Ada 5 Motor Baru di Indonesia Motor Show 2018

#Kamisukareview – Gelaran Indonesia Motorcycle Show (IM0S) 2018, ajang pamer kendaraan roda yang berlangsung dua tahun sekali, resmi berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Acara yang direhat hingga Minggu (4/11) itu tak hanya dihadiri oleh merek motor kenamaan, tapi juga beberapa perangkat pendukung berkendara, seperti helm, jaket, produk aftermarket, dan tentunya motor kustom. Total sekitar 60 merek produk otomotif turut hadir meramaikan gelaran itu.

Mengusung tema “Indonesia Future Technology”, IMoS 2018 yang digagas oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menghadirkan beberapa merek motor. Mereka adalah Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, KTM, Royal Enfield, Peugeot Motocycles, SYM, SM Sport, Nozomi, Vespa dan Piaggio. Semuanya mengisi gerai pamer di area pameran dengan total luas 10.500 meter persegi.

Pada hari pertama IMoS 2018, sekira 5 motor baru diperkenalkan oleh beberapa merek, yakni Yamaha yang merilis skutik FreeGo 125, Kawasaki membuka selubung Ninja ZX-6R dan New Ninja 250, Suzuki dengan percaya diri meluncurkan GSX-R150 versi ABS, dan Honda yang memperkenalkan motor konsep skutik G-Project.

Berikut kami paparkan spesifikasi 5 motor tersebut.

FreeGo 125, kasta tertinggi skutik Yamaha

Pabrikan berlogo garputala, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), resmi meluncurkan skutik FreeGo yang merupakan motor bermesin 125 cc yang hadir dengan beragam pilihan warna, yakni hitam, merah, biru, putih, dan abu-abu.

Skutik yang merupakan kasta tertinggi dari kelas 125 cc ini hadir dengan tiga tipe, yakni versi standar, S, dan S-ABS.

Soal harga, Yamaha membanderol FreeGo versi standar Rp18,5 juta, untuk model S dilego Rp19,7 juta, sementara tipe paling tinggi, S ABS dihargai Rp22,5 juta. Semua harga ini jual dengan status on the road (OTR) Jakarta.

Yang unik, menurut pengakuan Presiden Director & CEO YIMM, Minoru Marimoto, bahwa kehadiran FreeGo merupakan permintaan atas masukan dari konsumen mereka. Dan bagi konsumen yang berminat, mulai Kamis (1/11), motor-motor ini sudah tersedia di seluruh jaringan diler Yamaha di Indonesia.

Fitur keren Ninja ZX-6R

Sementara genk ijo Kawasaki, melalui Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi memperkenalkan Moge supersport New ZX-6R. Motor berkarakter ini memiliki mesin berkapasitas 636 cc yang ditopang rangka aluminum.

Dengan mengusung fitur “race-developed pressed”, rangka aluminium itu diklaim mampu memberikan keseimbangan saat dikendarai.

New ZX-6R juga disematkan fitur Kawasaki Quick Shifter (KQS), fitur yang membuat pengendara dapat memindahkan gigi tanpa menarik tuas kopling. Satu kata, keren!

Selain itu, hadir juga Kawasaki Traction Control-3 Mode (KTRC) yang merupakan pilihan traksi motor saat dikendarai pada situasi tertentu, semisal di jalanan licin.

Terakhir, Kawasaki memasangkan fitur Intelligent Anti-Lock Brake System (KIBS) yang membuat performa pengereman lebih stabil dan terjaga dengan baik. KMI mengklaim sistem ini dirancang untuk pengereman berkarakteristik motor supersport.

Bagi kamu yang tertarik membelinya, KMI membanderol Rp299 juta OTR Jakarta untuk motor keren ini, dan mulai hadir di diler untuk pendistribusian pada awal 2019.

New Ninja 250 dengan Smart Key

Selain ZX-6R, KMI juga memperkenalkan New Ninja 250 versi 2019. Mereka mengklaim motor ini merupakan motor dengan power terbesar di kelasnya.

Apa yang baru dari New Ninja 250? Yakni smart key. Mereka menyebutnya dengan Kawasaki Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS).

Fitur ini tersedia pada 3 tipe New Ninja 250, yakni Ninja 250 SE, Ninja 250 ABS SE, dan Ninja 250 ABS SE MDP.

Soal harga, KMI melego Ninja 250 anyar ini Rp61,9 juta unguk tipe standar. Sementara untuk tipe SE (MDP) dibanderol seharga Rp66,9 juta, dan Rp74,1 juta untuk tipe ABS SE, serta untuk mendapatkan tipe tertinggi yakni ABS SE MDP, pembei harus merogoh kocek lebih dalam yakni Rp74,6 juta.

Keempat tipe anyar tadi, KMI menjanjikan baru bisa diboyong ke garasi konsumen pada awal 2019.

Suzuki GSX-R150 ABS

Motor paling laris Suzuki, GSX-R150 kini hadir dengan fitur pengereman ABS. Motor ini resmi diperkenalkan Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk tetap menjaga ceruk pasar motor berkarakter sport tersebut.

Secara umum, spesifikasi motor ini semirip dengan versi terdahulunya. hanya saja, bagi konsumen yang ingin menebusnya, harus merogoh kocek lebih mahal dari tipe sebelumnya, yakni naik sekitar Rp3 jutaan, menjadi Rp33,1 juta OTR Jakarta.

G-Project, skutik masa depan Honda

Pada ajang IMoS kali ini, Astra Honda Motor (AHM) memang tak meluncurkan motor baru, namun memperkenalkan motor purwarupa (prototype) skutik G-Project.

Honda mengatakan, G-Project menggambarkan produk skutik Honda di masa depan. kali ini kehadirnnya untuk melihat respons dari konsumen Indonesia.

Produk motor skutik yang cukup diminati di Indonesia, membuat Honda harus terus memantau perkembangan motor jenis itu. Dan produk skutik dianggap akan menjadi Next Generation untuk kemudian dipasarkan secara massal.

Walau membuka selubungnya di gerai pamer mereka, namun Honda belum merinci secara detail fitur maupun teknologi yang akan diusung skutik yang sekilas mirip dengan skutik retro Scoopy itu.

Secara umum penyelenggara mulai membuka pameran mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam, dengan harga tiket Rp 20 ribu (Rabu-Jumat), dan Rp30 ribu (Sabtu-Minggu).

Leave a Reply

Your email address will not be published.