iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max Resmi, Kameranya Hasil Mencontek?

#kamisukareview – Setelah sekian minggu dihajar bocoran terus menerus, Apple akhirnya mengungkap persenjataan barunya iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Catatan menarik, tampilan fisik kamera belakangnya mengingatkan kita pada smartphone tertentu. 

Boleh jadi, desain Apple iPhone 11 series ini sesuai dengan rumor dan gosip ibu-ibu kompleks yang selama ini bergentanyangan di dunia maya. Terutama desain kamera belakang. Yups, diakui atau tidak Appple kelihatan agak mencontek layout atau tata letak kamera sebuah smartphone yang pernah dirilis tetangganya. 


Sebelum membahas panjang lebar, kamu harus tahu dulu kalau iPhone keluaran terbaru ini akan menggantikan tempat iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max yang dirilis tahun lalu. Lalu, HP iPhone terbaru ini disokong dengan SoC Apple A13 Bionic, fitur mutakhir, iOS 13 dan baterai yang punya daya tahan lebih baik.

iPhone 11 series ini diklaim sudah mengantongi kemampuan kamera nan powerful. Memang layout kamera belakangnya benar-benar mirip dengan bocoran yang selama ini beredar di Instagram kami. Bisa-bisanya ya para leakster menemukan bocoran begitu krusial dan mendekati kenyataan. 

Ironisnya, tata letak kamera ini banyak dicela dan dihujat sejak pertama bocor di sosial media. Banyak yang menyebut norak, niru tetangga, tidak punya jati diri dan lain-lain sih. Tapi pasti Apple punya alasan logis buat menjawabnya. Mereka tak akan semena-mena meniru gaya tetangga, jika tak ada aspek penting yang membuatnya patut dikloning. 

Ya, tak perlu berpanjang lebar lagi, untuk soal ini kami setuju dengan kalian yang menganggap layout kamera belakang Apple 11 mirip dengan gaya salah satu smartphone keluaran Huawei. Tak perlu disebutkan nama serinya, tapi yang jelas ada unsur mencontek. Orisinalitas desain Apple terasa agak ternoda, meskipun sah-sah saja vendor itu melakukannya. 

Apple iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

Cukup beropini, saatnya membahas Apple 11 series. iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max ini pokoknya sudah mendapat pembaharuan optimal di berbagai elemen. Mulai dari daya tahan baterai, tampilan, prosesor hingga pengalaman penggunaan.  

Pada iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max, Apple mematri tiga kamera di bagian punggungnya. Sementara untuk iPhone 11 cukup dua kamera saja. Seperti diulas di awal, susunan atau tata letak kamera belakang ini unik, semuanya dilokalisir dalam sebuah area berbentuk kotak. Bersama dengan lampu kilat. 

iphone 11 spek series

Sayangnya, Apple tidak membenamkan jaringan 5G pada HP terbarunya ini. Untuk saat ini, sepertinya Apple masih belum yakin bahwa konsumen akan memakai 5G secara massal. Masih ada waktu sebelum mengimplementasikannya, sementara ini cukup dengan 4G saja supaya harga bisa dipangkas. Haha. Itu menurut kami. 

Spek dan Desain Apple 11 Series

Apple 11 series ini mulai berani sedikit genit dengan menampilkan pilihan warna yang lebih atraktif. Ya, sudah waktunya iPhone berempati pada kaum millenials. Tak semua konsumen Apple ingin selalu dinilai premium, mewah, stylish. Ada juga yang ingin terlihat beda, nyentrik dan penuh warna. Wahai kalian yang seperti itu, waktu kalian sudah tiba. 

Ada enam warna yang bisa dipilih seperti hitam, putih, kuning, ungu, hijau, dan merah. Oh ya, selain mengadopsi chip A13 Bionic, Apple keluaran terbaru ini juga menghadirkan kapasitas storage 64GB, 128GB, 512GB.

Informasi yang beredar menyebutkan jika kekuatan baterai iPhone terbaru ini bakal lebih baik ketimbang iPhone XR. Didukung dengan Face ID yang gesit serta dukungan WiFi 6. Seri ini juga sudah mengantongi sertifikasi iP68, jadi bisa dibawa berendam di kolam renang.

iPhone 11 yang paling murah disuntik layar 6,1 inci dengan dukungan dual camera 12MP, f/1.8 wide angle dengan OIS dan 12MP, f/2.4 ultra wide camera dengan 120 derajat field of view. Terdapat juga 2x optical zoom dan 5x digital zoom. Kamera selfie berkekuatan 12MP bisa merekam video 4K. 

Sementara iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max masing-masing punya layar 5,8 inci dan 6,3 inci Super Retina XDR Oled. Sesuai namanya ukuran seri ‘Max’ malah lebih bongsor. Tak ada lagi 3D touch sudah diganti dengan haptic touch.

iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max memakai triple camera – 12MP f/2.4 ultrawide 120° camera, 12MP f/1.8 camera dan 12MP f/2.0 telephoto camera. Lensa wide-angle dan telephoto dilengkapi OIS dan punya 2xoptical zoom in, 2x optical zoom out dan 10x digital zoom. 

Baterai iPhone 11 Pro akan punya daya tahan baterai empat jam lebih lama dari iPhone XS. Sementara iPhone 11 Pro Max bisa bertahan 5 jam lebih lama dari iPhone XS Max. Keduanya dilengkapi dengan charger 18W. 

Jangan lupakan juga jika keduanya sudah mengantongi sertifikasi IP68. Membuat kedua HP ini bisa dipakai menyelam di kedalaman 2 meter hingga 30 menit. 

Sudah menabungkah Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.