Keriuhan Para Pehobi Mobil-mobilan di Indonesia Diecast Expo 2015

Diecast Sarbini 5REVIEW1ST.COM, Jakarta – Indonesia Diecast Expo untuk kedua kalinya sukses digelar 7 – 8 November 2015, di Balai Kartini, Jakarta Selatan. The 2nd Indonesia Diecast Expo 2015 ini menyajikan pameran diecast terbesar di Indonesia yang menampilkan ribuan koleksi lebih dari seratus lapak pedagang diecast. Pameran ini didukung lebih dari 60 komunitas diecast dan miniatur di Indonesia yang menampilkan seluruh dimensi diecast dalam suasana.

Selain menampilkan penjual diecast yang mayoritas merupakan pedagang online, event ini juga menampilkan koleksi diecast dari sejumlah kolektor dan komunitas. Seluruh koleksi diecast yang dipamerkan di Indonesia Diecast Expo merupakan koleksi pribadi para kolektor dan komunitas dan tidak untuk dijual. Sejumlah peserta bahkan melengkapi booth mereka dengan handout yang berisi informasi tentang diecast.

Diecast Sarbini 4Balapan diecast skala 1:64 merupakan salah satu agenda wajib di Indonesia Diecast Expo. Hadiah utama yang diperebutkan oleh ribuan diecast racers dari puluhan komunitas dari seluruh Indonesia ini tidak tanggung-tanggung, satu unit motor untuk masing-masing kelas. Hari pertama menampilkan kelas diecast khusus bermerk Hotwheels keluaran tahun 2015. Sementara pada hari kedua, semua merk diecast (all brands) berskala 1:64 boleh diturunkan untuk membuktikan siapa yang tercepat meluncur di atas track almunium sepanjang 30 meter.

Selain balapan diecast dengan track almunium, Indonesia Diecast Expo 2015 juga menampilkan balapan di atas trek berbahan plastik buatan Hotwheels yang dijual dibanyak toko mainan dan supermarket. Bahkan untuk balapan jenis ini, terdapat dua macam race yang dimainkan, Race Hotwheels dan Race Monster Jam.

Kompetisi custom diecast juga sukses menarik komunitas atau diecaster yang hobinya mengutak-atik diecast. Program ini menjadi salah satu acara wajib karena customizing merupakan dimensi yang tak terpisahkan dalam dunia diecast, sebagaimana modifikasi dalam dunia otomotif. Bagi para “seniman” diecast, acara ini merupakan ajang pembuktian skill dan kreativitas dalam memodifikasi diecast, baik dalam hal tampilan maupun struktur.

Terdapat pula miniatur kereta api yang paling menyedot perhatian pengunjung dari semua kategori, baik dewasa maupun anak-anak. Jumlah Komunitas Miniatur Kereta Api dan Kereta Model di Indonesia yang tidak sebanyak jumlah komunitas diecast menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia Diecast Expo. Tiga lay out kereta api miniatur juga hadir, salah satunya berukuran 8×4 meter.
luluthebat@yahoo.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana