Kirin 810, Chipset 7nm Racikan Huawei

#kamisukareviewHuawei baru saja memperkenalkan Kirin 810 chipset octa-core dengan arsitektur 7nm yang berfokus pada pemrosesan artificial intelligent (AI).

He Gang, selaku Presiden untuk lini produk HP Huawei telah mengatakan bahwa pihaknya akan menjadi yang pertama di dunia yang mengusung chipet SoC berarsitektur 7nm.

Walaupun Huawei telah masuk daftar hitam oleh pemerintah AS, namun perusahaan asal Tingkok ini telah dikenal kemampuannya dalam menghasilkan produk-produk bagus yang mampu memproduksi chipset sendiri berseri HiSilicon.

Tidak hanya itu, investasi Huawei di ranah teknologi juga tidak bisa dilihat sebelah mata, karena upaya dan investasi besar di bidang ini telah mereka lakukan untuk bisa bersaing dengan raksasa elektroik lain seperti Qualcomm ataupun Samsung.

Bahkan untuk chipset 7nm lain yang diproduksinya yakni Kirin 980 SoC diklaim mampu memberikan kinerja yang nyaris identik dengan chipset Snapdragon 855 buatan Qualcomm.

Dari informasi sebelumnya disebutkan bahwa chipset HiSilicon Kirin 810 memiliki konfigurasi 2 x A76 + 6 x A55 yang baru. Chip ini dilengkapi ARM Cortex-A76 custom big core dan Mali-G52 GPU. Dengan proses arsitektr 7nm TSMC maka sangat bisa dipastikan bahwa prosesor ini akan memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibanding Kirin 710 generasi sebelumnya.

Untuk saat ini, HP yang hadir dengan sokongan chipset Kirin 810 ini ialah Nova 5, sedangkan HP yang hadir dengan dukungan chipset SoC kirin 980 ialah Huawei Nova 5 Pro yang hadir dengan layar beresolusi 2K dan empat buah speaker sebagai fitur audionya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.