LINE Conference 2019 Telah Dibuka di Jepang

#kamisukareview – Acara LINE Conference 2019 telah dibuka di Jepang pada hari Kamis (27/06/2019) lalu. Acara ini memperkenalkan sejumlah layanan baru yang kini telah diusung LINE untuk memenuhi keutuhan penggunanya.

Presentasi Keynote LINE Conference 2019 menandai kehadiran untuk pertama kalinya Chief WOW Officer (CWO), Jungho Shin, di LINE CONFERENCE. Selama pembukaan, CWO Shin kembali menegaskan nilai-nilai dasar milik LINE yang disebut “WOW” – yang tersemat juga dalam jabatan miliknya Chief WOW Officer – ia menjelaskan jika nilai utama dari “WOW” adalah inovasi. Lebih jauh ia menjelaskan, jenis inovasi yang dikejar oleh perusahaan adalah “inovasi gaya hidup” kehidupansosial yang dapat memberikan pengalaman tak terhingga kepada pengguna.

Pada kesempatan ini, Shin juga mengumumkan visi baru perusahaan “Life on LINE”, yang menekankan jika LINE akan mengejar “WOW” dengan menjadi “infrastruktur kehidupan” yang memungkinkan inovasi gaya hidup guna mendukung kehidupan pengguna setiap hari. Melalui tiga strategi baru yang melingkupi area “Offline”, “Fintech”, dan “AI”, LINE akan fokus di area ini seiring dengan tujuan perusahaan membawa “Life on LINE” menjadi kenyataan.

Hingga sekarang, ekspansi dari dunia online ke dunia offline terjadi secara langsung di bawah naungan konsep O2O (menghubungkan dunia online dan offline). Pun demikian, LINE akan bertujuan untuk membawa visi “Life on LINE menjadi kenyataan dengan tidak hanya menghubungkan online dan offline tetapi mempersatukan dunia digital dan dunia yang nyata: konsep “Online Merges with Offline” (disingkat menjadi OMO). Dengan memperluas layanan aplikasi LINE tidak hanya di dunia online dan masuk ke dunia offline serta menciptakan pusat bagi keduanya, perusahaan berniat untuk membuat kehidupan pengguna lebih nyaman lagi.

LINE Mini App (“LINE Mini app”) juga ikut diungkapkan dan diperkenalkan sebagai salah satu cara membuat visi “Life on LINE” menjadi kenyataan.

LINE Mini App merupakan platform layanan baru yang akan dibangun di dalam aplikasi LINE. Saat ini, pengguna harus mengunduh aplikasi terpisah atau mencari di web dan mengunjungi sejumlah situs jika mereka membutuhkan informasi atau layanan tertentu. Melalui LINE Mini App, mereka bisa melakukan semuanya di dalam aplikasi LINE, menawarkan pengalaman yang menghilangkan garis-garis batas antara dunia online dan offline.

LINE Mini App memungkinkan perusahaan dan pebisnis untuk menciptakan halaman mereka sendiri di dalam aplikasi LINE dan membuat daftar informasi tentang layanan mereka (seperti daftar harga dan menu). Tidak hanya itu, mereka juga dapat membuat reservasi, kupon, dan membuat kartu kesetiaan pelanggan. Fitur notifikasi pun bisa dikomunikasikan kepada pengguna secara efektif. Sebagai contoh, bisnis layanan laundry bisa membuat kartu keanggotaan, kesetiaan pelanggan, dan fitur pembayaran melalui halaman aplikasi LINE Mini App mereka. Mereka dapat memberikan notifikasi kepada pengguna melalui akun resmi saat pesanan telah diterima dan kapan mereka bisa mengambil cuciannya.

Didukung oleh 80 juta MAU domestik dan banyaknya Akun Resmi yang digunakan perusahaan, pebisnis, dan penyedia layanan, perusahaan bertujuan dan akan lebih jauh mempersiapkan diri membangun layanan OMO yang hanya bisa diciptakan oleh LINE.

Pada bagian kedua Keynote, CEO Takeshi Idezawa hadir ke atas panggung mengumumkan layanan penilain LINE terbaru, LINE SCORE. Pada saat yang bersamaan, ia menekankan komitmen perusahaan memegang teguh tanggung jawabnya sebagai platform yang berupaya menuju “Life on LINE” – bertujuan untuk meyakinkan lebih banyak pengguna yang bisa menikmati dan nyaman dalam menggunakan berbagai layanan dari LINE.

Layanan Scoring: LINE Score

Perusahaan mengumumkan peluncuran layanan scoring milik LINE, yang tersedia mulai dari hari ini melalui LINE Credit Corporation (“LINE Credit”), grup perusahaan dari LINE Financial Corporation (“LINE Financial”, penyedia dari layanan keuangan milik LINE).

Dengan menggunakan model penilaian berbasis AI yang dipatenkan, LINE Score tersedia untuk lebih dari 80 juta MAU aplikasi di Jepang, dan mudah diakses melalui tab LINE Wallet dalam aplikasi. Layanan ini akan memberikan promosi, penawaran, dan serangkaian manfaat lain yang disesuaikan dengan skor masing-masing pengguna.

Semua pengguna akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan sebelum mereka dapat mulai menggunakan layanan, dan dengan demikian, data tidak akan pernah dihitung atau digunakan secara otomatis di bawah pengaturan LINE pengguna saat itu. Selain itu, setiap kali pengguna menggunakan manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan mitra, mereka harus menyetujui untuk membagikan data mereka dengan perusahaan yang bersangkutan.

Tanggung jawab sebagai platform: Fokus menjaga privasi dan membangun pemimpin masa depan

Sejak meluncurkan aplikasi pertukaran pesan LINE pada tahun 2011, LINE telah berupaya untuk menyediakan layanan komunikasi yang dapat dinikmati dan dirasakan nyaman digunakan oleh pengguna. Karena perusahaan telah melakukan diversifikasi ke layanan dan konten lain — belum lagi fokusnya saat ini pada domain bisnis baru seperti Fintech dan AI — perusahaan telah melakukan segala upaya untuk merumuskan peraturan berdasarkan GDPR dan peraturan khusus lainnya dari berbagai negara, memberikan penjelasan yang cukup kepada pengguna dan mendapatkan persetujuan mereka untuk layanan baru dan memproses informasi pribadi, dan menegakkan proses peninjauan yang ketat. Selain kepatuhan terhadap peraturan, perusahaan juga telah merilis laporan transparansi tentang cara menangani informasi pribadi, dan melakukan banyak inisiatif lain untuk menciptakan lingkungan yang akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan layanan LINE dengan aman dan aman. Ke depan, LINE akan terus memprioritaskan ketenangan pikiran pengguna dan menempatkan privasi di garis depan layanannya.

Selain itu, LINE akan fokus pada pendidikan untuk para pemimpin generasi berikutnya. Ketika dunia menjadi semakin digital, perusahaan telah menentukan bahwa akan penting untuk tidak hanya melanjutkan program edukasi menggunakan aplikasi LINE, tetapi juga membudidayakan pembuat layanan. Dengan pemikiran ini, diumumkan rencana untuk meluncurkan program baru di sekitar musim panas yang disebut LINE Entry (disebut “LINE entry”), yang akan memberikan kursus programming yang dimaksudkan untuk mengembangkan pembuat layanan di masa depan.

2?Platform Komunikasi

Layanan baru yang merupakan bagian dari aplikasi pertukaran pesan LINE yang disebut OpenChat. Dengan lebih dari 80 juta MAU di Jepang yang menggunakan aplikasi LINE untuk berhubungan dengan teman dan keluarga, LINE akan terus menempatkan komunikasi antara orang yang dicintai sebagai nilai inti aplikasi, di mana sekarang juga bertujuan untuk menjadi bagian yang lebih terintegrasi dari hari pengguna kehidupan sehari-hari melalui komunikasi dan informasi yang lebih pribadi.

Saat ini, aplikasi LINE digunakan untuk berkomunikasi dengan cara dan skenario yang semakin beragam. Dengan latar belakang inilah LINE memutuskan untuk memperkenalkan fitur OpenChat baru untuk menyediakan komunikasi kelompok yang lebih mudah dan bebas stres, apa pun situasinya.

Dengan OpenChat, pengguna akan dapat membuat grup berdasarkan minat khusus untuk mendiskusikan dan mengumpulkan informasi. Fitur ini menempatkan fokus pada obrolan grup, yang memungkinkan pengguna untuk mengubah nama tampilan mereka untuk grup obrolan yang berbeda, atau melihat obrolan yang lalu hingga periode tertentu bahkan setelah bergabung nanti. Itu juga dilengkapi dengan fitur admin yang dapat menyetujui siapa yang bergabung dengan grup obrolan, atau mengatur kode kamar yang hanya dapat diterima oleh orang tertentu. Dengan anggota chatroom berkomunikasi dan saling memberikan informasi secara real-time, pengguna akan dapat memperoleh informasi berharga hanya dengan bergabung atau mencari obrolan.

Menjelang peluncuran, LINE sekarang mencari pengguna yang tertarik untuk menguji layanan sebelum ditayangkan. Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di halaman di bawah ini.

3?Platform Konten

Berusaha untuk menjadi platform berita yang sesuai untuk generasi smartphone, LINE NEWS sekarang memiliki 65 juta MAU dan lebih dari 10 miliar PV bulanan (per Mei 2019). Bermitra dengan lebih dari 900 media untuk mengirimkan lebih dari 7.000 konten yang dipersonalisasi setiap hari kepada 65 juta pengguna, LINE NEWS terus berkembang menjadi salah satu platform konten terbesar di Jepang. Selama sesi ini, Takeshi Shimamura – CEO Portal Company – membuat dua pengumuman tentang inisiatif terbaru platform ini.

Pengumuman kemitraan penyiar TV untuk pemutaran ulang sorotan, dengan TV Tokyo sebagai mitra pertama | Peluncuran untuk program tertentu di musim panas 2019 di Jepang

Perusahaan ini meluncurkan konsep “Replay Cast”, yang akan membuat para penyiar televisi memberi tahu pengguna secara langsung tentang sorotan dari program-program mereka yang saat ini ditayangkan. Khususnya, pengguna akan menerima pemberitahuan push real-time pada LINE yang menghubungkan mereka dengan “highlight footage” dari program yang saat ini ditayangkan secara bersamaan di televisi dan online. Membuka notifikasi akan membawa pengguna langsung ke cuplikan highlight pada LINE NEWS, dan mereka kemudian dapat melanjutkan menonton siaran online. Mitra pertama yang menandatangani inisiatif ini adalah TV Tokyo, dan pemberitahuan push akan mulai menjangkau pengguna untuk program tertentu mulai musim panas di Jepang.

Peluncuran Proyek video VISION dari LINE NEWS, dukung kreator untuk kembangkan kreativitias

Bertujuan untuk menciptakan tren video baru untuk pengguna smartphone, proyek video VISION dirilis di LINE NEWS pada tanggal 26 Juni, tempat bagi para pencipta untuk melepaskan bakat kreatif mereka. Proyek ini menawarkan konten video vertikal yang diposting di tab Berita dalam aplikasi LINE. Pembuat konten terkemuka di industri video dan film, seperti Masahiko Sato, Kundo Koyama, dan Gakuto Akashi, akan mengambil bagian, dengan rencana untuk membuka aplikasi dan melakukan kegiatan lain untuk memperluas dan mendukung jumlah produksi dan pembuat di masa depan.

LINE NEWS akan terus berkembang di luar platform berita dan berubah menjadi platform konten yang mencakup semua jenis media mulai dari televisi, dan media kertas, hingga konten buatan pembuat.

4?Platform Hiburan

Dalam tren hiburan belakangan ini, di mana informasi dibuat melalui situs jejaring sosial dan bentuk komunikasi lainnya, telah menjadi penting bagi pembuat konten (artis dan streamer) untuk mendekatkan jarak antara mereka dan penggemar mereka dan berbagi kesukaan mereka bersama. Dalam sesi ini, CSMO Jun Masuda memperkenalkan konsep pengalaman hiburan baru yang mengedepankan komunikasi.      

LINE Creators Market

Membuat stiker tanpa batasan dengan layanan berlangganan baru: LINE Stickers Premium (tersedia mulai Juli 2019)

LINE Stickers Premium adalah layanan berlangganan yang akan memberi pengguna penggunaan tanpa batas lebih dari tiga juta set stiker pembuat. Senilai sekitar JPY 380 juta di Creators Market, pengguna akan memiliki akses ke stiker ini dengan biaya bulanan tetap sebesar JPY 240 (JPY 120 untuk siswa).

LINE LIVE

Platform live streaming ini memberikan peluang bagi para calon model, pengisi suara, dan siapa pun dengan ambisi untuk mewujudkan impian mereka, menawarkan tempat di mana mereka dapat menjadi “LINE LIVERs” (diucapkan “lahyv-er” seperti dalam “live show” ) dan membangun fandom dengan penggemar mereka. Seiring dengan memberikan dukungan teknis, platform ini akan memungkinkan streamer untuk memamerkan keterampilan mereka secara lebih efektif dan terhubung dengan lebih baik dengan penggemar yang bersemangat.

Ruang untuk berkumpul bersama sesama penggemar: Premium Channel (diluncurkan pada Juli 2019)

Premium Channel adalah fitur yang memungkinkan pengguna menonton siaran langsung eksklusif dengan biaya bulanan. Dengan ini, beberapa pemirsa terpilih dengan tujuan yang sama dapat berkumpul dan menikmati berbicara satu sama lain, membawa mereka lebih dekat ke LINE LIVER favorit mereka dan membuatnya lebih mudah untuk membentuk fandom dan membuat mimpi menjadi kenyataan.

Nikmati belanja sambil menonton siaran langsung: LIVE Commerce (diluncurkan pada 2020)

Fitur LIVE Commerce memungkinkan pengguna untuk berbelanja sambil menonton dan berkomunikasi melalui streaming langsung. Pemirsa dapat berbelanja sambil mencari informasi lebih lanjut tentang produk dengan mengajukan pertanyaan dan berkomentar secara langsung. Barang-barang LINE LIVER eksklusif juga akan tersedia sebagai cara lain bagi streamer untuk berinteraksi dengan penggemar mereka.

LINE MUSIC (per Mei 2019)

  • Jumlah unduhan: Lebih dari 32 juta
  • Jumlah lagu: Lebih dari 54 juta
  • Jumlah MAU: Lebih dari 11 juta

LINE MUSIC telah berkembang menjadi salah satu layanan musik streaming terkemuka di Jepang. Hari ini, layanan ini mengumumkan perkembangan baru yang akan menciptakan lebih banyak peluang bagi pengguna untuk bertemu musik yang akan mereka sukai.

Perbaikan besar-besaran UI, dan pembaruan besar untuk memasukkan fitur-fitur seperti rekomendasi berbasis AI (peluncuran musim gugur 2019)

Pembaruan yang akan datang akan menambahkan tema terang dan gelap yang dapat ditukar antara pengguna sesuka hati, equalizer yang dapat disesuaikan kualitas suaranya, dan UI baru yang lebih baik dan lebih indah yang membuatnya lebih mudah untuk terjun langsung ke dalam musik. Selain itu, layanan ini akan memudahkan pengguna untuk mempersonalisasikan pendengaran mereka dengan daftar putar yang diperbarui setiap hari berdasarkan suasana hati dan genre yang berbeda, dan stasiun radio yang diputar secara otomatis untuk berbagai situasi dan kategori musik. Terakhir, ditambahkan daftar putar dan fungsi pencarian suara yang memanfaatkan teknologi AI dan OCR.

Nikmati video musik populer dengan MUSIC VIDEO (diluncurkan pada musim panas 2019)

Dengan fitur baru ini, pengguna akan dapat menonton video musik dari artis yang musiknya juga mereka sukai, semuanya dari dalam aplikasi LINE MUSIC.

Model freemium All-new ONE PLAY (tentatif) (peluncuran musim gugur 2019)

Model freemium asli ini akan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan 54 juta lagu sebanyak yang mereka inginkan. Sementara bernama ONE PLAY, rencananya akan memungkinkan pengguna mendengarkan satu lagu secara penuh tanpa batas waktu mendengarkan lagi. Banyaknya lagu yang tersedia akan berarti bahwa pengguna dapat segera memeriksa lagu-lagu yang disebutkan oleh teman-teman mereka atau lagu-lagu populer saat itu, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk menemukan artis favorit mereka berikutnya.

5?Platform Pembayaran Mobile

Ketika dunia menjadi semakin tanpa uang tunai, LINE juga telah menempatkan domain tanpa uang tunai sebagai salah satu bisnis strategisnya. Dengan strategi ini, investasi berkelanjutan dalam layanan dompet digital LINE Pay telah menghasilkan pertumbuhan yang kuat. Pada Juni 2019, layanan ini telah menjangkau lebih dari 48 juta pengguna di Jepang, Taiwan, dan Thailand

[Taiwan dan Thailand]

Di Taiwan, layanan ini telah menjadi layanan pembayaran seluler nomor satu di negara itu: pada tahun lalu, jumlah pengguna telah meningkat dari 2,9 juta menjadi 6,3 juta, tingkat penetrasi telah mencapai 30%, dan tingkat kesadaran telah mencapai 83%. Demikian pula, di Thailand, jumlah pendaftaran meningkat selama setahun terakhir dari 3,1 juta menjadi sekitar 6 juta.

Sejak musim gugur 2018, pengguna Taiwan dan Thailand telah dapat menggunakan LINE Pay untuk membayar moda transportasi tertentu.


[Jepang]

Di Jepang, beberapa kampanye skala besar telah meningkatkan jumlah pengguna menjadi sekitar 36 juta.

Inisiatif pertama dari Starbucks Coffee Jepang dan kemitraan LINE

LINE Starbucks Card menduduki puncak satu juta pemegang kartu dalam 2,5 bulan sejak diluncurkan

Sejak mengumumkan kemitraan mereka pada bulan Desember 2018, Starbucks Coffee Jepang dan LINE memulai inisiatif pertama mereka bersama dengan peluncuran Kartu Starbucks LINE April 2019. Kartu tersebut telah diterima secara positif dalam 2,5 bulan sejak itu, dengan lebih dari satu juta dikeluarkan. Kartu LINE Starbucks dapat dengan mudah dikeluarkan dari dalam aplikasi LINE, dan pengguna juga dapat secara otomatis bergabung dengan program loyalitas Starbucks, Starbucks Rewards. Pada saat kartu itu diperkenalkan, sekitar 3,3 juta orang adalah anggota Starbucks Rewards. Namun, setelah peluncuran kartu, satu juta anggota baru sejak bergabung. Kedua mitra akan membangun ini dan terus bekerja sama untuk menghasilkan layanan yang lebih nyaman bagi pengguna.

Visa, Orico, dan mitra LINE Pay dan setuju untuk mengeluarkan Kartu Kredit Visa

Visa Worldwide Japan Co Ltd (“Visa”), Orient Corporation (“Orico”), dan LINE Pay Corporation (“LINE Pay”) telah bermitra dan setuju untuk mengeluarkan Kartu Kredit Visa LINE Pay, yang akan menawarkan pelanggan poin hadiah tinggi. Dengan penerbitan kartu ini, ketiga perusahaan akan menyediakan layanan kartu kredit baru dan berkontribusi untuk membangun masyarakat tanpa uang tunai di Jepang.

Desain khusus diumumkan untuk Olimpiade Tokyo 2020 – Desain kartu khusus untuk memperingati Olimpiade Tokyo 2020 mendatang diumumkan.

NTT DOCOMO bergabung dengan LINE Pay dan Merpay di Mobile Payment Alliance (MoPA) untuk mempercepat penyebaran pembayaran tanpa uang tunai

LINE Pay, Merpay Inc. (“Merpay”), dan NTT DOCOMO Inc. (“DOCOMO”), telah menandatangani letter of intent untuk aliansi bisnis untuk membuat transaksi cashless tersedia secara lebih luas. Selain itu, DOCOMO akan bergabung dengan Mobile Payment Alliance (MoPA) dari toko-toko dagang yang didirikan oleh LINE Pay dan Merpay untuk lebih mempopulerkan pembayaran tanpa uang tunai di Jepang.

Di bawah Aliansi Global LINE Pay — yang bertujuan untuk bermitra dengan layanan pembayaran lainnya — LINE Pay membentuk aliansi bisnis baru dengan perusahaan Korea NHN Payco (penyedia layanan pembayaran Payco) awal bulan ini, melayani baik wisatawan asing dan pengguna yang bepergian di kedua Jepang atau Korea. Selain itu, LINE Pay juga memulai kemitraannya dari 17 Juni dengan layanan Korea lainnya NAVER Pay, yang akan memungkinkan pengguna NAVER Pay yang mengunjungi Jepang untuk melakukan pembayaran dengan pedagang LINE Pay. Bersama Aliansi Global, LINE Pay akan terus mengejar strategi globalnya untuk mengembangkan layanan LINE Pay ke platform pembayaran mobile terbesar di Asia.

6?Platform Keuangan

Dalam sesi ini, CEO Idezawa menegaskan kembali tujuan perusahaan untuk menjadikan LINE Wallet sebagai titik awal untuk pergerakan uang tanpa batas, dan untuk itu, akan terus memperkuat inisiatif terkait keuangannya saat bekerja menuju aktualisasi “Life on LINE” pada platform Fintech milik LINE.

Dengan persiapan untuk bisnis perbankan yang sedang berlangsung di pasar luar negeri perusahaan, LINE juga menyatakan niatnya untuk menjadi platform pembayaran dan perbankan terbesar di Asia. Informasi lain yang diberikan selama pembicaraan termasuk pencapaian baru-baru ini dari layanan keuangan perusahaan, dan kemajuan dari persiapan yang disebutkan di atas.

LINE Securities (diluncurkan pada musim gugur 2019)

LINE Financial Corporation (“LINE Financial”) dan perusahaan patungan Nomura Holdings Inc. (“Nomura”) LINE Securities Corporation (“LINE Securities”) mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan layanan LINE Securities pada aplikasi LINE pada musim gugur ini. Layanan ini akan menampilkan saham pilihan sendiri dari 100 perusahaan terkemuka di Jepang dan memungkinkan pengguna untuk mulai berinvestasi dari sekitar harga JPY 150 (minimum) hingga JPY 3.000 (rata-rata) per saham. UI / UX yang sederhana dan intuitif juga akan bertujuan untuk membuat layanan ini dapat diakses sejak awal bagi investor berpengalaman dan tidak berpengalaman. Selain itu, perdagangan real-time akan dibuka sampai jam 9 malam pada hari kerja, sehingga memungkinkan bahkan bagi para profesional tersibuk untuk berinvestasi.

LINE Pocket Money (diluncurkan pada musim panas 2019)

Musim panas ini, LINE Credit Corporation * (“LINE Credit”) akan meluncurkan layanan pinjaman pribadi tanpa uang LINE Pocket Money, dan menambahkannya ke rangkaian manfaat bagi pengguna LINE Score. Layanan baru akan menentukan suku bunga tahunan dan batas kredit yang paling cocok untuk setiap pengguna individu berdasarkan skor mereka dari Skor LINE. Menjelang peluncuran resmi, perusahaan bermaksud untuk mengembangkan model layanan yang merupakan pilihan masuk ke untuk pengeluaran yang tidak direncanakan, dan memungkinkan untuk menyelesaikan seluruh proses – aplikasi, pinjaman, dan terakhir, pembayaran – pada aplikasi LINE. Rincian lebih lanjut akan diumumkan ketika LINE Pocket Money dirilis.

7?Platform Commerce

Platform LINE Commerce, terdiri dari tiga layanan – LINE Shopping, LINE Delima, dan LINE Travel – telah meluncurkan layanan baru yang terutama berfokus pada OMO (Penggabungan Online dengan Offline) sejak tahun lalu. Selama konferensi, LINE mengumumkan hasil kinerja terbaru dan rencana masing-masing layanan.

LINE Travel

Sejak diluncurkan pada Juni 2018, LINE Travel telah terus memperluas cakupan layanannya untuk mencapai tingkat pertumbuhan GMV triwulanan 456% dari Q4 2018 ke Q1 2019. Layanan baru, Odekake NOW, akan dirilis untuk lebih mempromosikan kegiatan OMO.

Odekake NOW (diluncurkan hari ini) – Odekake NOW adalah layanan pencarian baru yang akan tersedia di LINE Travel. Berdasarkan lokasi mereka saat ini, pengguna dapat mencari dan memesan restoran, acara, dan rekreasi terdekat. Layanan ini terintegrasi dengan situs web makanan Ozmall dan Ikyu.com Restaurant, situs web aktivitas rekreasi Asoview dan Walker plus, dan banyak situs web pemesanan makanan dan aktivitas lainnya untuk menawarkan kepada pengguna cara mudah untuk membuat rencana perjalanan di LINE.

LINE Shopping

Berbagai KPI menunjukkan perluasan layanan LINE Shopping, termasuk pertumbuhan GMV 167% antara 2017 dan 2018, dan lebih dari 27 juta pengguna terdaftar hingga saat ini di Jepang.

SHOPPING GO adalah salah satu layanan LINE Shopping yang berfokus pada OMO yang memungkinkan pengguna mendapatkan LINE Points saat mereka melakukan pembelian di toko offline. Selain memungkinkan pengguna untuk mencari toko yang berpartisipasi berdasarkan lokasi mereka saat ini, layanan ini berfungsi sebagai titik sentuh antara pengguna dan toko dengan berbagai cara termasuk menawarkan kartu keanggotaan digital dan menghubungkan dengan LINE Pay. Berkat fungsi yang telah diterima dengan baik oleh pengguna dan toko, GMV triwulanan GO SHOPPING telah dua kali lipat dari Q4 2018 ke Q1 2019.

LINE Delima

LINE Delima memiliki lebih dari 16.500 toko yang berpartisipasi sejak diluncurkan dua tahun lalu, dan GMV tahunannya telah tumbuh 179% dari Q4 2018 hingga Q1 2019.

Untuk membantu mempromosikan kegiatan OMO, LINE mengumumkan bahwa mereka akan secara resmi meluncurkan layanan take-out LINE Pockeo.

LINE Pockeo (secara resmi diluncurkan hari ini)

LINE Pockeo adalah layanan take-out lengkap yang memungkinkan pengguna mencari restoran, memesan, dan prabayar, semuanya menggunakan LINE. Layanan ini mendaftarkan Gusto, Bamiyan, dan Jonathan sebagai daftar mitra pertama pada 18 Agustus, diikuti oleh Matsuya, Matsunoya, dan Chicken-tei pada 18 Juni sebelum sepenuhnya diluncurkan hari ini. Selain itu, LINE Pockeo membuka layanan untuk restoran kecil dan menengah dengan LINE Pockeo for biz, sistem pemesanan berbasis tablet yang memungkinkan mereka untuk menawarkan layanan take-out kepada pelanggan mereka tanpa harus menyiapkan infrastruktur sendiri. (Aplikasi untuk LINE Pockeo untuk biz diterima mulai hari ini.) Selain itu, kampanye Pockeo 100 Yen Menu terbatas mulai hari ini akan menawarkan gyudon berukuran biasa (daging sapi dengan nasi), wafu teritama hamburg (patty saus daging teriyaki dengan telur goreng) dari makanan Jonathan, dan makanan lainnya hanya dengan JPY 100 (termasuk pajak).

8?Platform Solusi Marketing

Dalam sesi ini, LINE mengumumkan tujuannya untuk menjadi “Platform Life-marketing” di mana LINE secara halus akan mendukung kehidupan pengguna dalam berbagai cara. Proyek untuk menjadikan LINE sebagai platform pemasaran didasarkan pada dua konsep penting – meningkatkan titik kontak (touchpoints) dengan pengguna dan menawarkan data yang dipersonalisasi, sebuah konsep yang disebut LINE ” Comfortable Personalization – Personalisasi Nyaman.” Melalui ini, LINE berharap dapat menyediakan informasi yang berguna dan relevan untuk pengguna ketika mereka membutuhkannya.

Smart Channel untuk menayangkan iklan video (diluncurkan pada musim gugur 2019)

Sejak akhir 2018, cuaca, berita, peringatan bencana, dan konten lainnya serta iklan telah ditayangkan di bagian atas tab obrolan di LINE. Ruang iklan ini disebut Saluran Cerdas, dan akan mulai mendukung konten video. Saat pengguna mengetuk spanduk Saluran Cerdas, ia berkembang untuk memutar video, memungkinkan pengiklan untuk mengirimkan konten yang kaya kepada pengguna. Pengguna juga dapat menikmati menonton iklan televisi favorit mereka dan mendapatkan informasi terbaru tentang produk mendatang, semuanya di LINE. Dukungan Smart Channel untuk video diperkirakan akan menjalani pengujian bertahap sebagai persiapan untuk peluncuran resminya di musim gugur 2019.

Platform LINE Ads untuk Publisher (diluncurkan pada musim panas 2019)

LINE akan merilis Platform LINE Ads baru untuk Penerbit, jaringan iklan baru berdasarkan pada LINE Ads Platform. Jaringan iklan memungkinkan layanan pihak ketiga untuk menayangkan iklan menggunakan data yang LINE gunakan saat ini untuk menayangkan iklan yang dipersonalisasi ke aplikasi perpesanan LINE dan berbagai lokasi iklan layanan LINE lainnya. Jaringan iklan juga memungkinkan pihak ketiga untuk berbagi riwayat penelusuran dan aktivitas online pengguna dengan LINE sehingga pengguna dapat menerima informasi yang paling relevan di mana pun mereka berpaling. LINE berencana untuk mengumumkan secara resmi rincian proyek dan kelompok mitra pertama sekitar akhir Juli.

LINE Flyer (diluncurkan pada Oktober 2019)

Selebaran dan surat langsung, dua metode periklanan offline konvensional, akan menjadi digital. Pengguna LINE akan menerima iklan hasil personalisasi berdasarkan preferensi, area tempat tinggal, waktu, dan kondisi lainnya. Untuk melihatnya, pengguna mengetuk layar LINE Flyer dari LINE Timeline, Smart Channel, atau LINE Wallet. Pengguna juga dapat menyimpan toko pilihan mereka di Favorit untuk memeriksa dan membandingkan harga produk individual di LINE Flyer, memastikan bahwa mereka menerima informasi yang mereka butuhkan melalui Akun Resmi LINE, dan banyak lagi. Layanan ini juga menggunakan LINE Beacon untuk menginformasikan pelanggan tentang penjualan yang terjadi ketika mereka mengunjungi toko yang berpartisipasi.

Selebaran dan surat langsung, dua metode periklanan offline konvensional, akan menjadi digital. Pengguna LINE akan menerima iklan hasil personalisasi berdasarkan preferensi, area tempat tinggal, waktu, dan kondisi lainnya. Untuk melihatnya, pengguna mengetuk layar LINE Flyer dari LINE Timeline, Smart Channel, atau LINE Wallet. Pengguna juga dapat menyimpan toko pilihan mereka di Favorit untuk memeriksa dan membandingkan harga produk individual di LINE Flyer, memastikan bahwa mereka menerima informasi yang mereka butuhkan melalui Akun Resmi LINE, dan banyak lagi. Layanan ini juga menggunakan LINE Beacon untuk menginformasikan pelanggan tentang penjualan yang terjadi ketika mereka mengunjungi toko yang berpartisipasi.

9?Kecerdasan Buatan/Mesin Pencarian

Sesi ini menyajikan cara baru untuk menggunakan asisten Clova AI, bisnis solusi LINE BRAIN AI, dan niat LINE untuk memasuki bisnis mesin pencarian.

Kemitraan dengan Richmond Hotel dan BMT

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kasus penggunaan Clova di industri perhotelan, LINE menjalin kemitraan dengan RNT Hotels Co. Ltd., operator Richmond Hotels, dan Bridge Motion Tomorrow Co. Ltd., penyedia solusi untuk kamar tamu hotel . Ketiga perusahaan bermitra untuk menawarkan kenyamanan yang lebih besar kepada tamu hotel dengan memasang perangkat yang disematkan Clova di kamar tamu sehingga para tamu dapat meminta petunjuk arah Clova ke toko serba ada terdekat daripada menelepon meja depan, minta Clova menyalakan televisi atau kamar lampu, dan banyak lagi.

Implementasi Clova di Gatebox Model

Produksi Gatebox terhubung dengan Clova untuk memperluas keterampilan dan pola percakapan avatar asli Gatebox, Azuma Hikari. Didistribusikan oleh Gatebox Inc., sebuah perusahaan LINE Group, versi produksi Gatebox tidak hanya akan memberikan pengguna akses ke keterampilan dasar Clova seperti memeriksa cuaca dan berita, tetapi juga menggabungkan teknologi Clova – sintesis suara dan mesin percakapan – untuk membuat suara Clova sedekat mungkin dengan orang sungguhan, seperti halnya melakukan percakapan yang hidup dengan aktor suara. Selain itu, LINE meluncurkan program mitra bisnis yang bertujuan untuk mempromosikan bisnis untuk menggunakan Gatebox. Secara khusus, platform Gatebox akan dibuka hingga pihak ketiga untuk mendorong mitra eksternal untuk menggunakan Gatebox dalam berbagai adegan bisnis dan layanan baru.

LINE Car Navigator (diluncurkan paling cepat pada bulan September 2019)

Selain proyek pengembangan layanan yang sedang berlangsung dengan Toyota Motor Corporation (“Toyota”) untuk menanamkan Clova di kendaraan, LINE mengumumkan aplikasi baru, LINE Car Navigator. Aplikasi ini merupakan kombinasi dari sistem navigasi Toyota dan data besar berbasis cloud yang terkini, dan VUI yang nyaman bagi Clova. Menggunakan LINE Car Navigator, pengemudi dan penumpang dapat menggunakan kontrol suara untuk memeriksa cuaca tujuan mereka, memutar musik, mengirim dan menerima pesan LINE, mencari rute, dan mengoperasikan navigator dengan cara lain. Layanan ini juga tersedia sebagai aplikasi independen dan mendukung Smart Device LINK (SDL) yang menautkan ponsel cerdas dan perangkat di dalam kendaraan sehingga juga dapat digunakan di kendaraan lain. LINE Car Navigator diharapkan akan tersedia sebagai layanan gratis pada awal September 2019. LINE bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan perjalanan pengguna melalui layanan ini.

LINE BRAIN

LINE meluncurkan LINE BRAIN, bisnis perusahaan baru yang memanfaatkan teknologi AI LINE yang terakumulasi selama bertahun-tahun melalui Clova dan bisnis lainnya. Jajaran produk akan mulai dijual mulai Juli 2019, termasuk LINE BRAIN CHATBOT (teknologi AI chatbot), LINE BRAIN OCR (teknologi pengenalan karakter), dan LINE BRAIN SPEECH TO TEXT (teknologi pengenalan suara).

Selain itu, LINE sedang mengembangkan layanan baru yang menggabungkan teknologi pengenalan suara, chatbot, dan sintesis suara LINE BRAIN untuk membangun layanan respons otomatis berbasis AI seperti yang ditunjukkan CSMO Masuda selama sesi ini.

SKY Perfect JSAT Corporation, LINE, dan Itochu Corporation menandatangani MOU untuk aliansi

SKY Perfect JSAT Corporation, LINE Corporation, dan Itochu Corporation telah menandatangani nota kesepahaman untuk aliansi untuk mengkomersilkan “set televisi generasi berikutnya” yang menawarkan pengalaman pengguna baru. Berdasarkan MOU ini, ketiga perusahaan berencana untuk mulai melakukan pembuktian konsep.

LINE menandatangani MOU dengan Dialpad untuk ikut mengembangkan teknologi AI pengenalan suara

Dialpad Inc. dan LINE Corporation telah menandatangani nota kesepahaman untuk membahas pengembangan bersama dan pembaruan teknologi AI yang akan menjadi bagian dari LINE BRAIN termasuk pengenalan suara (Speech To Text).

LINE Search (layanan pencarian komprehensif, diluncurkan pada awal Juli 2019)

LINE akan meluncurkan layanan pencarian komprehensif, LINE Search, yang menggunakan metode optimal untuk menyediakan pengguna dengan data yang tersedia di LINE. Dengan Pencarian LINE, pengguna dapat mencari melalui seluruh database LINE termasuk obrolan mereka sendiri, Akun Resmi, LINE NEWS, Manga LINE, LINE MUSIC, dan layanan LINE lainnya. Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berdasarkan kategori untuk influencer terkenal.

LINE ASK me menawarkan konsultasi pengacara (diluncurkan pada awal September 2019)

Selama konferensi, LINE meluncurkan LINE ASK me, platform one-on-one yang memungkinkan pengguna memesan konsultasi atau menempatkan permintaan berdasarkan hasil pencarian mereka. Selain Talk Fortune yang menghubungkan pengguna dengan lebih dari 1.000 peramal nasib dari berbagai genre, dan Talk CARE menawarkan berbagai ahli di bidangnya, Bengo4.com Inc. bergabung dengan tim untuk menawarkan nasihat hukum kepada pengguna di atas LINE. Layanan ini berharap dapat terus memperluas genre layanan konsultasi yang dapat diakses oleh pengguna melalui LINE.

LINE STEP (aplikasi ulasan lokasi, diluncurkan pada Juli 2019)

Mengikuti aplikasi ulasan makanan LINE CONOMI, LINE meluncurkan LINE STEP, sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim ulasan dan mencari restoran dan pusat rekreasi. Diharapkan untuk terhubung dengan LINE Search untuk meningkatkan ragam aktivitas untuk pengguna seperti memesan restoran atau toko yang mereka cari.

LINE berubah dari aplikasi pertukaran pesan ke “infrastruktur gaya hidup”

LINE akan terus menantang dirinya sendiri di semua domain bisnisnya untuk memperkaya kehidupan pengguna, memberikan lebih banyak kenyamanan, dan mencapai visi perusahaan yang baru — Life on LINE.

Leave a Reply

Your email address will not be published.