Ini Dia Skutik Suzuki nex Versi Injection alias FI

Pasar skutik Indonesia tengah digencar teknologi injeksi dari produsen roda dua Jepang. Kenikmatan teknologi yang membuat bahan bakar lebih irit dan emisi gas buang lebih rendah ini makin bertambah dengan masuknya Suzuki. Suzuki nex Super FI, begitu Suzuki Indonesia menyebutnya, secara resmi dijual dengan harga yang hanya lebih mahal Rp 250 ribu saja dari Suzuki nex versi karburator. Sebagai tahap awal, nex Fuel Injection ini baru akan dipasarkan di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat saja.

Prosesi peluncuran Suzuki nex FI dilakukan di Hotel Aston Primera Bandung pada 9 Juni 2012. Dalam sambutannya, Akira Utsumi, Presiden Direktur PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengutarakan bahwa, nex FI menawarkan tiga keunggulan yang membuatnya sempurna. “nex F1 pastinya lebih irit dibanding karburator, kemudian dilengkapi sensor O2 yang membuat pembakaran lebih sempurna, sekaligus lebih ramah lingkungan, dan ketiga adalah mudah dihidupkan dalam kondisi dingin sekalipun,” tutur Utsumi.

Suzuki nex FI dibanderol seharga Rp 12,65 juta dan sebagai awalan baru akan dipasarkan di area Jabodetabek dan Jawa Barat terlebih dahulu. “Harga memang tidak jauh berbeda dengan nex karburator, selisih Rp 250 ribu, agar mudah diterima di pasar. Sedangkan pemasaran awal baru di Jabodetabek dan Jawa Barat karena konsumennya lebih siap menerima teknologi baru, distribusi lebih gampang dan layanan purna jualnya lebih siap. Kedepannya secara bertahap akan dipasarkan di kota-kota dan daerah lainnya di seluruh Indonesia. Kemungkinan mulai awal tahun 2013,” tutur Paulus Sugih Firmanto, Direktur Sales & Marketing PT SIS.

Dari segi tampilan, bentuk dan dimensi, secara sekilas terlihat sama dengan Suzuki nex versi karburator. Perbedaan terlihat pada stripping bodi, velg 3-spoke, sentuhan warna biru pada lampu sein dan logo FI di setang. “Konsep nex FI yang sama dengan nex karburator, memang sengaja kami pertahankan untuk mempertahankan style dari nex karburator yang sampai saat ini terus diminati pasar. Sentuhan sedikit kami tambahkan sebagai pembeda antara nex FI dan nex karburator,” imbuh Paulus.

Suzuki nex Super FI menggunakan mesin 113 cc, 1-silinder, SOHC, 4-stroke dengan tenaga 9,4 hp pada 8800 rpm dan torsi 8,7 Nm pada 6500 rpm. Sistem injeksi mesin Suzuki Nex memiliki sejumlah sensor, seperti Tip-Over Sensor (TOS), Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CKPS), Engine Temperature Sensor (ETS) dan Oxygen Sensor (O2S).

Suzuki menyediakan 6 pilihan warna untuk nex Fi yang bisa dibeli konsumen. Yaitu cheerful pink, stylish white, funky green, rockin red, sporty black, dan Indie Blue. Suzuki juga tetap mengusung boy band SMASH sebagai brand ambassador untuk memperkenalkan nex FI kepada para anak muda. Setelah proses peluncuran, Suzuki langsung melakukan pameran besar-besaran di Mega Mall Bekasi.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

One thought on “Ini Dia Skutik Suzuki nex Versi Injection alias FI

  • May 30, 2017 at 10:44
    Permalink

    Gan kalo nex 2012 udh injeksi blm?, minta pendapatnya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published.