Menikmati Kopaja Toyota Dyna Ber-AC dan WiFi

KopajaPengadaan transportasi massal di DKI Jakarta terus dilakukan, khususnya dalam upaya pencegahan kemacetan di Ibu Kota. Salah satu transportasi massal yang sedang digalangkan adalah Kopaja Executive AC. Vendor dari Kopaja AC salah satunya adalah Toyota Astra Motor (TAM) yang bekerjasama dengan salah satu pengusaha angkutan daerah. TAM menggunakan Toyota Dyna sebagai angkutan minibus, Kopaja AC ini.

Dalam acara kunjungan ke Toyota Training Centre ke Cibitung, Jawa Barat, TAM memberikan kesempatan kepada sejumlah jurnalis, termasuk redaksi OTOCOID untuk mencoba kenyamanan Kopaja Executive AC yang juga dilengkapi fasilitas WiFi ini. Begitu masuk ke dalam bus, keadaan di dalam Kopaja sangat berbeda dengan Kopaja lama. Kopaja AC ini terlihat lebih seperti bus TranJakarta dengan konfigurasi tempat duduk saling berhadapan.

Kopaja ini juga cukup nyaman dengan fasilitas AC sebesar 86 ribu btu, jadi suasana tetap dingin walaupun terisi penuh. Kenyamanan bertambah dengan pintu yang selalu tertutup dan terbuka secara otomatis ini sehingga polusi udara tidak gampang masuk ke dalam bus. Dengan tambahan fitur audio dan video untuk menyampaikan informasi program pemerintah, mobil ini cukup nyaman untuk digunakan menempuh perjalanan yang cukup jauh.

“Sampai saat ini, kopaja AC ini sudah terpesan 80 unit. Untuk trayeknya sendiri, Kopaja ini sudah tersedia 3 trayek yaitu S13 Ragunan-Grogol, S602 Ragunan-Monas, P20 Lebak Bulus-Senen,” ujar Widyawati Soedigdo, GM Corporate Planning & PR TAM saat perjalanan Jakarta-Cibitung, beberapa waktu lalu.

Faktor keamanan juga sangat menunjang Kopaja AC ini dengan design dashboard, kaca depan, dan peletakan kaca spion sehingga penglihatan pengemudi lebih luas. Kursi pengemudi pun dilengkapi dengan seat belt dan bus ini memenuhi standart safety equipment angkutan umum, dengan dilengkapi safety tools dan pintu darurat.

Namun untuk perawatannya sendiri, pihak Toyota telah menyediakan utilisasi pusat layanan Dyna (PLD- Mobile workshop) yang siaga 24 jam apabila bus ini mengalami masalah, dan jaminan kualitas bengkel Toyota dan penggunaan Toyota Genuine part sehingga besar harapan kondisi kopaja ini tidak seperti bus-bus angkutan yang saat ini beredar dengan kondisi yang cukup memprihatinkan.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana