Exynos 9810: Otak di Balik Samsung Galaxy S9 dan S9+

REVIEW1ST.com – Samsung harus terus memutar otak untuk bersaing dengan para rivalnya. Untuk menyokong smartphone masa depan mereka, vendor asal Korea Selatan ini baru saja mengungkap chipset Exynos 9810 yang akan menancap dalam Samsung Galaxy S9 dan S9+.

Yups, Samsung baru saja meluncurkan secara resmi chipset terbaru mereka yang ditugaskan untuk mengamankan kinerja smartphone dan menjadi otak di dalamnya. Adalah Exynos 9 Series 9810 yang bakal mempersenjatai calon flagship mereka Galaxy S9 dan Galaxy S9+ tahun ini.

Baca Juga:

Review Blackberry Motion: Fitur Security Jadi Ujung Tombak

Pilih Samsung Galaxy A7 (2017) atau ASUS ZenFone 3 ZE552KL

Dikembangkan melalui proses generasi kedua 10nm FinFET-nya Samsung, chipset ini mengemas CPU delapan inti. Empat di antaranya adalah inti generasi ketiga yang sangat bertenaga bisa mencapai clockspeed 2.9GHz. Sementara empat inti lain dioptimasi untuk efisiensi.

exynos 9810Performa single-core meningkat dua kali lipat dan performa multi-core diklaim mengalami lonjkana hingga 40 persen dibandingkan dengan chipset generasi pendahulunya.

Hmm, apakah chipset baru ini siap bersaing dengan A11 Bionic milik Apple. Jawabannya tentu saja dengan menunggu kedatangan sang flagship. Haha, jadi semakin tidak sabar ya menantikan kemunculan smartphone mutakhir berbasis chipset ini.

Lebih jauh, Exynos 9810 mengadopsi modem LTE 1.2Gbps yang tentu saja sangat bertenaga dan ngebut untuk urusan internetan. Bukan hal aneh sih, karena modemnya mendukung 6x carrier aggregation (CA) untuk 1.2Gbps downlink dan 200 megabits per second (Mbps) uplink.

Sebagai tambahan, Exynos 9810 juga menanamkan neural network-based deep learning dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Memungkinkan prosesor mengenali foto atau seseorang dengan akurat sehingga pencarian dan pengkategorian gambar jadi lebih cepat. Bahkan bisa memindai wajah dalam 3D saat mendeteksi.

Bagaimana soal grafisnya? Chipset generasi baru Samsung ini akan dibenami dengan ARM Mali-G72 GPU yang menjanjikan performa 20% lebih baik dari pendahulunya, juga lebih efisien. Video playback dalam chipsey ini mendukung 10-bit HEVC (high efficiency video coding) dan VP9 codec.

Exynos 9810 juga sudah mendukung dual-ISP untuk 4 image sensor. Seperti keberadaan kamera ganda di belakang bersama dengan kamera dan sensor iris di bagian depan. Dual-ISP menyuguhkan kestabilan gambar dan video hingga resolusi UHD.

Termasuk dukungan real-time out-of-focus photography dalam resolusi tinggi dan gambar yang lebih cerah dalam kondisi minim cahaya. Juga bisa mengurangi nise dan motion blur. Menarik bukan? Jadi tak sabar untuk melihat hasil jepretan kamera Galaxy S9 dan S9+.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”