Nama Sama Antara Chevrolet Spin dan Suzuki Spin Tidak Masalah

Chevrolet sudah mencanangkan akan meluncurkan MPV terbaru yang akan diposisikan untuk berhadapan dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Chevrolet Spin, itulah nama MPV baru tersebut dan akan diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2013 mendatang. Penamaan Spin ini akan berbenturan dengan produk Skutik Spin yang dikeluarkan Suzuki. Kendati bernama sama, Chevrolet tidak akan merubahnya.

Penggunaan nama yang sama tentunya akan berkaitan dengan hak paten terhadap Spin, meskipun Suzuki Spin sudah tidak diproduksi lagi. Pihak General Motors Indonesia (GMI), Agen Pemegang Merek (APM) Chevrolet di Indonesia, juga tidak berniat mengganti atau merubah nama produk MPV global tersebut. Menurut GMI, keputusan penggunaan nama Spin sudah menjalani berbagai proses dan verifikasi di seluruh dunia.

“Sebelum Chevrolet menentukan dan mempublikasikan sebuah nama untuk produknya, semuanya sudah melewati verifikasi secara legal dan peninjauan terhadap penggunaan nama yang sama pada produk mobil maupun motor di seluruh dunia. Pihak GM Indonesia sendiri sudah memberi tahu pihak prinsipal dan sepertinya tidak akan masalah,” ujar Maria Sidabutar, Direktur PT GMI di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ketika ditanya soal kemungkinan nantinya pihak Suzuki akan menggugat GMI terkait nama Spin, Maria dengan tenang menjawabnya bahwa nama Chevrolet Spin akan aman dipasarkan di Indonesia. “Kan sebelumnya sudah dicek di setiap negara, setelah aman, baru kita gunakan. Kita juga kan punya tim legal untuk pemeriksaan nama ini. Jadwal peluncuran Spin juga belum berubah, yaitu pada kuartal 1 2013,” imbuhnya.

Sedikit informasi mengenai Chevrolet Spin, interiornya disebut memiliki sentuhan premium. Panel instrumen two-tone memberi kesan mewah dengan aksen silver dan chrome pada handel pintu, kemudi, tombol radio dan kontrol AC, tuas transmisi, tuas rem tangan, serta ventilasi udara. Panel indikator memiliki font eksklusif dan lampu Blue Illumination seperti yang dapat ditemukan pada kendaraan Chevrolet lainnya. Spin juga memiliki port USB serta tachometer analog dan speedometer digital. Namun sayangnya, untuk harga dan spesifikasi mesin belum diumumkan.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana