Fitur Berbagi Status WhatsApp Di-ujicoba

#kamisukareview – Layanan aplikasi pesan Instant WhatsApp akan mendapatkan pembaharuan, kabarnya layanan ini tengah menguji coba Fitur Berbagi Status WhatsApp ke layanan lain.

Dengan fitur berbagi status WhatsApp baru ini nantinya para pengguna bisa meng-update status di WhatsApp dan membaginya ke Facebook Story, atau aplikasi lainnya seperti Instagram, Google Photos maupun GMail.

Fitur WhatsApp Status sejatinya merupakan layanan yang bisa membagikan cerita pengguna melalui status WhatsAp mereka, fitur ini serupa dengan layanan Instagram Stories yang memungkinkan bagi pengguna untuk mengunggah sebuah video pendek yang akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam kemudian.

Lantas bagaimana dengan faktor keamanannya? Seperti yang kami rangkum melalui laman The Verge, kendati layanan ini bisa terhubung dengan sejumlah layanan lain namun pihak WhatsApp tidak melakukan apapun untuk menautkan akun penggunanya.

Aplikasi WhatsApp hanya memakai aplikasi API berbagi data yang ada pada Android dan iOS untuk menautkan status pada aplikasinya dengan aplikasi lain, lebih lanjut pihak WhatsApp menyebutkan meskipun pengguna membagikan status ke layanan Instagram, kedua unggahan tetap jadi hal yang terpisah dalam sistem Facebook. Keduanya juga tidak akan dihubungkan.

Fitur anyar yang di-ujicoba oleh WhatsApp ini memang menuai Pro dan kontra lantaran saat Facebook mengakuisisi WhatsApp dari John Koum pada 2014 ada statement dimana WhatsApp tidak akan membagikan data penggunanya ke Facebook dan akan tetap menjadi sebuah fungsi yang otonom serta independen.

Namun, seiring dengan Facebook yang memperbolehkan pengguna ketiga layanan ini untuk saling mengirim pesan lewat satu backend, fitur yang tampaknya tidak berbahaya seperti ini, tetap bisa berisiko.

WhatsApp Status sendiri dirilis pada 2017, di mana, saat ini fitur tersebut telah dipakai oleh 500 juta pengguna harian. Pada 2020, diprediksi Status akan jadi cara utama WhatsApp untuk menghadirkan iklan di platformnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.