Produk Baru Ford EcoSport Akan Tantang Rush dan Terios

Bertepatan dengan pembukaan New Delhi Auto Show 2012, 5-15 Januari, Ford Motor Company (FMC), membuka selubung produk terbarunya yang akan dipasarkan di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Produk baru tersebut dinamakan Ford EcoSport, sebuah SUV Compact hasil pengembangan dari Ford Fiesta yang dijadikan platform utamanya.

Ford EcoSport menjadi produk global keempat Ford setelah Fiesta, Focus dan Ranger yang juga akan dipasarkan di Indonesia. Perkenalan produk ini begitu spesial karena langsung dihadiri Presiden and Chief Executive Officer FMC, Alan Mulally, Joe Hinrich (Group Vice President and President of Asia Pacific and Africa for Ford) dan Michael Boneham (President and Managing Director Ford India).

Ford membenamkan mesin EcoBoost berkapasitas 1.000 cc 3-silinder pada EcoSport dengan menanamkan 4 konsep yaitu Smart, Green, Safe, dan Quality. Tapi kok mesinnya kecil ya? Jangan salah, meskipun kapasitasnya seperti city car, namun tenaganya mencapai 120 hp dan bertorsi 170 Nm atau setara dengan mesin berkapasitas 1.500 cc. Rekayasa teknologi mesin tersebut dikatakan Ford menjadi jawaban atas kebutuhan konsumen dunia yang menginginkan mobil irit tapi tetap bertenaga.

Tenaga yang dihasilkan tersebut lantas disalurkan pada transmisi manual 5-speed yang presisi dan responsif. Selain mesin bensin, Ford juga berencana mengeluarkan versi diesel dengan kapasitas 1.500 cc dengan tenaga 91 hp dan torsi 204 Nm. Jika masuk Indonesia, kemungkinan Ford EcoSport akan bertemu dengan SUV Compact dari Toyota dan Daihatsu yaitu Rush dan Terios.

Mesin ini hanya mengeluarkan emisi kurang dari 140 gr/km CO2. Penggunaan teknologi twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT) disebutkan akan meningkatkan performa dan efisiensi konsumsi bahan bakar. Mesin 1.0 liter milik EcoSport dikembangkan oleh Ford Technical Centre di Dunton, UK. “Mobil ini merupakan produk global One Ford terbaru, sebuah kendaraan yang dirancang untuk membantu memperluas jejak Ford di pasar otomotif yang berkembang paling pesat di dunia, termasuk India,” ujar Alan Mulally.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.