Kumpulan Fakta Xiaomi Mi CC Menjelang Dirilis

#kamisukareview – Pada tulisan kali ini kami memiliki kumpulan Fakta Xiaomi Mi CC sebelum dirilis tanggal 7 Juli nanti, hp ini menjadi menarik lantaran produk ini merupakan hp perdana dari perkawinan Xiaomi dan Meitu.

Dalam kurun waktu yang hampir bersamaan, pabrikan elektrnik asal Tiongkok ini juga mengumumkan penghentian dua model hp besutannya yakni Mi Max dan Mi Note. Sedangkan Mi CC digadang-gadang akan menjadi pengganti kedua lini yang kini telah di diskontinyu tersebut.

Seperti yang diungkap oleh sang CEO Xiaomi, Lei Jun melalui akun Weibo miliknya, Xiaomi Mi CC lebih ditujukan untuk kaum muda, karena itu hp ini telah dilengkapi dengan fitur kamera-sentris khusus selfie dan didukung dengan software kamera racikan Xiaomi dan Meitu yang diklaim bisa menghasilkan gambar selfie lebih natural di kelasnya.

Dari informasi sebelumnya, Lei Jun sempat menyebutkan terkait Fakta Xiaomi Mi CC bahwa lini teranyar ini merupakan produk perdana hasil akuisisi Xioami terhadap divisi hardware Meitu yang dikenal sebagai produsen hp premium, Lei Jun juga sempat menjelaskan perihal kepanjangan dari singkatan CC yang disematkan pada hp ini sebagai Colorful & Creative dimana divisi untuk pengembangan produk ini juga dinaungi oleh team Chic & Cool 90 yang berisi orang-orang yang lahir di era tahun 1990-an yang berprofesi sebagai seniman senirupa.

Produk Mi CC sendiri dikabarkan akan memiliki tiga varian, dimana angka 9 yang ada pada produk ini merepresentasikan Xiaomi yang kini telah menginjak usia 9 tahun. Sedangkan untuk ketiga varian itu ialah Mi CC9, Mi C9e dan Mi CC9 Custom Edition. Ketiganya akan memiliki desain warna trendi untuk pengguna kawula muda dan memiliki software AI beauty untuk mendukung hasil foto selfie.

Xiaomi Mi CC9

Xiaomi Mi CC9 dipastikan akan menjadi hp kelas menengah dari seri Mi CC. HP ini akan datang dalam dua varian warna cerah: White Lovers dan Dark Blue Planet. Varian putih akan memiliki gradasi warna dengan nuansa biru, ungu dan merah muda, dari bocoran foto sebelulmnya terlihat bahwa bagian belakang dari body hp ini akan dibalut dengan bahan kaca. Versi biru tua terlihat lebih menarik karena akan menghasilkan pola warna bergelombang yang berubah-rubah tergantung dari efek pantulan cahaya.

Dari informasi yang dirilis oleh badan sertifikasi Tiongkok, TENAA hp ini akan memiliki dimensi 156,8 x 74,5 x 8,67 mm dengan bobot 179 gram, dan perangkat itu telah diidentifikasi memiliki nomor model M1904F3BT.

Sedanfgkan untuk bagian layarnya akan menggunakan panel OLED dengan ukuran 6,39 inci beresolusi Full HD+ yang menghadirkan reeoslusi 1080 x 2340 piksel. Diperkirakan bahwa hp ini akan diotaki dengan prosesor octa-core Snapdragon 710 dengan clock-speed 2,2 GHz, karena sebelumnya pihak TENAA tidak menyebutkandetail mengenai prosesor dari hp ini.

Dari rumor sebelumnya disebutkan bahwa akan ada beberapa konfigurasi memori: 4 GB RAM + 64 GB, 4 GB RAM + 128 GB, 6 GB RAM + 64 GB dan 6 GB RAM + 128 GB. Namun TENAA hanya mencantumkan tiga varian: 4 GB RAM + 64 GB, 6 GB RAM + 128 GB dan 8 GB RAM + 256 GB. Sistem operasinya sendiri akan menggunakan Android 9 Pie, mungkin juga berjalan dengan antarmuka MIUI.

Sementara dibagian belakang, akan ada konfigirasi tiga buah kamera dengan sensor utama 48 MP, dan dibagian depan terdapat kamera selfie 32 MP yang disimpan pada notch model tetesan air. Untuk catudayanya, hp ini akan memiliki kapasitas 3940 mAh dan mendukung pengisian cepat.

Xiaomi Mi CC9e

Sementara untuk varian lain dari Xiaomi Mi CC9 ini, TENAA menemukan adanya model lain yang disebut sebagai Mi CC9e. Menurut rumornya, hp ini tidak hanya akan menjadi varian yang lebih terjangkau dari Mi CC9, tetapi juga akan menjadi hp yang lebih kompak. Layarnya menggunakan panel OLED berukuran 5,97 inci yang lebih kecil dan resolusi Full HD + yang memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel.

Layar tersebut akan dibalut dengan bahan Gorilla Glass 5. Meskipun merupakan varian yang paling terjangkau, hp ini akan ditenagai oleh chipset yang sama dengan Mi CC9: Snapdragon 710. Tetapi tidak seperti saudara kandungnya yang lebih besar, ia akan memiliki konfigurasi memori yang berbeda yakni: 6 GB RAM + 64 GB, 6 GB RAM + 128 GB dan 8 GB RAM + 128 GB. Juga akan ada kofigurasi tiga buah kamera dibagian belakang dimana salah satu sensornya menggunakan modul Sony IMX582 dengan resolusi 48 MP, sensor sekunder 8 MP (seharusnya akan menjadi lensa ultrawide) dan sensor 5 MP.

Untuk kamera depan akan ada lensa berkemampuan 32 MP yang sama dengan CC9 tetapi baterainya akan lebih kecil yang hanya memiliki kapasitas 3500 mAh dengan pengisian cepat 18W, itu masih bagus untuk perangkat yang ringkas (Mi 9 SE yang memiliki ukuran layar yang sama hadir dengan baterai 3070 mAh). HP ini akan memulai debutnya di Cina yang hadir dalam tiga varian warna yakni: Putih, Biru Planet dan White Prince.

Xiaomi Mi CC9 Custom Edition

Xiaomi Mi CC9 Meitu Custom Edition merupakan varian CC yang paling ditunggu dan paling menarik karena akan menjadi perangkat yang dihasilkan dari kemitraan strategis antara Xiaomi dengan Meitu. Namun, info tentang ponsel ini masih sangat terbatas. Menurut informasi terbaru yang diungkap oleh CEO Xiaomi Lei Jun, Xiaomi Mi CC9 Meitu Custom Edition ini akan tersedia dalam warna khusus yang lebih unik dan tidak tersedia pada dua varian CC diatas.

Lebih jauh, bahwa varian ini digadang-gadang akan menampilkan semua teknologi fotografi terbaik yang diracik oleh Meitu. Ini mungkin akan menjadi seri unggulan karena akan ada varian dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Selain akan memiliki warna biru yang berbeda, varian ini juga akan memiliki fitur AI yang bisa mengolah hasil foto terbaik walau hp ini mengambil objek dalam kondisi cahaya yang kurang.

Harga dan Ketersediaan

Tiga perangkat perdana dari seri Xiaomi Mi CC ini akan diumumkan secara resmi pada 2 Juli. Menurut bocoran, model Mi CC9 akan dibanderol dengan harga 2.499 Yuan (atau setara dengan $365 dan akan tersedia dalam varian memory 6 GB RAM + 128 GB, sementara untuk model varian mid-end dengan RAM 8/128 GB akan dibanderol dengan harga 2.799 Yuan (sekitar $ 407), sedangkan konfigurasi dengan RAM tertinggi yakni 8/256 GB akan dihargai dengan 3.099 Yuan (atau sekitar $ 451).

Sementara untuk Xiaomi Mi CC9e diharapkan akan memiliki harga mulai dari 1.599 Yuan ($ 232) untuk varian RAM terendah (6/64 GB), versi menengah 6/128 GB akan berharga 1.899 Yuan (atau setara $ 276) dan versi dengan RAM yang paling tinggi 8/128 GB akan dibanderol dengan harga sekitar $ 320.

Sehingga untuk varian Xiaomi Mi CC9 Meitu Custom Edition kemungkinan besar akan dibanderol dengan hrag di atas semua varian di atas.

Demikian tulisan mengenai kumpulan Fakta Xiaomi Mi CC sebelum hp ini dirilis, so kita tunggu saja pengumuman resmi dari Xiaomi besok!.

Leave a Reply

Your email address will not be published.