Asuransi Adira Seleksi 110 Kota dan Kabupaten di IRSA 2016

DC_234i32REVIEW1ST.COM, JakartaPT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) kembali menegaskan komitmennya terhadap keselamatan berkendara dengan memberikan penghargaan kepada kota dan kabupaten terbaik yang melakukan pengelolaan keselamatan jalan yang baik. Dikemas dalam Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2016, Asuransi Adira akan menyeleksi 110 kota dan kabupaten. Jumlah pendaftar tersebut mengalami kenaikan 51% dari total peserta IRSA tahun 2015.

Kegiatan IRSA ini dilakukan rutin guna mengukur dan mengevaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan bagi kota atau kabupaten yang ada di Indonesia. Hasil evaluasi tersebut terdiri dari paparan kondisi tata kelola keselamatan jalan dan program-program yang sedang dijalankan oleh masing-masing kota atau kabupaten serta saran-saran yang perlu terus ditingkatkan dan program prioritas ke depan.

Penilaian pemenang IRSA mengacu pada atribut lima pilar yang terdapat dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) yang terdiri dari. Pertama adalah Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan, Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan, Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan, Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan, dan Pilar 5 Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan.

Dari 110 peserta IRSA 2016 tersebut, akan dipilih 17 kota dan kabupaten yang menjadi finalis berdasarkan berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, jumlah kendaraan, jumlah kecelakaan, panjang jalan, jumlah fatalitas. Tahap survei dan observasi lapangan digunakan untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan. Tahap penjurian sebagai penilaian terakhir, finalis diundang presentasi mengenai berbagai permasalahan, program kerja, dan evaluai kebijakan terkait dengan tata kelola keselamatan jalan.

IRSA 2016 juga mengadakan sharing session diskusi antar pemerintah kota dan kabupaten finalis, kementerian lima pilar, serta berbagai ahli atau pakar di bidang transportasi dan keselamatan jalan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penerapan tata kelola yang baik serta menyalurkan aspirasi bagi pemerintah pusat. Di 2016 ini, IRSA mengangkat tiga topik utama yang sedang marak terjadi di masyarakat dan menjadi faktor penting dalam kualitas tata kelola keselamatan jalan, yaitu Penanganan Pelanggaran Pengendara Bawah Umur dan Melawan Arah, Penanganan Parkir dan Kegiatan Usaha Tepi Jalan (PKU), dan Meningkatkan Kelayakan Angkutan Umum untuk Menurunkan Tingkat Kecelakaan dan Fatalitasnya.

Setelah sesi penjurian dan sharing session ini, pemenang IRSA 2016 akan diumumkan pada hari Penghargaan atau Awarding IRSA 2016 yang akan dijadwalkan pada akhir November 2016 sebagai bentuk apresiasi terhadap kota dan kabupaten finalis IRSA 2016 yang telah menerapkan prinsip tata kelola keselamatan jalan dengan baik.

“Atas nama Adira Insurance, saya ingin memberikan apresiasi tertinggi kepada seluruh finalis Indonesia Road Safety Award 2016 yang terus berusaha untuk meningkatkan kualitas tata kelola keselamatan jalan di daerahnya,” ujar Indra Baruna, Chief Executive Officer Adira Insurance.

luluthebat@yahoo.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana