Honda Siapkan Crossover Berplatform Jazz

Pasar crossover atau SUV compact tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Lihat saja kesuksesan Nissan Juke dan kepopuleran Outlander Sport yang terus menanjak di seluruh dunia. Yakin atas potensialnya segmen tersebut, akhirnya Honda mengutarakan keinginannya untuk menciptakan sebuah crossover yang diposisikan di bawah Honda CR-V. Agar lebih efisien, Honda akan menggunakan platform Honda Jazz/Fit sebagai basisnya.

Honda Motor Company, Jepang mengakui pihaknya selalu melihat peluang untuk mengembangkan produknya di berbagai sektor. Sama seperti Honda Jazz/Fit, crossover baru Honda ini nantinya akan menjadi produk global yang akan dijual di berbagai negara. Meskipun Honda masih tutup mulut, namun kabar menyebutkan crossover Honda akan diproduksi pada 2014 mendatang

Pasar utama yang akan dibidik adalah Amerika dan Eropa, namun tidak menutup kemungkinan juga Asia. Soal mesin memang belum ada pernyataan resmi. Namun melihat mesin Jazz/Fit yang digunakan saat ini, kemungkinan crossover Honda juga akan menggunakan mesin 1.5 liter 4-silinder.

Kabar lain, mobil yang berdimensi antara Jazz/Fit dan CR-V ini akan menggunakan mesin yang lebih besar, yaitu i-Vtec 4 silinder berkapasitas 1.8 liter. Bahkan spekulasi lainnya akan hadir mesin berjenis diesel i-Dtec berkapasitas 1.6 liter dengan teknologi baru Honda yang disebut ‘Earth Dream’.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.