Ford EcoSport Tidak Diluncurkan di Indonesia Tahun 2012

Ford Motor Company (FMC) baru saja menampilkan mobil global terbarunya di New Delhi Auto Show berlabel Ford EcoSport. Mobil berjenis crossover ini akan dijual di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Ford EcoSport merupakan produk ketiga dari 8 model global Ford yang akan dipasarkan di dunia hingga 2015. Namun sayangnya, Ford Motor Indonesia (FMI) belum berencana meluncurkan EcoSport di Indonesia pada tahun 2012 ini.

“Ya, mobil itu bagian dari strategi Global One Ford. Kapan Ford EcoSport akan masuk Indonesia, belum bisa didiskusikan sekarang karena baru saja diluncurkan di India. Untuk tahun ini kami siapkan dulu All-new Ranger dan All-new Focus untuk dipasarkan di Indonesia,” ujar Lea Kartika Indra, Communications Director Ford Motor Indonesia, yang saat dihubungi redaksi tengah menyaksikan langsung penampilan perdana Ford EcoSport di New Delhi Auto Show 2012, 5 Januari 2012.

Pernyataan Lea Kartika Indra tersebut sekaligus bisa diartikan Ford EcoSport tidak akan diluncurkan tahun ini di Indonesia. Untuk tahun 2012, FMI akan fokus terlebih dahulu pada mobil double-cabin Ranger dan sedan menengah Focus yang telah mengalami perubahan signifikan di sekujur tubuhnya. Bahkan redaksi sempat mencicipi langsung performa salah satu produk tersebut, yaitu All-new Ranger di Thailand, akhir tahun 2011 lalu.

Kemungkinan terbesar dan paling cepat, SUV compact ini baru bisa ditemukan di dealer-dealer Ford di Indonesia pada akhir tahun 2013 mendatang. Pasalnya di India, Ford EcoSport baru akan dijual di akhir tahun 2012 dengah harga yang belum dipastikan. Selain itu, EcoSport yang akan dijual di Indonesia akan diproduksi di Thailand. Ford EcoSport merupakan produk yang benar-benar baru di dunia dengan menggunakan platform dari Ford Fiesta. Pantas saja, desainnya jika dilihat sekilas seperti Ford Fiesta yang dimensinya diperbesar.

Ford membenamkan mesin EcoBoost berkapasitas 1.000 cc 3-silinder pada EcoSport dengan menanamkan 4 konsep yaitu Smart, Green, Safe, dan Quality. Tapi kok mesinnya kecil ya? Jangan salah, meskipun kapasitasnya seperti city car, namun tenaganya mencapai 120 hp dan bertorsi 170 Nm atau setara dengan mesin berkapasitas 1.500 cc. Rekayasa teknologi mesin tersebut dikatakan Ford menjadi jawaban atas kebutuhan konsumen dunia yang menginginkan mobil irit tapi tetap bertenaga.

Tenaga yang dihasilkan tersebut lantas disalurkan pada transmisi manual 5-speed yang presisi dan responsif. Selain mesin bensin, Ford juga berencana mengeluarkan versi diesel dengan kapasitas 1.500 cc dengan tenaga 91 hp dan torsi 204 Nm. Jika masuk Indonesia, kemungkinan Ford EcoSport akan bertemu dengan SUV Compact dari Toyota dan Daihatsu yaitu Rush dan Terios.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.