MediaTek Helio P65 Resmi Dirilis

#kamisukareview – MediaTek Helio P65 telah resmi diperkenalkan sebagai chipset terbaru racikan MediaTek sebagai penerus dari Helio P60 untuk menjawab kebutuhan pasar prosesor mobile saat ini, apa keunggulannya?

Disadari atau tidak, posisi MediaTek dipasar chipset untuk perangkat bergerak memang tidak sebaik chipset besutan vendor lain seperti Snapdragon-nya Qualcomm atau Exynoss-nya Samsung, namun MediaTek tetap saja memiliki pasar yang besar sebagai vendor chipset SoC yang ada saat ini.

Selain menawarkan harga yang lebih bersaing, MediaTek kerap membuat terobosan baru setifaknya untuk bisa bersaing dengan Qualcomm. dan baru saja perusahaan manufaktur chipset asal Taiwan ini memperkenalkan MediaTek Helio P65, chipset SoC baru yang akan memberikan pengalaman baru bagi perangkat HP di kelas mid-range.

Sebagai chipset pembaharuan dari Helio P60, chipset baru Helio P65 tentu memiliki sejumlah keunggulan dibanding pendahulunya, model teranyar ini telah mengandalkan CPU octa-core yang berisi dua Cortex-A75 dan enam Cortex-A55. Pada titik ini, penggunaan prosesor Cortex-A75 menjadi lonjakan yang paling signifikan.

Sementara pengunaan ARM Cortex-A75 ini merupakankelanjutan dari core Cortex-A73 yang sebelumnya disematkan pada chipset Helio P60 dan P70, sehingga kehadiran dari Cortex-A75 ini akan menggenjot performa yang lebih signifikan untuk melakukan sejumlah proses komputasi dan kinerja pada eprangkat yang mengusungnya.

Tidak hanya di sisi CPU, chipset Helio P65 ini juga telah membenamkan modul grafis Mali-G52 GPU yang mendukung penggunaan resolulsi layar hingga 2.520 x 1.080 piksel, sehingga dengan kombinasi CPU dan GPU ini, MediaTek HeliO P65 memiliki konfigurasi yang serupa dengan chipset Huawei Kirin 810 yang juga ditargetkan untuk menjadi otak pada perangkat HP kelas menengah saat ini.

Salah satu hal yang menurut kami rasa kurang ialah dukungan chipset ini yang hanya mampu menopang komponen dua buah kamera 16 megapiksel atau satu buah kamera 48 megapiksel saja, padahal kita tahu bahwa saat ini sejumlah vendor HP tengah berlomba untuk menghadirkan kamera berkemampuan 48 megapiksel yang dikombinasikan dengan modul tiga buah kamera sekaligus.

Kendati demikian, kekurangan itu hanyalah sebuah hal kecil jika dibandingkan dengan hadirnya sejumlah peningkatan pada dukungan fitur lainnya seperti GPS, dual 4G VoLTE, Bluetooth 5.0 dan modem berkemampuan donwlink Cat-7 serta uplink cat-13.

Ditambah adanya dukungan untuk bisa menggunakan modul WiFi 6, UFS Storage, RAM hingga 8GB, fitur face unlock dan pengisian cepat. Belum ada informasi detail apakah chipset MediaTek Helio P65 ini juga mendukung penggunaan fitur AI atau tidak.