Komunitas VW Van Club Bersiap Touring Menuju Titik 0 Km

VVC (2)REVIEW1ST.COM, Jakarta – Memiliki misi untuk lebih mengenalkan keindahan bumi nusantara dan menjajal kemampuan mobil klasik merek Volkswagen, komunitas Volkswagen Van Club (VVC) akan melakukan perjalanan touring menuju titik nol Indonesia dengan tema ‘VVC Jelajah Bumi Sumatera Km. Nol, pada 15 – 27 Desember 2015. Setidaknya minimal 5 unit VW Komby telah lolos proses scrutineering atau pengecekan dan siap menjelajah sejauh lebih dari 5000 km.

“Seperti layaknya keindahan alam yang menarik, pesona mobil klasik yang kami pelihara juga mengundang pesona. Apabila keduanya digabung, tentunya menjadi sumber perhatian dan ekspos luar biasa dari publik. Peserta paling tua adalah VW Kombi lansiran taun 1972 hinga 1979. Kami juga mengajak keluarga, meskipun tidak full mengikuti perjalanan Jakarta – 0 Km – Jakarta,” ujar Pamudji R Soetopo, Ketua Umum VVC, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

VVC (3)VVC saat ini masih melakukan scrutineering dan diperkirakan pada pelaksanaannya nanti terdapat sekitar 20 kendaraan klasik VW yang akan berpartisipasi, dan 5 diantaranya perwakilan dari VVC. Para pengguna mobil klasik ini akan menempuh perjalanan sepanjang 2.743 km Jakarta – Aceh, dan mencapai 2.785 km jalur lintas kombinasi Barat dan Tengah Sumatera saat perjalanan pulang.

“Untuk persiapan, kami sertakan teknisi dan membawa mesin cadangan. Sebenernya masalah yang sering terjadi biasanya terbakar dan mogok. Untuk itu kami persiapkan selang bensin dan klem yang diperkuat. Tali kipas juga dijaga jangan sampai mati. Bagi kami sebenarnyam ‘Kalau mobil tua tidak mogok, tidak lucu’. Tapi kami tetap berharap semuanya berjalan lancar dan sukses,” imbuh Pamudji sambil tersenyum.

Nanan Sukarna, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengapresiasinya inisiatif touring VVC ini. “Seperti kita ketahui, anggota IMI sangat banyak ada 1000 klub, dan memang ini sesuai dengan visi kita untuk mendukung pemerintah, ekonomi kreatif dan tourism. Jadi saya katakan selamat jalan, semoga selamat sampai tujuan. Saya juga tengah mempertimbangkan untuk ikut serta dalam touring ini,” ujar Nanan.

Perjalanan touring Volkswagen Van Club (VVC) Jelajah Bumi Sumatera Km. 0, akan diawali pada 15 Desember – 27 Desember 2015. Di sela-sela perjalanan tersebut, para peserta touring akan berkesempatan ikut meramaikan jambore Nasional VW di Lampung pada 26 Desember 2015.

luluthebat@yahoo.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana