Asus ZenBook Series, Laptop UltraPortable Tertipis

#kamisukareview – Secara resmi ASUS Indonesia meluncurkan seri ASUS ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan ZenBook 15 UX533, Kamis (17/1/2019) di Indonesia. Ketiganya merupakan laptop ultraportable yang diklaim tertipis di dunia.

Ketiga laptop ini merupakan laptop tipis dengan ukuran yang cukup compact, bahkan varian terkecilnya (13 inci) diklaim lebih mungil dari Apple Macbook Air 13 inci.

Masuk pada segmen Utrabook Premium, laptop ini menggunakan desain bingkai tipis pada layarnya, atau mereka menyebutnya dengan frameless NanoEdge Display.

Dengan bezel tipis tersebut membuat 3 varian laptop ini menghadirkan bentangan visual nyaris tanpa batas dengan rasio screen-to-body yang mencapai 95 persen. Asli, keren!

Seperti disebutkan tadi, display ketiga laptop ini juga membuatnya sebagai perangkat ringkas di antara laptop sekelasnya.

“Lini ZenBook terbaru kali ini bukan hanya sekadar canggih, tetapi juga sangat elegan berkat bezel-nya yang sangat tipis,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia, dalam acara peluncuran 3 seri laptop ini yang berlangsung di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta.

“Dengan screen-to-body-ratio mencapai 95 persen, laptop ini mampu menghadirkan pengalaman visual tanpa batas dan belum pernah ada sebelumnya. Ia merupakan standar baru untuk perangkat ultraportable.”

Pas untuk produktivitas

Dirancang sebagai perangkat penunjang produktivitas on-the-go, pada varian ZenBook 13 dan 14 telah hadir fitur eksklusif ASUS NumberPad.

Fitur ini merupakan pengganti tombol numpad fisik yang tidak bisa dihadirkan di laptop berukuran kecil. Hanya dengan menekan ikon di ujung touchpad, NumberPad akan muncul lewat lampu LED yang sudah terintegrasi dengan touchpad.

NumberPad berguna untuk pengguna yang sering memanfaatkan tombol numpad untuk memasukkan data ataupun melakukan perhitungan lewat aplikasi kalkulator.

Sementara pada varian ZenBook 15, ASUS tetap menghadirkan tombol numpad fisik karena dimensi laptop ini cukup besar untuk menampung tombol tersebut.

Semua model seri ZenBook terbaru kali ini hadir dengan 3D infrared (IR) camera yang memiliki kemampuan untuk memindai wajah bahkan dalam kondisi gelap sekalipun.

Penggunaan kamera canggih ini memungkinkan proses pemindaian wajah untuk login menggunakan Windows Hello menjadi sangat cepat.

Tidak seperti laptop lain yang memposisikan kameranya di bawah layar agar bezel bagian atasnya tetap tipis, seri ZenBook terbaru kali ini tetap hadir dengan kamera yang diposisikan berada di atas layar.

Nah, untuk mendukug kinerja agar lebih maksimal, ketiga laptop ini juga  fitur konektivitas yang cukup lengkap.

Seri ZenBook anyar ini tetap tampil dengan USB 3.1 Type-A sehingga pengguna tetap bisa menghubungkan berbagai perangkat yang dibutuhkan.

Untuk perangkat modern, ASUS menyediakan port USB 3.1 Gen 2 Type-C yang memiliki kecepatan transfer data hingga 10Gbps.

Sebagai tambahan, port HDMI, combo audio jack, dan pembaca kartu MicroSD ikut dihadirkan di jajaran laptop ZenBook terbaru ini.

Untuk koneksinya lainnya, ZenBook series anyar ini juga dilengkapi dengan gigabit-class WiFi serta ASUS WiFi Master Technology, guna memastikan jajaran laptop ini selalu memiliki koneksi jaringan yang stabil.

Sebagai tambahan, Bluetooth 5.0 memungkinkan ZenBook terbaru dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat terkini.

Sementara guna tetap memberikan kenyamanan  pengguna, ketiganya juga hadir dengan desain latar ErgoLift  yang secara otomatis akan mengangkat bodi laptop ketika layar dibuka dan membentuk sudut 3 derajat.

Sudut tersebut dapat meningkatkan kenyamanan saat mengetik sekaligus meningkatkan performa audio serta pendinginan.

Performa bertenaga

Soal tenaga dan performa, ketia lini ZenBook ini diotaki oleh prosesor Intel Core generasi ke-8 yang hemat daya sekaligus memiliki performa yang tinggi.

Selain itu, jajaran laptop ini juga sudah dilengkapi dengan chip grafis dari NVIDIA dan menggunakan penyimpanan data hingga 512Gb dengan M.2 NVMe PCIe SSD yang memiliki kinerja cukup cepat.

Opsi GPU NVIDIA GeForce MX150 tersedia untuk ZenBook 13 dan 14, sedangkan untuk ZenBook 15 ditenagai oleh GPU yang lebih kencang, yakni NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q.

Tidak hanya elegan dan berperforma tinggi, lini ZenBook terbaru juga tampil dengan bodi yang cukup kokoh dengan mengantongi sertifikasi standar militer MIL-STD-810G.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, tiap unit yang diproduksi telah menjalani pengujian ekstrem mulai dari uji ketinggian, uji suhu, kelembapan, hingga uji banting dan getaran.

Kolaborasi Eksklusif

Sejak pertama kali diperkenalkan, ZenBook merupakan seri laptop yang tidak hanya mengedepankan performa dan fitur, tetapi juga estetika pada sisi lifestyle.

Untuk itulah ASUS berkolaborasi dengan desainer fashion kenamaan Sebastian Gunawan. Dalam kolaborasi kali ini, ASUS menghadirkan tas ZenBook yang didesain secara eksklusif oleh Sebastian Gunawan.

Pembeli ZenBook series ini pada kurun sebulan kedepan (17 Januari – 17 Februari 2019) berkesempatan untuk mendapatkan tas eksklusif ini secara cuma-cuma selama persediaan terbatas.

Harganya? Beragam bro, berikut list-nya:

ZenBook 13 – 14 inci:

  • i5 8GB/256GB SSD Rp15.299.000
  • i5 8GB/512GB SSD Rp18.299.000
  • i7 16GB/512GB SSD NumPad Rp22.999.000

Zenbook 15 inci:

  • i7 16GB/512GB NumPad Rp26.999.000

Gimana? asik banget kan ini laptop, tunggu reviewnya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.