Bridgestone Tekankan Kembali Pentingnya Pemeriksaan Ban

Bridgestone MudikUntuk kelima kalinya, PT Bridgestone Tire Indonesia (BSI), menunjukkan komitmen tahunannya terhadap kampanye keselamatan ban. Berlokasi di Bridgestone Tire Safety Station di Rest Area Tol Cikampek KM 57, Bridgestone juga memberikan edukasi kepada para pengguna kendaraan mengenai cara memeriksa tekanan udara dengan baik dan benar sekaligus keausan ban.

Kegiatan di Rest Area Tol Cikampek akan berlangsung dari 29 Juni hingga 7 Juli 2013. Tidak hanya itu, kampanye juga berlangsung di seluruh retail outlet resmi Bridgestone Toko Model (TOMO) pada 1 Juli hingga 31 Juli  2013. Kampenye keselamatan ban ini disebutkan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara dan mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya.

Peningkatan kesadaran para pengendara terhadap perawatan ban terlihat dari peningkatan jumlah pengunjung yang datang di kampanye Tire Safety dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2009, Tire Safety Station berhasil dikunjungi sebanyak 1.752 kendaraan. Sementara untuk tahun 2010 sebanyak 1.923 atau peningkatan sebesar 10%. Untuk dua tahun selanjutnya menunjukkan peningkatan sebesar masing 12% dan 40%.

“Kami sangat senang dengan penyelenggaran Tire Safety Campaing yang kelima kalinya di tahun 2013 atau bisa dikatakan sudah mencapai setengah dekade. Bukan hanya kegiatan tahunan saja, tapi pada saat yang sama juga telah menjadi standar komitmen sehari-hari kami untuk menyuarakan betapa pentingnya merawat ban. Kami mengharapkan lebih banyak lagi pengendara yang peduli terhadap keselamatan mereka dan menjadikannya prioritas utama kapanpun mereka berkendara. Ingatlah bahwa anggota keluarga Anda menunggu dirumah,” ujar Tomoya Sano, Marketing and Sales Director PT Bridgestone Tire Indonesia.

Kampanye Keselamatan Ban menekankan pada langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan para pengendara roda empat atau lebih untuk memastikan bahwa ban kendaraan mereka berada dalam keadaan layak pakai. Tekanan angin yang tidak sesuai pada ban dapat menyebabkan beragam masalah, mulai dari kepincangan dan keausan ban, hingga kerusakan struktur ban. Ban yang kurang angin juga dapat mempengaruhi kinerja ban, termasuk boros bahan bakar. Seiring dengan meningkatnya kegiatan yang dilakukan dengan kendaraan, perhatian dan perawatan ban juga harus ditingkatkan.

“Memeriksa tekanan angin sesuai standar kendaraan masing-masing serta cek fisik kembangan/tapak ban adalah salah satu cara paling penting dan mudah dari cara merawat ban. Hanya butuh waktu sebentar untuk melakukannya dan menggunakan peralatan sangat sederhana. Para pengendara dapat melakukannya sendiri, atau staf berpengalaman kami di ritel outlet resmi Bridgestone Toko Model (TOMO) dapat membantunya,” tutup Sano.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana