Samsung Galaxy A21, Review Singkat HP Murah Ini Gawat!

#kamisukareview – Sepak terjang Samsung di segmen menengah bawah semakin agresif. Lihat saja, harga dan spesifikasi HP Samsung Galaxy A21 yang baru saja diumumkan ke pasar. Cukup menggiurkan dan atraktif. Vendor ini tak rela kue pasarnya diambil oleh para pesaing.

Dalam hal spesifikasi, Samsung terus melakukan peningkatan untuk segmen menengah bawah. Persaingan yang ketat membuat mereka harus mulai membuka mata. Segmen A Series mereka pun terus digenjot.

Selain keluarga M Series, pergerakan Samsung untuk lini produk A Series semakin sulit dibendung. Tanpa banyak basa-basi, kini mereka sudah merilis HP Samsung Galaxy A21. Padahal sebelumnya mereka juga baru saja menghadirkan Galaxy A20s.

Quick Review Samsung Galaxy A21

quick review samsung galaxy a51

Penasaran kan, seperti apa spesifikasi HP Samsung terbaru yang harganya tak terlalu melangit ini? Yuk, kita simak quick review Samsung Galaxy A21 ini.

Desain dan Layar

Smartphone ini masih mengusung desain yang dipopulerkan oleh mereka. Memakai desain punch hole dan kamera belakang yang berjajar vertikal di area sisi kiri atas. Menilik harga Samsung A21 yang terjangkau, wajar jika sang vendor melakukan iterasi atau pengulangan desain.

Untuk bagian layarnya, seri ini ternyata hanya memakai panel IPS LCD yang artinya mereka melakukan pemangkasan spesifikasi supaya harga jual yang rasional bisa didapatkan. Bentang layar sentuhnya 6,5 inci dengan resolusi HD+. HP Samsung A21 ini memakai konsep 2.5D Glass.

Performa dan Spek Samsung Galaxy A21

spesifikasi samsung a21

Soal spesifikasi Galaxy A21 ini, tentu kita tak bisa mengharapkan bakal sekelas flagship. Tidak terlalu mengecewakan tapi juga tak jelek-jelek amat, itu kata kunci untuk produk-produk kelas menengah bawah.

Dan lihat saja, Samsung kembali berani menyusupkan chipset Mediatek di seri terjangkaunya ini. HP Samsung murah meriah ini mengadopsi Mediatek Helio P35 octa-core yang performanya tak bisa dibilang powerful. Tapi buat segmen yang jadi target marketnya, spesifikasi ini masih relevan.

Dalam hal memori, Samsung membenamkan besaran RAM yang cukup wajar yakni 3GB. Sementara untuk memori internal mengandalkan space 32GB. Didukung dengan slot memori eksternal berbasis microSD. Jadi, kapasitasnya bisa diperluas dengan penyimpanan eksternal untuk menyimpan berbagai file.

Konfigurasi Kamera

Spesifikasi kamera HP Samsung Galaxy A21 ternyata cukup impresif. Vendor ini mengandalkan konfigurasi quad camera dengan 4 sensor yang mempunyai kemampuan berbeda-beda.

Contoh ultra-wide yang membuat tampilan gambar semakin lebar. Lantas ada lensa dept sensor yang membuat foto jadi lebih tajam dari background. Alhasil, objek yang dipotret tidak akan terlihat blur.

Nah, berikut adalah rangkaian kamera belakang dari smartphone kelas menengah bawah ini: Kamera belakang: 16MP + 8MP wide-angle + 2MP Macro + 2MP. Diduk u ng dengan fitur dan teknologi Depth, Portrait Mode, PDAF, LED flash. Sementara kamera depan memakai punch hole dengan resolusi 13MP.

Kapasitas Baterai 

Untuk menyokong sumber daya, baterai HP Samsung Galaxy A21 ini mengandalkan kapasitas 4000mAh yang tergolong besar dan memuaskan di kelasnya. Kapasitas baterai ini sudah sangat mampu menangani operasional harian sampai sehari penuh.

Galaxy A21 ini sudah dibekali dengan 15W Fast Charging yang membantu pengecasan menjadi lebih cepat  Dengan kapasitas baterai besar setidaknya kita membutuhkan waktu charging yang tak terlalu lama.

Fitur & Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, seri ini tak jauh berbeda dengan HP pada umumnya. Kelebihannya adalah sudah memiliki NFC, terdapat beragam fitur yang meliputi port USB Type-C, Wi-Fi 802.11/b/g/n, Wifi features Mobile Hotspot, GPS, Bluetooth. Terbenam pula Proximity sensor, Light sensor, Gyroscope, serta Accelerometer. 

harga samsung galaxy a21

Harga Samsung A21

Seri yang sudah dibenami dengan Android 10 dan One UI 2.0 ini dipasangi harga yang terhitung masih terjangkau buat pecintanya. Harga Samsung Galaxy A21 ini dipatok sekitar USD 249,99 atau setara Rp 3,9 jutaan.

Sebagai penutup, HP Samsung Galaxy A21 ini sudah memiliki sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian bodi belakangnya. Jadi bagaimana? Penasaran dan menunggu HP Samsung terbaru ini masuk Indonesia?

Spesifikasi Samsung Galaxy A21:

  • Display: 6.5-inch HD+ IPS LCD Display, 2.5D Glass
  • Chipset: Mediatek Helio P35 octa-core (SoC belum dikonfirmasi, rumor di Geekbench)
  • RAM: 3GB
  • ROM: 32GB (microsd slot)
  • Kamera Belakang Quad: 16MP + 8MP wide-angle + 2MP Macro + 2MP Depth, Portrait Mode, PDAF, LED flash
  • Kamera Selfie: 13MP
  • OS: Android 10 with One UI 2.0
  • Fitur: 4G LTE, Fingerprint, USB Type-C, NFC
  • Baterai: 4000mAh with 15W fast charging

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”