Isuzu Pimpin Penjualan di Pulau Dewata Bali

Isuzu truckProvinsi Bali merupakan area istimewa bagi Isuzu pada tahun 2012 kemarin. Pasalnya, Isuzu Elf berhasil menjadi market leader pada segment light truck dengan total penjualan 1.036 unit, atau mengalami kenaikan sebesar 52% dibandingkan tahun 2011. Produk Isuzu Elf mengambil market share sebesar 37.3%, dan resmi menggeser para kompetitornya.

Khusus pada market 6 ban, dimana market ini mengambil pangsa pasar 75.5% dari total market light truck di Bali, Isuzu berhasil mengambil pangsa pasar sebesar 38.9%. Kiprah Isuzu yang baik di Bali ini tidak hanya didukung dari sisi penjualan, melainkan didukung juga oleh layanan purna jual yang terus menerus disempurnakan untuk kepuasan pelanggan Isuzu.

Beberapa sektor yang mendukung pencapaian Isuzu diantaranya adalah jaringan Isuzu sejumlah 4 outlet, yang bertempat di Denpasar 2 outlet, Gianyar 1 outlet & Singaraja 1 outlet. Kemudian terdapat bengkel resmi Isuzu dan bengkel mitra Isuzu yang berjumlah 7  di daerah Denpasar, Badung, Gianyar, Karangasem, Tabanan & Singaraja. Ada juga armada Bengkel Isuzu Berjalan, sejumlah  5 unit.

Tak kalah pentingnya peran Field Advisor yaitu kepanjangan tangan dari para engineer Isuzu yang terjun langsung di area operational customer Isuzu. Field Advisor akan memberikan support kepada customer dan memberikan feedback kepada Isuzu Indonesia akan masukkan yang diberikan customer. Terakhir terdapat pParts shop berjumlah  34 part shop yang tersebar di  semua area Bali dan layanan spare part 1×24 jam atau gratis.
 
Pada pasar otomotif di tahun 2012 sendiri, Isuzu mengalami kenaikan yang sangat luar biasa. Khusus pada segment commercial, segment CV menutup tahun 2012 di angka 334.905 unit mengalami kenaikan sebesar 14.9%. Isuzu menutup tahun 2012 dengan total penjualan sebesar 33.165 unit, mengalami kenaikan sebesar 15.4% dibandingkan tahun 2011 yang menjual sebanyak 28.746 unit.

Penjualan tersebut didukung oleh adanya beberapa produk baru dari Isuzu, khususnya di segment medium truk. Pada awal tahun 2012, Isuzu memperkenalkan 3 model baru Isuzu GIGA, yaitu Isuzu GIGA FTR, FVR dan FVM, truk medium pertama di Indonesia dengan teknologi heavy duty common rail yang sudah disesuaikan dengan kondisi Indonesia.

Dengan penambahan 3 model tersebut, Isuzu GIGA di Indonesia berjumlah 5 model 10 variant Isuzu GIGA.  Dalam kurun waktu 1 tahun, Isuzu GIGA telah diterima dengan baik oleh para customernya dengan total penjualan sebanyak 3.210 unit dan langsung menempati posisi ketiga pada segment medium truk.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana