50 Unit Motor Listrik EC-50 Digunakan di Pabrik Yamaha

Saat melihat proses produksi perakitan motor Yamaha di pabrik terbesar Yamaha di dunia, berlokasi di Karawang yang dikelola PT Yamaha Motor Manfacturing West Java (YMMWJ), terlihat berseliweran motor unik tanpa suara. Ternyata itu adalah Yamaha EC-50 dengan penggerak motor listrik yang digunakan sebagai alat transportasi untuk menarik berbagai komponen produksi.

Peranan Yamaha EC-50 ini sangat membantu kelancaran proses produksi model-model Yamaha di pabrik Karawang, selain tentunya tenaga manusia dan robot-robot canggih. “Total ada sekitar 50 unit motor listrik Yamaha EC-50 yang dioperasikan disini. Motor listrik ini kami gunakan untuk menarik komponen atau part yang bobotnya berat, sehingga lebih aman daripada part tersebut didorong manusia,” tutur Sugiono, General Foreman Yamaha Motor Manufacturing West Java di Karawang, Jawa Barat, Jumat 14 Desember 2012.

Sugiono mencontohkan komponen yang berat tersebut seperti blok mesin, bodi silinder dan beberapa perangkat berat lainnya. Tujuannya agar mempermudah dan mempercepat kerja karyawan dalam menarik perangkat berat tersebut. Sugiono menambahkan, kinerja motor listrik Yamaha ini dapat dikatakan maksimal. Sebab dalam kondisi baterai penuh dapat beroperasi maksimal selama 12 jam dan minimal 4 hingga 6 jam.

Namun jangan mencarinya di dealer Yamaha, karena memang Yamaha tidak menjual motor listrik berkapasitas 60 cc ini secara resmi. “Daya tahan baterainya jika digunakan normal sekitar 12 jam. Tapi kan kami gunakan untuk menarik part yang berat-berat, jadi ketahannya sekitar 4-6 jam saja. Untuk pengisian bisa dilakukan langsung dengan stop kontak listrik sekitar 5 jam,” tutup Sugiono.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana