Honda Kuasai Pasar Skutik Januari Sebesar 71%

Posisi Honda sebagai raja skutik di Indonesia semakin kokoh setelah pada Januari 2013 sukses membukukan angka penjualan sebesar 286.226 unit. Angka ini meningkat sekitar 18,9% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Pencapaian ini semakin mengukuhkan posisi Honda sebagai pemimpin pasar skutik dengan raihan 71,7% pangsa pasar.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor skutik di pasar domestik pada bulan lalu tercatat 398.995 unit atau tumbuh 21,7% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Honda BeAT series tercatat sebagai kontributor terbesar penjualan skutik AHM setelah pada bulan lalu terjual sebanyak 147.213 unit atau 51,4% dari total penjualan skutik Honda pada bulan pertama 2013.

Honda Vario series menjadi penyumbang terbesar berikutnya dengan angka penjualan 116.664 unit atau 40,7% dari total penjualan skutik Honda. Selain dua model ini, AHM juga memasarkan model skutik lain yang juga sangat diminati oleh konsumen, yaitu Honda Scoopy, Honda Spacy Helm in PGMFI, dan Honda PCX.

Deputy GM Sales Division AHM, Thomas Wijaya mengatakan, model skutik sangat diminati masyarakat Indonesia karena kepraktisannya. Karena itu, AHM terus melakukan inovasi terhadap model skutiknya agar dapat memberikan yang terbaik bagi para pecinta skutik.

“Penetrasi model baru motor Honda yang kami rilis diterima dengan baik oleh konsumen, seperti The All New Honda BeAT- FI, Honda CB150R StreetFire, Honda Revo Series, dan Honda Verza 150. Selain itu, jumlah hari kerja yang lebih banyak pada bulan Januari memungkinkan kami untuk memproduksi sepeda motor dalam jumlah yang lebih besar untuk memenuhi permintaan konsumen,” jelas Thomas.

Selain memperkenalkan The All New Honda BeAT- FI pada akhir tahun lalu, AHM pada awal bulan ini juga merilis New Honda Scoopy FI yang kini tampil dengan desain baru metro stylish dengan dibekali teknologi injeksi terbaru yang membuatnya lebih hemat BBM 26% dari generasi sebelumnya.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana