Bersiap Menyambut 3 Streetfighter Motor Benelli

Pasar roda dua tanah air dipastikan kembali akan dimanjakan dengan produk-produk berkualitas dari negeri Eropa. Setelah Agen Pemegang Merek (APM) Piaggio resmi masuk di tahun 2010, kini pabrikan Italia lainnya yaitu Benelli segera bergabung untuk berkompetisi di pasar yang sangat menggiurkan di Indonesia. Kejelasan ini didapat setelah PT. Benelli Motor Indonesia (BMI) mendaftarkan uji tipe produk Benelli ke Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan (TPT) Kementerian Perindustrian.

Bahkan, dari situs TPT Online milik Kementerian Perindustrian tersebut, tiga produk Benelli yang didaftarkan yaitu Café Racer 1130, Tre-k 1130 dan Century Race 899 telah selesai diproses beberapa hari lalu. Artinya, pihak BMI akan siap meluncurkan ketiga motor sport jenis streetfighter tersebut ke pasar Indonesia karena sudah mengantongi izin. Diprediksi pada akhir Januari atau awal Februari 2012, Benelli akan segera dijual.

Produksi motor Benelli berpusat di Italia. Namun kepemilikan saham Benelli telah diambil alih oleh perusahaan otomotif asal Cina, Zhejiang Qianjiang Motorcycle Co. LTD. Selain menjadi pemilik merek motor Cina, QJiang, saat ini ZQMCL juga memiliki hak untuk menjadi perusahaan yang memasarkan Benelli di seluruh dunia. Pasar Asean, termasuk Indonesia, menjadi target ZQMCL selanjutnya untuk meraup keuntungan.

Ketiga produk yang didaftarkan PT. Benelli Motor Indonesia merupakan motor sport premium bergaya streetfighter yang ber cc besar, sporty, kekar, berotot dan gahar. Sebenarnya tidak hanya jenis motor jenis sport yang diproduksi Benelli, tapi juga memiliki produk skutik seperti Pepe 50, Pepe 50 Classic, Quattronove X 50, Caffenero 125/150, Macis 125/150, dan Velvet 125/150. Namun sepertinya skutik akan dipasarkan belakangan di Indonesia.

Benelli Cafe Racer 1130 mengusung mesin 1.131 cc berkonfigurasi 3-silinder dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 135 hp pada 9.500 rpm dengan torsi 110 Nm pada 7.750 rpm. Sedangkan mesin Tre-k 1130 serupa dengan Café Racer, namun tenaganya lebih kecil yaitu 120 hp. Perbedaan lainnya Tre-k 1130 bertampang off-road dengan ban pacul yang siap menerjang kondisi medan ekstrem sekalipun.

Sementara Benelli Century Racer 899 dibekali mesin berkapasitas 881 cc, 3-silinder yang sanggup memproduksi daya hingga 117 hp pada 9.500 rpm dengan torsi 88 Nm pada 8.000 rpm.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.