Kompetisi Instruktur Safety Riding AHM Berstandar Dunia

Bertempat di Sirkuit Speed City, Garuda Wisnu Kencana, Bali, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Astra Honda Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC) ke-6 pada 1-2 Oktober 2012. Kegiatan tahun ini diikuti oleh 47 instruktur safety riding Honda dan 48 advisor safety riding komunitas Honda dari seluruh Indonesia. Kompetisi ini kian menegaskan komitmen dan partisipasi Honda dalam kampanye keselamatan berkendara. 

GM Marketing Planning and Analysis AHM, Agustinus Indraputra mengatakan, kompetisi instruktur safety riding ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun sebagai salah satu bukti tanggung jawab sosial terhadap keselamatan berkendara. Harapannya akan terjadi peningkatan kompetensi para instruktur safety riding Honda dan advisor safety riding komunitas Honda yang akan menjadi ujung tombak dalam mengampanyekan keselamatan berkendara di masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan kawah candradimuka bagi instruktur safety riding Honda sekaligus bukti nyata komitmen kami untuk selalu mengampanyekan keselamatan berkendara untuk masyarakat, terutama konsumen setia Honda. Kami punya prinsip No Sales without Safety,” ujar Agustinus.
 
Pada kompetisi AH-SRIC ini, AHM sebagai pelopor kegiatan safety riding di Indonesia menerapkan standar kompetisi safety riding kelas dunia. Peserta akan mengikuti ujian yang meliputi Coaching Skill, Braking, Narrow Plank, Slalom Pylon, dan Slalom Course. Khusus untuk advisor safety riding komunitas, mereka harus mengikuti tes esai seputar pengetahuan safety riding.
 
Coaching Skill sendiri merupakan materi dan parameter penilaian terbaru pada kompetisi AH-SRIC tahun ini yang dipakai untuk menguji kemampuan peserta dalam menyampaikan materi safety riding secara baik dengan bantuan alat simulasi keterampilan berkendara milik Honda, yaitu Honda Riding Trainer (HRT).
 
Selain diuji kemampuan menyampaikan materi safety riding, peserta juga diuji kemampuannya dalam menghentikan kendaraan secara stabil dalam jarak pendek melalui uji Braking Skill. Sementara kemampuan peserta dalam menjaga keseimbangan dengan kecepatan tertentu diuji dalam uji Narrow Plank (kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara), Slalom Phylon (keterampilan berkendara dan pengendalian setang kemudi menggunakan akselerasi yang benar), dan Slalom Course (keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar).
 
“Pertengahan September tahun ini, AHM mengirimkan 3 duta ke Kompetisi Instruktur Safety Riding International di Jepang dan ketiganya berhasi naik podium. Kami berharap prestasi tingkat international ini akan kembali diraih oleh para instruktur safety riding Honda tahun depan,” tutup Agustinus.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana