Motor Yamaha Paling Bisa Diandalkan

YamahaFinoFI (3)Yamaha diakui sebagai brand kendaraan roda dua paling bisa diandalkan berdasarkan Consumer Reports yang menempatkan Yamaha di rangking teratas. Analisa Consumer Reports dilakukan pada 4.681 motor keluaran 2009 sampai 2012. Hasilnya, Yamaha tertinggi ratingnya, dimana dari 10 motor Yamaha hanya ada 1 motor yang mengalami kerusakan. Disusul posisi kedua Kawasaki dan ketiga Honda.

Hasil Analisa Consumer Reports juga menyebutkan 1 dari 4 motor Harley-Davidson terkena masalah dan BMW 1 dari 3 motor. Lampu, saklar dan instrumen lainnya merupakan sumber permasalahan yang paling sering dialami pengguna motor hingga 21 %. Problem lainnya terdapat pada rem, kelistrikan dan sistem bahan bakar dengan persentase 15% sampai 16 %.

“Hasil studi Consumer Reports ini membuktikan kualitas nomor satu motor Yamaha. Mesin dan teknologinya selalu jadi incaran konsumen yang paham kualitas. Di Indonesia dengan kemajuan teknologi saat ini, Yamaha sudah mengaplikasikan teknologi Fuel Injection pada 9 motornya yaitu Vixion, Mio J, Soul GT, X-Ride, Jupiter Z1, Force, Xeon RC, GT125 dan Fino FI,” ujar Eko Prabowo, GM Promotion & Community Development Yamaha Indonesia.

Eko menambahkan, kualitas nomor satu produk Yamaha di Indonesia salah satunya karena Environment Survey. Istilah ini juga dalam prakteknya selalu membuat motor-motor Yamaha tahan banjir, tahan debu, irit, perawatannya mudah murah. Environment Survey adalah survey yang dilakukan Yamaha mengenai beberapa aspek menyangkut kondisi Indonesia. Diantaranya fenomena banjir dan kualitas bahan bakar kurang baik di rural area.

Tim riset Yamaha juga memperhatikan kebiasaan konsumen saat berkendara di kondisi jalan yang sering macet di Indonesia menggunakan Customer Behavior Survey, yang umumnya mereka berkendara di range kecepatan 20 s/d 60 km/jam. Teknologi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) saat ini disebutkan rancangan tercanggih teknologi FI yang menjadi solusi terkini berkendara di jalan macet.

m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana