Beginilah Jika Bajaj Menciptakan Mobil Murah

Akhirnya selesai juga proyek mobil murah atau ultra-low cost car dari Bajaj Auto India. Inilah kendaraan roda empat pertama Bajaj yang diposisikan untuk melawan murahnya mobil ciptaan pabrikan India lainnya yaitu Tata Nano. Mobil mungil bernama Bajaj RE 60 ini dikembangkan dari teknologi motor yang memang dikuasai Bajaj. Untuk itu kapasitas mesinnya hanya 200 cc. Namun sayang, Bajaj belum merilis berapa harga RE 60 dan akan diumumkan nanti saat mulai proses produksi beberapa bulan kedepan.

Teknologi motor Bajaj yang disematkan pada RE 60 diantaranya adalah penggunaan busi ganda atau disebut Digital Twin Spark Ignition (DTSi), layaknya Bajaj Pulsar. Begitu pula effisiensi yang bisa dicapai saat mengendarai Bajaj RE 60 diklaim tidak jauh berbeda dengan motor, yaitu hingga 40 km/liter. Sedangkan kapasitas kabin di dalam mobil bertampang unik ini bisa diisi 4 orang penumpang.

Karena kapasitas mesinnya hanya 200 cc, RE 60 hanya mampu berlari kencang hingga kecepatan 70 km/jam saja. Pihak Bajaj juga belum merinci spesifikasi RE 60 lebih jauh seperti suspensi yang digunakan, rangka model apa, fitur-fiturnya apa saja atau sistem keselamatannya bagaimana. Namun, Bajaj menjamin harganya nanti akan bersaing dengan Tata Nano.

Bajaj menyatakan dalam beberapa bulan kedepan, proses produksi RE 60 akan segera dimulai dan langsung dijual di pasar domestik India. Setelah itu, Bajaj juga berencana akan menyebar virus mobil murahnya ke negara-negara tetangga, seperti Srilanka dan bahkan bukan tidak mungkin ekspor dilakukan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Basis produksinya akan ditempatkan di pabrik Bajaj di Aurangabad, yaitu pabrik yang selama ini memproduksi Bajaj roda tiga.

“Kami bebas untuk memasarkan mobil ini ke segala tempat di seluruh dunia. Kami adalah perusahaan 2, 3 dan 4 roda dan investasi kami tidak berada di dekat sebuah perusahaan mobil, investasi lebih dekat dengan pembuat 2 atau 3 roda,” ujar Rajiv Bajaj, Managing Direktur Bajaj Auto India.

Bajaj RE 60 berdimensi panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm dan tinggi 1.650 mm dengan penyapu hujan atau wiper tunggal dan meter cluster tepat di tengah. Desainnya tampak lucu dan unik dengan garis-garis kaku yang terlihat kurang aerodinamis. Sedangkan diameter ukuran bannya adalah 12 inci. Bagaimana menurut Anda desainnya?
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.