireless charging.

Fitur & Konektivitas

Sektor konektivitasnya, mirip dengan HP lain pada umumnya. Dibenami dengan sejumlah fitur yang meliputi Lightning port, Wi-Fi 802.11/b/g/n, Wifi features Mobile Hotspot, GPS, Bluetooth. Terbenam pula Proximity sensor, Light dan lain-lain.

harga iphone se 2020

Harga HP iPhone SE 2020

Harga iPhone SE 2020 ternyata cukup murah buat kalangan sultan tapi masih relatif belum terjangkau sobatmisqueen. Contohnya, harga untuk varian ROM 64GB dibanderol 399 dollar AS, atau kurang lebih Rp 6,3 jutaan. Warna yang diusung Black, White dan Red.

Berikut daftar harga lengkapnya:

  • Harga US 64GB = $399 (Rp 6,2 juta)
  • Harga US 128GB = $449 (Rp 7 juta)
  • Harga US 256GB = $549 (Rp 8,6 juta)
  • Harga SG 64GB = S$649 (Rp 7,1 juta)
  • Harga SG 128GB = S$719 (Rp 7,9 juta)
  • Harga SG 256GB = S$889 (Rp 9,8 juta)

Spesifikasi iPhone SE 2020:

  • Layar:4.7-inch HD IPS LCD Display, 2.5D Glass
  • Chipset: Apple A13 Bionic
  • CPU: hexa-core 2.65GHz, 3rd Neural Engine
  • GPU: Apple GPU (4-core)
  • RAM: 3GB
  • Storage: 64/128/256GB
  • Kamera belakang: 12MP f/1.8, OIS, Portrait Mode, autofocus, EIS, LED flash, 4K@60fps Video Recording
  • Kamera selfie: 7MP f/2.2, Portrait Mode, EIS
  • Sistem Operasi: iOS 13
  • Fitur: IP67 dust & water resistant, 4G LTE, Wi-Fi6, Touch ID (2nd Gen), Lightning Port
  • Baterai: 8 jam video playback (streamed), support fast charging & wireless charging
  • Warna: Black, White dan (Product) Red

Hari Pitrajaya

Ordinary man in this extra ordinary world.