Perjalanan Rifat Harumkan Nama Bangsa di WRC 2012

Upaya Fastron World Rally Team (FWRT) bertarung di kancah rally dunia akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan. Meski baru pertama kali terjun di rally dunia, FWRT yang mengusung Rifat Sungkar dan Scott Beckwith akhirnya berhasil merampungkan seluruh putaran dengan menorehkan hasil gemilang serta terus mengumandangkan lagu Indonesia Raya di podium juara sekaligus mencatatkan para perallynya di jajaran papan atas para perally dunia.

Rifat dan Scott bersama FWRT memulai putaran pembuka kejuaraan rally dunia (WRC) di Rally Portugal. Pada keikutsertaannya yang pertama, tim FWRT langsung menempatkan Rifat pada posisi ke-3 Kategori Rally Class. Usai Portugal, pertarungan berlanjut menjajal ganasnya lintasan Rally Acropolis, Yunani pada 24-27 Mei 2012. Di Yunani, Rifat membuat para perally dunia tercengang, karena si anak Indonesia ini kembali merebut posisi ke 3 Kategori Rally Class.

Kehadiran Tim FWRT pun mulai diperhitungkan. Apalagi ketika pada putaran ketiga FWRT di Porta Nigra, Trier, Jerman, para perally FWRT Indonesia menyodok pada posisi kedua Rally Class. Prestasi ini menjadi sangat fenomenal, mengingat Rifat dan Scott sempat terkendala overheating pada mesin kendaraan sejak hari pertama hingga akhir pertarungan.

Prestasi FWRT terus menggila. Pada putaran ketiga di Perancis, Rifat yang didukukng penuh Pertamina Lubricants, bahkan menorehkan hasil yang spektakuler, dengan meraih dua prestasi sekaligus, yakni Juara Rally Class dan sekaligus juga juara Grup N – Production Car. Padahal, pertarungan pada “Rallye de France” ini sungguh ketat, dengan medan yang sangat berat.

Usai menuntaskan Rallye de France, Fastron World Rally Team menuju Italia bertarung pada Rally d’Italia Sardegna, 18 – 21 Oktober 2012 di Sardinia, Italia. Dan bertepatan dengan hari ulangtahunnya ini, Rifat kembali mengukir prestasi di Posisi ke 3 Kategori Rally Class. Rifat dan Scott bersama Tim FWRT menutup putaran akhir rally dunia ini di Spanyol, dengan finish pada urutan ketiga Rally Class. Sehingga secara keseluruhan, Rifat dan Scott dalam kategori Rally Class pada posisi ketiga.

Sebuah prestasi tingkat dunia yang sungguh menggembirakan, tentu saja. Meski baru pertama turun di rally dunia, namun FWRT berhasil membuahkan prestasi yang sangat membanggakan. Baik bagi para pencinta olahraga otomotif di tanah air, maupun Bangsa Indonesia pada umumnya. Anak bangsa bernama Rifat Sungkar dengan dukungan pelumas kebanggaan Indonesia, Pertamina Lubricants, yang telah diakui dunia, dengan ekspor produknya ke lebih dari duapuluh tiga negara, telah mengharumkan Bangsa dan Negara Indonesia.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana