Hebat, Pembalap Honda Indonesia Juarai Balap Ketahanan di Jepang

Honda Suzuka3Dua pembalap muda Indonesia yang dibina oleh PT Astra Honda Motor (AHM), Dimas Ekky Pratama dan Iswandi Muis berhasil mengibarkan bendera Merah Putih setelah menduduki podium pertama ajang balap bergengsi Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship 2013 di sirkuit Suzuka, Jepang 29 Juli 2013.

Kedua pembalap muda berbakat ini turun di Sirkuit Suzuka Jepang dengan membawa bendera tim balap Astra Honda Racing Team. Dengan menggunakan sepeda motor Honda CBR600RR, keduanya berhasil menyelesaikan 96 lap dengan waktu tempuh 4:01’27.165 dan sekaligus berhasil membukukan Best Lap dengan rekor waktu 2’19.428.

Honda SuzukaGM Marketing Planning and Analysis AHM, Agustinus Indraputra mengatakan, kemenangan pembalap muda ini merupakan wujud nyata hasil pembinaan terstruktur AHM terhadap pembalap muda Indonesia dalam merintis prestasi di arena balap dunia. Keikutsertaan AHM dalam ajang balap Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship menjadi salah satu langkah strategis perusahaan untuk menguji hasil penyiapan dan pelatihan pembalap Indonesia berkiprah di dunia balap internasional.

“Tahun ini merupakan keikutsertaan perdana kami dalam Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship. Kami tidak menyangka langsung dapat meraih podium pertama. Kemenangan ini akan memicu kami untuk terus meningkatkan pembinaan agar dapat mengantarkan pembalap muda Indonesia berprestasi di ajang balap dunia lainnya,” ujar Agustinus.

Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship merupakan salah satu ajang bergengsi balap ketahanan selama 4 jam yang diikuti pembalap-pembalap berbagai negara. Pada tahun ini, kegiatan ini diikuti oleh 68 tim dengan 138 pembalap. Dengan uji balap ketahanan selama 4 jam, pembalap saling menguji kompetensi, mental dan fisik untuk menjadi yang terbaik dan berpeluang menuju tahap berikutnya di ajang bergengsi Suzuka 8 Hours FIM Endurance World Championship.

Sebelum mencatat prestasi membanggakan ini, Dimas Ekky Pratama dan Iswandi Muis sempat menjalani dua tahap pelatihan yang menentukan keikutsertaan dalam ajang Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship. Pelatihan tahap pertama periode 13 – 17 Juni 2013 dan tahap kedua periode 6 – 11 Juli 2013 di sirkuit Suzuka, Jepang. Seleksi dan pelatihan dipantau dan dipandu langsung oleh mentor dari Honda Motor Co., Jepang, Chojun Kameya.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana