Ford Ajak Konsumen Rasakan Fiesta EcoBoost

FiestaEcoBoostBali3Mesin 1.000 cc dengan konfigurasi tiga silinder yang dimiliki Ford Fiesta EcoBoost bukanlah mesin biasa. Andalan Ford Motor Indonesia (FMI) ini memiliki banyak keistimewaan, tidak hanya soal performa dan efisiensi bahan bakar, tapi juga fitur-fitur canggih didalamnya. Jadi dianggap wajar jika harganya tidak seperti mobil 1.000 cc pada umumnya. Tantangannya, FMI harus memberikan edukasi lebih kepada calon konsumen dan mengajak untuk mencobanya.

Ford Fiesta EcoBoost ditawarkan dengan harga Rp 246 juta versi transmisi manual dan Rp 256 juta untuk transmisi otomatis. “Calon konsumen Fiesta EcoBoost 1.0 L cenderung lebih banyak bertanya. Mereka ingin tahu apa kelebihan mesin EcoBoost, lalu kenapa dengan mesin tiga silinder 1.000cc, tapi harganya lebih mahal. Itu deretan pertanyaan yang biasanya diajukan calon pembeli,” ujar Gumgum Prijadi, Marketing Director PT FMI, di Bali, beberapa waktu lalu.

Gumgum menambahkan, tugas FMI sebagai distributor tentunya berkewajiban memberikan informasi sedetail mungkin semua kelebihan mobil pemilik mesin terbaik dunia tiga tahun berturut-turut tersebut. Setelah itu, konsumen akan diberikan kesempatan untuk melakukan pengetesan secara langsung dengan unit Fiesta EcoBoost yang telah disiapkan pihak FMI.

“Setelah kami jelaskan, konsumen kami persilakan merasakan langsung performa mobil yang telah kami sediakan. Biasanya, mereka langsung tertarik dan memutuskan langsung membeli. Tapi kebanyakan dari konsumen Fiesta EcoBoost itu sudah pernah punya mobil atau bukan first buyer,” tukas Gumgum.

Gumgum mengakui, saat ini kondisi penjualan All-New Fiesta dengan pilihan mesin 1,5 liter dan EcoBoost 1.0 L, mulai menunjukan peningkatan. Dari total semua varian Fiesta, model EcoBoost 1.0 L menyumbang sekitar 20%. “Persisnya saya lupa berapa total penjualan Fiesta sampai Juli lalu. Tapi, EcoBoost sudah mulai dilirik. Mudah-mudahan terus naik, karena dengan harga yang ditawarkan dengan banyak kelebihan, saya rasa harganya tidak terlalu tinggi,” imbuh Gumgum.

Mesin Fiesta EcoBoost memang hanya berkapasitas 1.000 cc, namun mampu menyemburkan tenaga hingga 125 PS dengan torsi 170 Nm atau setara dengan mesin 1.600 cc. Hasil pengujian Ford, Fiesta EcoBoost 1.0 Liter mencatatkan efisiensi sebesar 18,9 km/liter dan mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam tempo 9,4 detik saja. Hal ini berkat piranti turbocharger yang sudah disematkan pada mesinnya. Ford juga mengklaim meski mesinnya berkonfigurasi 3-silinder, namun getaran dan kesenyapannya sangat minimal berkat poros pengimbang.

Fitur konektivitas Ford SYNC disematkan dan akan memikat para pecinta gadget karena jaringan nirkabel Bluetooth dapat menyatu dengan mobil. Aktivitas memutar lagu, melakukan panggilan telepon, membaca SMS masuk dapat dilakukan tanpa perlu susah payah menyentuh dashboard. Cukup melalui perintah suara, semua dapat terpenuhi dan terkendali, sehingga akan memudahkan pengemudi dan tidak mengganggu aktifitas dan konsentrasi berkendara.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana