OPPO Nomor Satu di Asia Tenggara Berkat Reno4

#kamisukareview – Riset Counterpoint menempatkan OPPO sebagai vendor HP dengan market share terbesar di kawasan Asia Tenggara. Salah satu kunci sukses dari pencapaian ini adalah kontribusi OPPO Reno4 yang cukup signifikan.

Seperti diungkap pihak OPPO Indonesia, Reno4 menyumbang porsi yang cukup signifikan terhadap bisnis OPPO sepanjang kuartal kedua 2020. Bahkan bisa membawa vendor HP asal Cina ini menjadi penguasa market share di Asia Tenggara.

Counterpoint: Market Share OPPO di Asia Tenggara

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, secara total Reno4 memberikan sumbangsih market share yang sangat berarti bagi pihaknya. Smartphone ini mencatatkan market share sebesar 40% pada segmen harganya hingga pertengahan Agustus 2020.

“Ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di beberapa negara tetangga seperti Vietnam, Thailand dan Malaysia. Sementara di Asia Pasifik, Reno4 mencatatkan kenaikan sekitar 153% pada 7 hari pertama penjualan jika dibandingkan perangkat Reno2F.” ungkap Aryo.

counterpoint market share oppo asia tenggara
Market share oppo asia tenggara

Menurut riset Counterpoint, Reno4 mendorong market share OPPO sampai 20,3% di ASEAN pada kuartal kedua 2020. Di posisi kedua, duduk Samsung dengan market share 19,5%. Lantas Vivo berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 17,9%.

Kemudian diikuti Xiaomi dengan market share 14% dan Realme 12,8%. Jika diperhatikan, pasar smartphone di Asia Tenggara mengalami penurunan imbas terjadi pandemi COVID-19. Counterpoint mencatat penurunan 22% dari tahun sebelumnya.

Sejak diperkenalkan di Indonesia pada 6 Agustus yang lalu, OPPO Reno4 mendapat respon positif. Tak heran, perangkat ini mengukir beberapa rekor diantaranya penjualan kilat yang habis dalam waktu 3 menit melalui situs e-commerce Lazada selepas resmi diperkenalkan. Market share OPPO terbantu.

Sambutan ini berlanjut pada penjualan perdana, dimana secara nasional preorder perdana Reno4 sebesar 3 kali lebih banyak dibanding perangkat Reno3. Sementara, di kota Bandung terdapat peningkatan per-order harian sebanyak 98% jika dibandingkan dengan Reno3.

Kesuksesan Reno4 di pasar Indonesia maupun Asia Pasifik tidak terlepas dari keunggulan fitur baru yang ditawarkan. Mulai dari kamera mutakhir hingga fitur kekinian seperti AI Enhanced Sensor, AI Potrait Color Mode, AI Monochrome Video, 960fps AI Smart Slow Motion dan Ultra Steady 3.0.

Secara keseluruhan Reno4 memberikan kontribusi yang sangat besar bagi Oppo. Vendor optimis kehadiran perangkat–perangkat terbarunya yang akan terus mendapat sambutan baik di masyarakat. Mendorong kenaikan market share OPPO.

“Ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di beberapa negara tetangga seperti Vietnam, Thailand dan Malaysia,” ujar Aryo Meidianto A, selaku PR Manager OPPO Indonesia.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”