Ini Hasil Polling POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z

#kamisukareview – Poling POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z yang kami gelar belum lama ini di akun Instagram @review1st mencatatkan hasil yang cukup mengejutkan. Di luar ekspektasi, elektabilitas POCOPHONE F1 ternyata sangat tinggi melebih 50%.

Meski kampanye #2018GantiHp yang digelar fans garis keras POCOPHONE F1 kerap di-bully oleh netizen, namun smartphone ini mampu membuktikan jika masih ada calon pemilih tak loyal atau swing voters labil yang akhirnya terpengaruh oleh promosi dari mulut ke mulut tentang ‘HP Snapdragon 845 murah meriah’.

Ini Hasil Polling POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z

polling pocophone f1 vs zenfone 5z

Sebelumnya, ijinkan kami menjelaskan terlebih dahulu kenapa kami melakukan polling ini. Seperti diketahui, POCOPHONE F1 dan ASUS Zenfone 5Z adalah dua smartphone berbasis Snapdragon 845 termurah yang ada di pasaran Indonesia saat ini.

Bahkan, sebelum hadirnya POCOPHONE F1, ASUS Zenfone 5Z adalah smartphone Snapdragon 845 termurah yang dirilis resmi di negeri ini. Sekedar informasi saja, HP Android yang satu ini sebenarnya banyak ditunggu-tunggu para fans ASUS dan sebagian kalangan yang ingin ‘move on’ dari merek lain.

Sayang lantaran tak kunjung beredar di pasar, sebagian peminat yang sudah menanti akhirnya banyak yang mengurungkan niat dan sebagian lain yang sudah memegang dana terlanjur pindah ke lain hati.

Dari pengamatan kami, ASUS Zenfone 5Z memang agak terlambat hadir di pasaran. Sehingga membuat hype-nya berantakan. Kemudian ditambah dengan kedatangan POCOPHONE F1 yang mengejutkan, dan jebrett! Hasil polling kami pun menggambarkan semuanya.

Pada polling yang kami gelar beberapa waktu lalu, POCOPHONE F1 mendapat 68% vote sementara ASUS Zenfone 5Z hanya mencatatkan 32% suara. Pasar Indonesia yang unik memang sulit diprediksi. Tapi harus diakui, ‘harga’ punya pengaruh sangat kuat terhadap pilihan konsumen di sini.

Kami tegaskan lagi, HARGA benar-benar sangat berpengaruh!

Sudah bukan rahasia jika harga ‘super miring’ yang disodorkan POCOPHONE F1 memiliki konsekuensi terhadap kualitas produk. Dan, wajar juga jika kami bilang harga ASUS Zenfone 5Z bisa lebih mahal karena menyimpan banyak kelebihan tersendiri.

Tapi untuk saat ini, kampanye POCOPHONE F1 berada di atas angin, ‘harga murah dengan spesifikasi mewah’ sangat mengena pada konsumen kita. Padahal, di sisi lain, untuk menentukan pilihan, kita tak bisa hanya berpatokan pada harga. Masih banyak aspek dan komponen lain yang layak dipertimbangkan. Kalau tidak percaya yuk kita lihat perbandingannya di compare POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z (fact sheet) berikut:

Build Quality POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z

POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z

ASUS Zenfone 5Z wajib jadi pilihan utama buat kalangan yang menginginkan HP dengan kualitas desain dan material produk bermutu tinggi di harga terjangkau. Panel kaca berbungkus Gorilla Glass, kokoh dan premium dilapisi material logam yang mengelilingi bodinya. Sementara POCOPHONE F1 hanya terbuat dari polycarbonat yang terlihat bisa saja, material yang biasa dipakai dipakai seri menengah bawah.

Prosesor Snapdragon 845 POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z

snapdragon 845 indonesia

Di area ini POCOPHONE F1 menang kemana-mana. Harga sudah bicara dengan sendirinya. Kapan lagi kita bisa punya smartphone Snapdragon 845 cukup dengan merogoh kocek 4 jutaan. Dan menurut kami sektor ini pula yang langsung membuat konsumen berpaling. Ngiler pokoknya.

Kami ingin bertanya buat reviewbro & sis yang menjadikan performa prosesor sebagai patokan dalam membeli produk. Kalian mending pilih Snapdragon 845 harga 4 jutaan atau harga 6 jutaan? Jawabannya crystal clear alias sudah jelas kan? Tak perlu diperdebatkan lagi.

Perbedaan chipset POCOPHONE F1 dan ASUS Zenfone 5Z sendiri terletak pada clockspeed, POCOPHONE F1 memakai core dengan clockspeed 2.8GHz sementara Zenfone 5Z menggunakan core berkecepatan 2.7GHz.

Memori POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z

asus zenfone 5z

ASUS ZenFone 5Z menenteng RAM 6 GB yang dikombinasikan dengan memori internal berkapasitas 128GB. Smartphone ini juga punya kelebihan yang jarang terdeteksi yakni slot microSD yang bisa menampung kapasitas hingga 512 GB.

Lalu bagaimana dengan POCOPHONE F1. Untuk varian 4,5 jutaan, seri ini hanya mengandalkan RAM 6GB/ ROM 64GB. Baru kemudian varian dengan RAM 6GB/ ROM 28GB dipatok seharga 5 jutaan. HP ini hanya bisa menampung slot micro SD hingga 256GB.

Baterai POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z

pocophone f1

Kemenangan di sektor ini sepertinya ada di tangan POCOPHONE F1. HP Android ini mengantongi kapasitas baterai 4000mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0 (9V/2A). Sementara ASUS Zenfone 5Z hanya menghadirkan baterai berkapasitas 3300mAh juga punya fitur fast charging 9V/2A.

Kamera POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z

camera asus zenfone 5z

Fitur kamera ASUS Zenfone 5Z lebih lengkap ketimbang POCOPHONE F1. ASUS ZenFone 5Z didukung dengan konfigurasi kamera 12 MP (Sony IMX363)dengan aperture f/1.8 dan kamera sekunder 8 MP wide-angle 120 derajat aperture f/2.0. Fitur dual kamera ini ditunjang dengan OIS dan EIS yang akan sangat bermanfaat buat memotret dan serta merekam video.

Sementara POCOPHONE F1 hanya menyematkan dual kamera dengan komposisi kamera utama 12 MP (Sony IMX363) dan kamera sekunder 5 MP yang hanya didukung EIS guna meminimalisir goncangan.

Untung saja di sektor kamera depan, POCOPHONE F1 tampil lebih ganas dengan kamera depan beresolusi 20MP yang punya aperture f/2.0. Sementara ASUS Zenfone 5Z hanya dibekali kamera depan 8 MP plus aperture f/2.0. Tapi jangan salah, kamera depan ASUS ini sudah didukung dengan gyro-EIS lho.

Satu hal yang menarik, baik ASUS maupun Pocophone sama-sama mengklaim bahwa dukungan kamera yang disematkan telah dibekali fitur Artificial Intelligence. Hal ini untuk menunjukkan bahwa foto yang dihasilkan bisa lebih berkualitas.

Fitur POCOPHONE F1 vs ASUS Zenfone 5Z

infra red face unlock pocophone f1Soal sistem operasi dan antarmuka ASUS ZenFone 5Z memakai ZenUI 5.0 yang berjalan di atas Android Oreo 8.0. POCOPHONE F1 memilih menggunakan MIUI for Poco yang berbasis Android 8.1.

Keduanya sama-sama mengemas beberapa fitur terkini seperti sensor sidik jari dan face unlock. Bedanya, untuk fitur face unlock, POCOPHONE F1 memiliki lensa infra merah khusus, jadi lebih optimal dalam kondisi minim cahaya.

Untuk performa, POCOPHONE F1 juga menambahkan fitur LiquidCool Technology, yang bisa meredam panas pada ponsel. Sementara ASUS Zenfone 5Z lebih memilih bermain di aplikasi dengan menghadirkan Zenimoji berupa emoji yang bergerak.

Dan, satu lagi, ASUS Zenfone 5Z sudah dilengkapi dengan NFC. Ke depan, fitur ini bakal semakin bermanfaat lho. Bisa buat mengecek saldo kartu e-money, bisa untuk transfer data dan lain-lain lebih praktis dan cepat. Tunggu deh setahun lagi.

Harga POCOPHONE F1 dan ASUS Zenfone 5Z

ASUS ZenFone 5Z mulai bisa diboyong setelah melewati proses pre-order muai 27 Agustus 2018 lalu . Zenfone 5Z dibanderol seharga Rp 6,7 jutaan. Sementara POCOPHONE F1 mulai dipasarkan di Lazada per 30 Agustus 2018. Varian POCOPHONE F1 (RAM 6GB/64GB) harganya Rp 4,5 juta. Sementara harga POCOPHONE F1 RAM 6GB/ROM 128GB sekitar Rp 5 jutaan.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.