Desain Tampan dan Fitur Canggih New Kawasaki Ninja 250

Banyak yang tidak menyangka bahwa perubahan Kawasaki Ninja 250 pada generasi terbaru ternyata sangat signifikan. Tidak hanya tampilannya saja yang berubah drastis menjadi lebih agresif, tapi juga sektor jantung mekanis dirombak total untuk menciptakan tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih baik, performa maksimal dan rendah emisi. Motor seharga Rp 49,9 juta untuk tipe standar dan Rp 56,9 juta untuk tipe ABS ini terlihat makin siap memenangkan pertarungan dengan Honda CBR 250R.

Di bagian depan, desain lampu lebih futuristik dengan mengambil inspirasi dari Ninja ZX-10R. Lampu utama tersebut kini dibuat menjadi 2 buah dari sebelumnya yang hanya 1 buah. Desain ini mengikuti fairing yang dibuat lebih ramping sehingga kian menunjukkan sebagai sebuah motor sport sejati. Tidak ketinggalan, garis-garis pada lubang angin memberikan gambaran betapa aerodinamisnya motor sport asal Jepang ini.

New Ninja 250 telah dilengkapi panel instrumen modern yang lebih besar dan komplit yang meliputi layar LCD multi-fungsi dengan berbagai fitur termasuk indikator bahan bakar, dua indikator meter, jam dan indikator tingkat efisiensi bahan bakar. Lampu sein depan yang sebelumnya terpisah, kini dibuat menyatu dengan fairing. Dengan model seperti ini selain tampak ringkas kesan elegan pun didapat.


 
Desain baru lainnya juga dapat dijumpai pada sektor buritan dimana terdapat ruang bagasi yang ditempatkan di bawah jok belakang. Bagasi ini selain untuk menyimpan tool kit, dapat pula untuk menaruh barang-barang kecil lainnya seperti lap atau sarung tangan. Desain baru lain terlihat pada sektor kaki-kaki dan saluran gas buang. Pada kaki-kaki, New Ninja 250 menggunakan velg palang 10 yang mirip dengan Ninja ZX-14R yang membuat tampilannya kian terlihat lebih berkelas.
 
Ban belakang juga telah mengalami penyesuaian dengan ukuran yang dibuat lebih besar. Menggunakan ban ukuran 140/70-17 M/C (66S), selain terlihat seperti motor supersport, ban ini dirancang dengan baik untuk kedua kondisi jalan kering dan basah. Sementara knalpot terinspirasi oleh ZX-10R dan 6R dengan fitur peredam bergaya pendek. Stainless steel peredam yang diusung, selain memberikan kontribusi untuk desain juga melindungi penumpang dari panas knalpot.
 
Sedangkan di sektor jantung pacu tidak lagi menggunakan sistem pengabutan konvensional seperti karburator melainkan sistem fuel injection. New Ninja 250 menggunakan mesin 4 Tak, DOHC, 8 katup, 2-silinder sejajar berpendingin air dengan kapasitas 249 cc. Tenaganya mencapai 32 PS pada 11.000 rpm dengan torsi 21.0 Nm pada 10.000 rpm yang disalurkan melalui transmisi manual 6-speed.

“Mesin berubah total dan menggunakan sistem injeksi. Tenaga Ninja baru ini lebih halus sampai tidak terasa mencapai batas limiter. Sebelumnya akan terasa seperti perubahan gigi saat mencapai limiter.” kata Freddyanto Basuki, National Sales Manager KMI saat peluncuran New Ninja 250 di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, SCBD, beberapa waktu lalu.

Freddy mengklaim sistem injeksi ini akan membuat pembakaran lebih optimal, sehingga pemakaian bahan bakar lebih irit 10-15%. Pria ramah ini menjamin semua dealer resmi Kawasaki telah siap dengan sistem injeksi. “Bagi Kawasaki, injeksi bukan barang baru karena beberapa model sebelumnya telah menggunakan sistem injeksi seperti KLX 250 dan Ninja 650. Jadi semua dealer kami telah siap,” tegas Freddy.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.