Chipset 5G Samsung Exynos 5100 Mulai Diproduksi Massal

#kamisukareview – Pabrikan elektronik asal Korea Selatan, Samsung mulai memproduksi massal chipset 5G Exynos 5100, sebelumnya chipset ini pernah diperkenalkan Samsung pada pertengahan tahun 2018 lalu sebagai chipseti yang memiliki dukungan terhadap jaringan 5G.

Saat itu Samsung sesumbar bahwa chipset Exynos 5100 besutanya merupakan chipset mobile pertama yang memiliki dukungan modem multi-mode yang memungkinkan untuk terhubung ke jaringan 5G maupun jaringan sebelumnya seperti 4G, 3G dan 2G.

Kinerja chipset Exynos 5100

Kinerja dari Chipset Exynos 5100 telah disokong dengan radio frequency transceiver Exynos RF 5500 serta modul supply modulator solution Exynos SM 5800 dimana keduanya kini telah diproduksi massal berbarengan dengan chipset.Exynos 5100.

Melalui website resminya, Samsung telah mengatakan bahwa “Exynos 5100, Exynos RF 5500, dan Exynos SM 5800, akan menggenjot kinerja dan efisiensi dari jaringan 5G yang diusungnya, selain itu modul ini juga akan memiliki fleksibilitas jaringan sehingga pengguna bisa terus terhubung di mana pun mereka berada,”.

Chipset modem 5G ini telah disematkan pada HP Samsung Galaxy S10 versi 5G yang diluncurkan untuk pasar Korea Selatan pekan lalu, hal ini juga telah menjadikan Korea Selatan sebagai negara pertama didunia yang telah mengadopsi teknologi jaringan 5G secara komersial duntuk skala Internasional.

chipset samsung Exynoss 5100
Ilustrasi chipset Exynos 5100

Dari informasi yang ada, di atas kertas, jaringan 5G pada modem Exynos 5100 memiliki kecepatan downlink hingga 2Gbps pada frekuansi sub-6Hz dan 6Gbps untuk mmWave.

Exynos 5100 memiliki kemampuan carrier agregation (CA) hingga 8x. Sebagai informasi tambahan, dengan teknologi carrier aggregation ini memungkinkan sebuah jaringan untuk bisa berjalan di dua frekuensi berbeda dan keuntungannya kecepatan datanya jadi bisa dilipatgandakan. Kemampuan CA pada Exynos 5100 mampu mendukung jaringan 5G maupun 4G LTE dan untuk jaringan 4G sendiri kemampuan downlink nya bisa ditingkatkan hingga 1,6Gbps.

Belum ada informasi detail mengenai kapan chipset ini akan tersedia di pasaran untuk publik, namun perlahan tapi pasti chipset ini akan mulai digunakan Samsung ketika jaringan 5G sudah mulai tersebar di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.