Diam-Diam Daihatsu Terios 2018 Sodok Segmen SUV Indonesia

REVIEW1ST.com – Seperti diketahui All New Terios alias Daihatsu Terios 2018 resmi menginjak aspal Indonesia pada 3 Januari 2018. Tak disangka, generasi baru SUV Daihatsu ini telah mencuri pasar dengan pergerakan ‘senyap’.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja membisiki kalangan media bahwa ribuan unit All New Daihatsu Terios sudah di-booking oeh peminatnya di Tanah Air. Respon positif tergambar dari mengalirnya animo masyarakat terhadap kendaraan dengan tujuh penumpang ini.

Dari mulut Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terlontar ucapan bahwa sekitar 1.500 unit Daihatsu Terios 2018 telah mengantongi Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Daihatsu Terios 2018 Termahal Paling Laris

Kalau mau membandingkan dengan permintaan terhadap All New Toyota Rush – saudara beda bapak dari Terios – yang sempat kami ulas juga, banjir pesanan justru terjadi pada varian tertinggi.

Sebelumnya kami sempat menginformasikan jika Toyota Rush termahal yakni Sportivo merupakan model yang paling laris. Nah, Daihatsu Terios 2018 varian tertinggi yakni R Deluxe juga menjadi pilihan favorit pemesan. Versi transmisi manual dan matik sama-sama menjaring banyak SPK mencapai 30%.

Selebihnya, SPK All Terios ini berturut-turut membukukan angka 15% varian R MT, 12% varian R AT, 6% varian X MT Deluxe, 4% varian X MT dan 3% varian X AT Deluxe.

Jika ditotal, sekitar 55% pemesan memilih transmisi manual sementara 45% cenderung meminta transmisi otomatis. Area Jabodetabek mendominasi jumlah pemesan dengan mengantongi sekitar 70% dari total keseluruhan.

Banyak Varian, Harga Daihatsu Terios 2018 Mulai 129 Jutaan

Dibandingkan dengan pendahulunya yang hanya menyuguhkan dua varian yang Daihatsu Rush tipe X dan R, generasi baru ini lebih bervariasi. ADM mempersembahkan Daihatsu Rush 2018 dalam banyak varian.

Tak tanggung-tanggung, ada tujuh pilihan tipe yaitu Terios 1.5 X MT, Terios 1.5 X MT Deluxe, Terios 1.5 X AT Deluxe, Terios 1.5 R MT, Terios 1.5 R AT, Terios 1.5 R MT Deluxe, Terios 1.5 R AT Deluxe.

Alhasil, rentang harganya pun cukup bervariasi. Harga Daihatsu Terios X MT dipatok sekitar Rp 195 juta, sementara harga Daihatsu Terios RT AT Deluxe dibanderol Rp 247,9 juta.

Supaya Irit BBM, Mesin Daihatsu Terios 2018 Ternyata Dibekap

mesin daihatsu terios 2018

Lalu bagaimana fokus pada penyempurnaan yang dilakukan ADM terhadap generasi baru ini? Ternyata ada beberapa hal yang mesti dicatat. Memang Daihatsu Terios baru sudah mengalami berbagai perbaikan mulai dari tampilan interior, kemudian eksterior dan tentu saja fitur serta mesin.

ADM membeberkan kelengkapannya mulai dari fitur safety seperti anti lock brake system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA).

Hanya saja, ADM ternyata mengerem tenaga All New Terios ini. Apa? Mereka mengaku jika mesin Daihatsu Terios 2018 ini mengadopsi kepunyaan Toyota Avanza, yakni 2NR VE, DOHC dual VVTI, 4 silinder berkapasitas 1.498 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 102 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

ADM sengaja membekap performanya demi mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Pasalnya, data teknis mesin generasi kedua All-New Terios ini justru mencatatkan terjadinya penurunan tenaga dan torsi di mana sebelumnya 109PS @6.000 dan torsi 14,1 kg.m @4.000, menjadi 104PS dan 13,9 kg.m @4.200.

Editor

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.