Ford Fiesta 1000 cc Hadir Maret dan Bisa Dipesan

Fiesta (1)Ford Motor Indonesia tengah bersiap-siap menghadirkan varian baru dari Ford Fiesta EcoBoost dengan kapasitas mesin 1.000 cc. Tapi jangan dipandang sebelah mata mesin yang dua tahun berturut-turut meraih Engine of The Year 2012 dan 2013 tersebut. Pasalnya meski hanya 1.000 cc, mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 125 PS dengan torsi 170 Nm atau setara dengan mesin 1.600 cc.

“Rencananya Ford Fiesta EcoBoost 1.0 Liter akan kami luncurkan Maret 2014. Mobil ini mengkombinasikan karakteristik mesin bensin dan diesel. Jadi kemampuan tenaga dan top speed tinggi seperti mesin bensin dengan torsi tinggi layaknya mesin diesel. Keistimewaan lainnya konsumsi bahan bakar yang irit,” ujar Christian A Gandawinata, Product Launch Manager PT Ford Motor Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hasil pengujian Ford, Fiesta EcoBoost 1.0 Liter mencatatkan efisiensi sebesar 18,9 km/liter dan mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam tempo 9,4 detik saja. Hal ini berkat piranti turbocharger yang sudah disematkan pada mesinnya. Ford juga mengklaim meski mesinnya berkonfigurasi 3-silinder, namun getaran dan kesenyapannya sangat minimal berkat poros pengimbang.

Dengan teknologi canggih serta fitur-fitur kenyamanan yang terkini, harga Fiesta EcoBoost 1.0 Liter diperkirakan akan lebih mahal dibanding Fiesta 1.500 cc regular yang sudah dipasarkan Ford Motor Indonesia. “Kami memang belum menentukan harga jualnya. Namun sepertinya akan berada diatas harga Fiesta yang sekarang. Angka pastinya tunggu saat peluncuran ya,” tukas Gumgum Prijadi, Chief Sales Operation PT Ford Motor Indonesia.

Jika berminat dan ingin menjadi pemilik pertama Ford Fiesta EcoBoost 1.0 Liter, FMI sudah membuka keran pemesanan di dealer-dealer Ford. Bahkan peminatnya hingga saat ini disebutkan sudah mencapai 50 unit.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana