Generasi Terbaru Nissan X-Trail, Asli Keren Banget!

xtrailTerkejut sangat saat redaksi melihat langsung penampakan All-new X-Trail yang ditampilkan di booth di Tokyo Motor Show 2013. Bukan tanpa alasan, karena tampilan SUV andalan Nissan ini sangat berbeda dengan model X-Trail yang saat ini masih dijual Indonesia. Sosoknya kini sangat dinamis dan modern dengan guratan bahasa desain yang lebih halus dan mewah. Dari depan teridentifikasi bahwa, grille dan lampu depannya serupa dengan Juke.

Generasi terbaru X-Trail ini terinspirasi dari mobil konsep Hi-Cross yang sebelumnya pernah ditampilkan di gelaran Frankfurt Motor Show, September 2013 kemarin. Jepang adalah negara pertama di Asia yang akan mulai memasarkan All-new X-Trail. Setelah Jepang, pemasaran berikutnya adalah negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Kemungkinan Nissan X-Trail terbaru ini akan masuk tahun depan.

Desain SUV yang tidak konvensional lagi pada X-Trail terbaru ini diprediksi akan memikat para penyuka mobil tangguh segala medan. All New X-Trail hadir dengan kelengkapan baru, seperti lampu utama yang sudah mengusung LED, ditambah Daytime Running Light, yang menambah kesan futuristik pada SUV ini. Nissan juga memberikan fitur kejutan pada kabinnya, dengan jok yang kini berlapis kulit, membuatnya tahan terhadap siraman air.

IMG_1187Paling menarik, pesaing Honda CR-V dan Toyota Fortuner ini, kini menyediakan pilihan kapasitas 7-penumpang yang membuatnya menjadi salah satu pilihan SUV 7-seater. Fitur lainnya adalah Uphill Start Support, Advance Hill Descent Control, Active Ride Control, dan Active Engine Brake. Juga terdapat sistem NissanConnect pada sistem audionya. Untuk menghemat bahan bakar, tersedia perangkat idling stop yang akan membuat mobil berhenti saat di lampu merah.

Fitur terkini lainnya yang menjadi keistimewaan X-Trail terbaru adalah piranti Safety Shield dan mode 4x4i, yang dapat diaktifkan hanya dengan menekan tombol pada konsol tengah. Fitur Uphill Start Support dan Advance Hill Descent Control, juga Active Trace Control pun sudah disematkan pada All New X-Trail. Sedangkan mesinnya, akan mengusung kapasitas 2.0 liter dan 2.5 liter berkode MR20DD dengan transmisi otomatis XTRONIC CVT.

Di Jepang, All-new X-Trail banyak dipersenjatai fitur canggih dan modern. Namun spesifikasi di negeri Matahari tersebut kemungkinan akan berbeda dengan X-Trail yang akan dipasarkan di Indonesia. “Nanti akan disesuaikan dengan permintaan dari Indonesia agar sesuai dengan kebutuhan pasar dengan harga yang cocok pula,” ujar Mitsuhiko Yamashita, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., saat wawancara khusus dengan jurnalis dari Indonesia, disela-sela perhelatan Tokyo Motor Show 2013.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana